BLANTERVIO103

Cara Mencegah Duplikat Data Pada Form Input Dengan phpMyAdmin

Cara Mencegah Duplikat Data Pada Form Input Dengan phpMyAdmin
Saturday, June 6, 2020
Arenapublik.com - Artikel ini akan membahas bagaiamana cara mencegah duplikat data dengan phpmyadmin, tanpa perlu koding PHP sekalipun. Kita sudah bisa langsung mencegah kesalahan atau human error pada saat input data agar data yang dimasukkan tidak menjadi double. Tutorial sederhana ini sangat cocok bagi kalian yang sedang belajar CRUD PHP ataupun data input lainnya yang berhubungan dengan PHP, berikut cara mencegah duplikat data phpMyAdmin.

Cara Mencegah Duplikat Data phpMyAdmin
Gambar 1 Cover Cara Mencegah Duplikat Data phpMyAdmin

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa melakukan validasi terkait duplikat data yang terjadi pada saat melakukan data input, tapi untuk tutorial yang kami berikan akan menggunakan cara yang sangat sederhana dengan memberikan variabel unique key, sehingga jika terjadi kesamaan data maka database dalam phpMyAdmin akan otomatis error.

Mencegah Duplikat Data phpMyAdmin

  • Silakan login pada halaman cpanel kalian masing-masing.
  • Pilih menu phpMyAdmin pada menu cpanel kaliian. 
  • Pilih pada database dan tabel apa yang ingin kita buat unique sehingga tidak akan terjadi duplikat data atauu duplikat input. 
  • Perhatikan pada gambar 2 seperti di bawah ini, terdapat dua unique key, yaitu id dan spta dimana id akan kita generate sebagai auto increment.
Mencegah Duplikat Data Dengan phpMyAdmin
Gambar 2 Unique Key Pada phpMyAdmin
  • Pada kolom kedua, yaitu spta terlihat kunci berwarna abu-abu. Kalian bisa langsung klik menu "More" dan langsung pilih unique.
  • Selanjutnya kita scroll down menu hingga ketemu pada menu seperti gambar 2 di atas, klik edit pada menu spta dan setting sesuai gambar 3 di bawah ini.
Mencegah Duplikat Data Dengan phpMyAdmin
Gambar 3 Setting Unique Key phpMyAdmin
  • Lalu klik tombol save, maka fungsi duplikat data kalian pada form input akan berjalan dengan baik.


Penutup

Sekian tutorial singkat tentang cara mencegah duplikat data dengan phpMyadmin, semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca. Kami ingin memberikan beberapa tutorial terkait PHP dikarenakan ada projek yang sedang kami kerjakan dalam develop aplikasi keuangan. Jadi kami ingin memberikan beberapa ilmu yang kami ketahui juga. Terimakasih
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 comments:

  1. wah bermanfaat bgt nih info nya... thanks for sharing gan..

    yuk mari berteman dan saling follow

    ReplyDelete
  2. bagus juga ni. terima kasih berkongsi

    ReplyDelete
9127155806442794821