BLANTERVIO103

Cara Menggunakan Material Icon Pada Blogger

Cara Menggunakan Material Icon Pada Blogger
Friday, June 26, 2020
Arenapublik.com - Google kembali memberikan terobosan yang sangat menarik pada aspek pembuatan icon, material icon yang sering kita lihat hampir sama dengan fav icon ternyata memiliki struktur yang sedikit berbeda saja, perbedaan nya terletak pada penggunaan unique karakter yang terdapat pada material icon. Selain itu, penggunaannya sebagai icon juga dianggap lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan fav icon. Pada artikel ini, kami ingin membahas secara sederhana saja bagaimana cara menggunakan material icon pada blogger.
Artikel yang kami buat kali ini masih membahas masalah tutorial, karena kami ingin memberikan ilmu yang kami punya meskipun hanya sederhana. Dengan harapan agar para pembaca arenapublik dapat menarik beberapa pengetahuan yang telah kami berikan.

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, material icon hampir tidak jauh berbeda dengan fav icon. Dalam kacamata kami, material icon terlihat sangat unique dan lucu bila dilihat. Bisa kalian lihat contoh material icon pada cover artikel di atas, terlihat lebih kartun. 

Cara Menggunakan Material Icon

Sub bab ini, kita akan langsung memulai bagaimana cara menggunakan material icon ini. Biasanya sudah banyak terpasang pada template blog dan ada juga yang belum menggunakan, karena masih bertahan dengan menggunakan fav icon. Untuk mengaplikasikan material icon sangat mudah sekali, silahkan simak step by stepnya berkut.
  • Pertama, silahkan login pada akun blogger kalian masing-masing.
  • Selanjutnya pilih menu tema, dan edit HTMLuntuk memulainya.
  • Aplikasi material icon banyak sekali diterpkan pada menu navigasi, selanjutnya silahkan cari menu navigasi pada template kalian masing-masing.
  • Berikutnya, kita bisa menuju ke website resmi dari material icon, yaitu www.material.io di sana kalian dapat memilih library dari icon yang ingin kalian gunakan.
  • Sekarang, untuk kode HTML nya. Copy dan paste kode nya seperti di bawah ini.

<li><a href='/search/label/Listicle' itemprop='url' title='Listicle'><i class='material-icons'>article</i><span itemprop='name'>Listicle</span></a></li>

  • Pada teks yang diberi warna merah, menunjukkan url rujukan dari navigasi page sedangkan teks warna biru menunjukkan unique code dari material icon. Untuk mengetahui unique code material icon, pada poin ke empat. Kalian harus mengunjungi situs resminya untuk mengetahui library dari material icon.
  • Save, dan preview tampilan blog kalian.

Penutup

Sangat mudah untuk diterapkan pada blog kalian masing-masing, dan bagi kalian yang masih belum mengerti banyak terkait HTML, silahkan baca artikel kami sebelumnya mengenai Free E-Book Belajar Dasar HTML . E-book tersebut sangat membantu bagi kalian yang ingin mempelajari HTML mulai dari dasar.

Sekian artikel yang dapat kami berikan mengenai cara menggunakan material icon pada blogger, semoga tulisan ini bisa bermanfaat sangat baik bagi para pembaca setia arenapublik. Silahkan ikuti blog ini agar kalian selalu mendapatkan artikel menarik dari kami, terimakasih.
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 9 comments:

  1. wah nanti saya coba deh mas
    ngutak atik HTML lagi perlu waktu ni hihi
    makasih sharingnya

    ReplyDelete
  2. Wah penggunaan icon di blog jadi lebih menarik dan bagus yaaa.. Saya pun menggunakannya di blog lain, hasilnya memang mantep abis...

    ReplyDelete
  3. jadi dapat ilmu baru nih..
    terimakasih sudah mau berbagi mas!
    ternyata tidak serumit yang dibayangkan yaa, dan semoga saat mencoba memang benar-benar tidak rumit, wkwk

    ReplyDelete
  4. Mudah sekali tutorial membuat material iconnya, nanti aku coba kapan kapan ah biar tampil beda sama blogger lain

    ReplyDelete
  5. Wah keren ini.. mau coba tapi mesti dipelajari lagi dulu.. Btw template baru ya?

    ReplyDelete
  6. Editnya di html ya? Kalau edit di widget bisa gak ya hoho males buka laptop

    ReplyDelete
  7. boleh cuba nanti. terima kasih berkongsi ilmu baru

    ReplyDelete
  8. Saya pake template orang jadi suka bingung ngutak ngatik kode htmlnya mas

    ~Bang Day

    ReplyDelete
  9. kayaknya perlu belajar utek utek lagi nih

    ReplyDelete
9127155806442794821