BLANTERVIO103

Fungsi SUM Untuk Menghitung Total Data Tabel Dengan PHP

Fungsi SUM Untuk Menghitung Total Data Tabel Dengan PHP
Friday, June 26, 2020
Arenapublik.com - Berikut ini, kami ingin menjelaskan bagaiamana cara membuat fungsi SUM untuk menghitung total data yang terdapat pada kolom pada tebl dengan PHP. Fitur ini digunakan untuk memudahkan para pengguna yang menempatkan data di dalam website, sehingga tidak perlu melakukan export file berupa excel terlebih dahulu untuk melakukan total data dari setiap data yang sudah diinput. Tutorial ini akan kami kemas secara ringkas dan sederhana agar kalian dapat memahami dan mencoba langsung.

Fungsi SUM Untuk Menghitung Total Data Tabel Dengan PHP
Sebelum memasuki tahapan membuat fungsi SUM, kalian memiliki anggapan bahwwa kalian sudah mengerti terlebih dahulu bagaimana cara melakukan koneksi terhadap database. Bila kalian belum mengetahui cara koneksi database nya, silahkan menuju pada artikel kami sebelumnya di sini. Cara membuat halaman login dan register dengan PHP

Fungsi SUM Pada PHP

Fungsi SUM sebagaimana kita ketahui dalam microsoft excel adalah untuk menghitung jumlah total dari keseluruhan data yang kita punya. Contohnya kita ingin menghitung total data yang ada pada kolom A saja, maka kita gunakan fungsi SUM untuk mengetahui total jumlah datanya secara cepat. Tutorial ini sangat baik digunakan bagi kalian yang membuat CRUD pada PHP.

  • Login ke cPanel kalian masing-masing, lalu buka file yang ingin kita hitung jumlah datanya.
  • Copy dan paste script PHP di bawah ini.
<?php
include 'koneksi.php';
$sql3 = mysqli_query($koneksi, "SELECT SUM(pembayaran)
FROM produk");
while($data3 = mysqli_fetch_array($sql3)) {
 ?>
<tr>
<td>Total Pembayaran:</td></a>
<td><?php echo "Rp." . number_format($data3['SUM(pembayaran)']) ;?></td>
</tr>
<?php
}
?>

  • Pada script yang kami beri tanda warna, yaitu koneksi.php merupakan file yang berisi koneksi dengan database. Selanjutnya berwarna ungu merupakan kolom yang ingin kita hitung total datanya, setelah itu warna orange adalah tabel dari kolom yang ingin kita hitung jumlah datanya.
  • Save file kalian, dan kalian bisa melihat hasinya pada halaman yang sudah diedit sebelumnya.

Sebagai contohnya, kami akan sertakan gambar 1 sebagai patokan untuk mengetahui data mana yang dihitung secara keseluruhan. Berikut gambarnya di bawah ini.

Fungsi SUM Untuk Menghitung Total Data Tabel Dengan PHP
Gambar 1 Contoh Data Tabel 

Dapat dilihat pada kolom bayar petani merupakan data yang ingin kami hitung, kemudian pada kotak berwarna merah merupakan total dari data yang sudah dihitung secara otomatis. Jadi, bila ada perubahan data maka total pembayaran tersebut akan ikut berubah juga.

Sekian artikel sederhana yang dapat kami berikan, semoga fungsi SUM pada PHP untuk menghitung total data pada tabel dapat bermanfaat bagi para pembaca setia arenapublik. Bila ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar, terimakasih.
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 4 comments:

  1. ternyata pakai bockquote ya
    yang code itu
    oh iya penasarannya algi ada yang buat daftar isi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, ini saya cuma pakai quote aja utk kode nya.
      artikelnya untuk fungsi SUM saja mas, belum yang lain (li)

      Delete
  2. Wahhh ternyata sangat sederhana sekali yaa untuk penghitungannya, kadang ngitung sendiri malah kebingungan dan membutuhkan waktu yang lama.. Apalagi kalau angka angkanya sudah tidak mampu lagi untuk dihitung hha

    ReplyDelete
  3. terima kasih berkongsi ilmu dengan kami (double thumbs up)

    ReplyDelete
9127155806442794821