BLANTERVIO103

Cara Setting Domain Name Server (DNS) di Hostingan.id Terbaru

Cara Setting Domain Name Server (DNS) di Hostingan.id Terbaru
Monday, July 13, 2020
Cara Setting Domain Name Server (DNS) di Hostingan.id Terbaru
Arenapublik.com - Setting domain name server atau yang biasa kita kenal dengan DNS Management adalah suatu hal yang wajib kalian lakukan saat setelah membeli domain dari salah satu penyedia jasa. Dalam artikel ini kami ingin memberikan cara sederhana bagaimana cara melakukan setting DNS di hostingan.id penyedia jasa domain dan hosting langganan yang kami percaya.

Dalam artikel ini kami menganggap bahwa para pembaca dari arenapublik telah memahami bagaiamana melakukan custom domain pada blogger, karena kami tidak memberikan artikel terkait hal tersebut. Dan artikel ini bisa diterapkan pada blogger maupun wordpress karena kita hanya melakukan setting pada client area di hostingan.id

Sedikit review terkait penyedia layanan hostingan.id dan sebelumnya perlu kalian ketahui, pembuatan artikel ini sepenuhnya free tanpa ada pungutan biaya sepeserpun. Hal ini kami lakukan atas dasar kepuasan customer terhadap layanan yang diberikan hostingan.id selain itu customer service yang diberikan cukup fast response. Total kami telah melakukan sebanyak 6 transaksi domain + 1 layanan hosting unlimited.

Baca Juga: Fungsi SUM Untuk Menghitung Total Data Tabel PHP

Cara Melakukan Setting DNS Pada Blog

Kami akan melakukan perangkuman secara sederhana terkait cara melakukan setting DNS tersebut agar kalian dapat memahami dengan baik. 
  • Silahkan masuk pada halaman login client arena di Hostingan.id
  • Setelah masuk pada client area, kalian akan dihadapkan dashboard dari hostingan.id dan tertera 4 kolom. Klik kolom domain untuk melakukan setting, dapat kalian lihat pada gambar di bawah ini.
Dashboard Client Area Hostingan.id
Gambar 1 Dashboard Client Area Hostingan.id
  • Setelah klik pada kolom domain, kalian akan langsung memasuki halaman domain saya. Lalu klik baris yang tersedia pada domain tersebut.
  • Tahapan selanjutnya adalah melakukan setting DNS, silahkan klik menu DNS Management yang terletak pada pojok kiri seperti gambar berikut.
Setting DNS Management Hostingan.id
Gambar 2 Setting DNS Management Hostingan.id
  • Setelah kalian klik kolom DNS Management tersebut, kalian akan langsung dihadapkan pada DNS Manager di mana pada proses ini kalian diminta untuk memasukkan beberapa kolom penting untuk mengaktifkan domain yang telah kalian beli, penjelasan lebih lengkap dapat kalian lihat pada gambar 3 di bawah ini.
Setting DNS Management Hostingan.id
Gambar 3 DNS Manager Hostingan.id
  • Untuk mengisi baris ke-5, kalian bisa melihat langsung di akun blogger kalian masing-masing. Caranya yaitu Setting -> Basic -> Publishing -> Domain Address -> Edit.
  • Silahkan copy dan paste pada add new DNS record di hostingan.id. Baris tersebut terletak paling bawah pada halaman DNS Manager, dapat kalian lihat pada gambar 4 di bawah ini.
Menambahkan DNS Record
Gambar 4 Menambahkan DNS Record

  • Jangan lupa untuk A Record, masukkan alamat ip yang tertera pada gambar 3. Usahakan memasukkan A Record secara urut. Address nya dapat kalian copy paste melalui tabel di bawah ini.
Host
A
216.239.32.21
Host
A
216.239.34.21
Host
A
216.239.36.21
Host
A
216.239.38.21

  • Setelah mengisi keseluruhan A Record, tahapan setting DNS telah selesai. Untuk berikutnya kalian hanya perlu menunggu beberapa menit saja agar domain dapat diakses.
Kalau kalian salah fokus dengan contoh domain yang terdapat pada gambar 2 dalam artikel ini, yaitu arenamovie.my.id. Address tersebut merupakan website streaming movie online yang kami buat tanpa perlu khawatir terganggu dengan iklan, dan film nya update setiap hari dengan menggunakan fitur AGC (Auto Generate Content)

Sekian artikel yang dapat kami berikan terkait cara setting domain name server di hostingan.id terbaru, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Mungkin juga kalian tertarik untuk melakukan pembelian domain langsung di hostingan.id karena saya jamin pelayanan customer tidak mengecewakan. Terimakasih
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821