BLANTERVIO103

Cara Mencegah Penyakit Stroke Ringan Sejak Dini

Cara Mencegah Penyakit Stroke Ringan Sejak Dini
Wednesday, September 9, 2020
Mencegah stroke ringan

Arenapublik.com - Stroke merupakan suatu penyakit yang disebabkan adanya gangguan supply darah ke otak, dengan demikian kebutuhan oksigen ke otak pun akan berkurang. Akibat dari stroke ini adalah matinya beberapa bagian tubuh yang tidak bisa digerakkan, bisa jadi bagian tubuh sebelah kanan atau kiri, bisa jadi bagian tubuh sebagian saja. Hal ini disebabkan rusaknya sel sel yang terhubung ke otak, sehingga otak tidak bisa merespon dengan baik pergerakan motorik dari setiap anggota tubuh.

Penyakit ini tergolong kategori darurat dan harus segera ditolong, agar bisa meminimalisir terjadinya penyumbatan darah terhadap sel tubuh yang lain.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh terlalu banyak pikiran, terbebani yang berlebihan dalam hidup, pola makan yang tidak dijaga yang menyebabkan kolestrol, darah tinggi, hingga faktor usia pun bisa mempengaruhi terjadinya stroke. Sakit stroke juga dikategorikan menjadi dua, yaitu stroke ringan dan kronis. Tapi jangan sampai kita terkena stroke ya teman teman, karena pada pembahasan ini kami ingin memberikan pencegahan agar tidak terjadi stroke baik secara medis maupun alami.


Cara Mencegah Stroke Ringan

Pada artikel ini, kami ingin mengulas bagaimana cara kita bisa mencegah terjadinya stroke ringan. Karena stroke ringan pun sudah berbahaya, apalagi stroke yang sudah kronis.

Stroke ringan bisa terjadi karena adanya penumpukan atau penyumbatan aliran darah, atau bahkan sampai pecah pembuluh darah. Gejala orang yang terkena stroke ringan biasanya dapat kita lihat secara kasat mata, karena perbedaan itu bisa kita lihat langsung seperti berikut ini.
  1. Sering pusing kepala yang terjadi terus menerus, yang tidak diketahui sebab nya.  Bisa jadi menyebabkan hilang keseimbangan dikarenakan pusing yang berlebih.
  2. Cara bicara yang mulai berubah atau pengucapan orang tersebut tidak jelas, atau mulai terbatah-batah.
  3. Sering terjadi mati rasa pada anggota tubuh tertentu yang biasa diawali dengan sering kesemutan
  4. Merasa linglung atau tidak fokus terhadap lawan bicara kita. Faktor tersebut bisa merupakan gejala dari stroke, kita harus mencegah nya.
Lalu cara mencegah stroke ringan ini sangat mudah sekali, dengan catatan kita bisa selalu konsisten untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dengan cara berolahraga dengan teratur.
  2. Konsumsi makanan sehat, dengan tidak mengandung banyak kolestrol dan berlemak.
  3. Konsumsi buah buahan juga jangan lupa ya teman teman, menjaga kebugaran tubuh dan tetap fresh.
  4. Lakukan refreshing, jangan biarkan otak dan pikiran kalian terbelenggu akibat kerjaan yang menumpuk.
  5. Istirahat secara teratur dan jangan begadang. Karena begadang merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya darah tinggi.

Mencegah Stroke Ringan Dengan Obat

Jika kalian orang yang memiliki sedikit waktu luang dan tidak sempat untuk meluangkan waktu 1-3 jam per hari untuk olahraga, kalian bisa mencoba konsumsi obat dari resep dokter. Rekomendasi terbaik untuk mencegah stroke adalah aspirin, mungkin sering kita dengar namanya tapi masih belum mengetahui manfaat nya.

Aspirin adalah obat pengencer darah yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah, jadi bisa disimpulkan bawah obat ini baik untuk mencegah terjadinya stroke. Tidak hanya stroke yang dapat dicegah, melainkan dapat mencegah sakit jantung, dan lain sebagainya akibat dari penyumbatan darah. Aspirin dapat dikonsumsi sesuai resep yang diberikan dokter, tidak boleh dikonsumsi berlebihan tanpa anjuran dokter, jauhi dari anak anak, karena memiliki efek samping yang tidak baik untuk anak.

Terlebih di masa pandemi covid-19 seperti ini, kalian bisa melakukan konsultasi online dengan menggunakan aplikasi kedokteran, sebagai contohnya aplikasi Halodoc. Lakukan perbincangan secara online dan tanyakan resep untuk konsumsi aspirin dengan aman tanpa menimbulkan efek samping. Halodoc menjadi viral belakangan ini dan menjadi berkah tersendiri sebagai aplikasi online yang bergerak dibidang kesehatan, para dokter nya pun bisa dikatakan sangat bagus dan ramah saat diajak konsultasi, terlebih jika kita ingin membeli obat secara online pun halodoc menyediakan fitur tersebut dan siap dikirim ke rumah anda. Jadi kalian bisa tetap sehat meskipun di rumah aja, tetap ber aktifitas meskipun tidak banyak kegiatan di luar, dan kalian bisa terus produktif untuk terus mengumpulkan rupiah demi masa depan.
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 3 comments:

  1. Wah, yang penting jaga kesehatan, ya. Makan sehat, olah raga, istirahat cukup, dan jaga pikiran biar nggak stress. Ini kayaknya perlindungan manjur terhadap semua penyakit.

    ReplyDelete
  2. yang belum kulakukan ada satu, belum bisa stop begadang T_T

    ReplyDelete
  3. Aduh saya jadi serem, 4 ciri2 di atas sering saya alami.... makasih mas ut tipsnya

    ReplyDelete
9127155806442794821