BLANTERVIO103

Kualitas Furniture Jati Unggul Khas Kota Jepara

Kualitas Furniture Jati Unggul Khas Kota Jepara
Tuesday, September 8, 2020
kualitas unggul kayu jati


Berbicara masalah furniture, kayu jati memang tidak pernah lepas dari pembahasan tersebut. Harus kita akui, kualitas yang dimiliki kayu jati ini sangat baik dan mudah untuk dibentuk. Dalam industri dunia furniture atau mebel, kota Jepara paling maju di antara kota lain dalam kategori pengolahan kayu jati. Karena di sana memiliki banyak sekali seniman profesional yang telah menggeluti dunia mebel kayu jati, bahkan hingga puluhan tahun lama nya. 

Kualitas mebel jepara dalam artikel ini akan membahas kayu jati nya. Terdiri dari 3 tingkatan yang biasa kita kenal dengan grade A, B, dan C. Jadi, semakin tinggi grade harganya pun semakin mahal dan kualitas nya dari yang terbaik, contoh grade A dari mebel ini biasanya digunakan untuk kualitas eksport sedangkan untuk grade B dan C biasa kita jumpai di perumahan masyarakat sekitar kita.


Klasifikasi Kualitas Kayu Jati

Penentuan harga furniture dibedakan menjadi beberapa poin, sehingga dapat diputuskan kalau harga mebel ini mahal dan murah. 

  1. Sebagai faktor utama nya jelas berada di kualitas kayu nya sendiri, semakin bagus grade dari kayu tersebut maka harga semakin mahal. Ini masih dalam kategori bahan mentah ya, masih belum barang jadi. 
  2. Aksesoris pendukung dari mebel yang dibuat, dari sini bisa melihat jenis spons apa yang dipakai, terus cover mebel nya pakai apa. Faktor ini juga yang menjadi penentu mahal atau tidaknya suatu mebel.
  3. Ukiran mebel, semakin rumit sudah jelas semakin mahal. Karena ukiran ini dikerjakan langsung oleh pengrajin mebel jati dan dibutuhkan ketelitian tinggi.

Dari ke tiga poin di atas juga kita sudah bisa mengetahui, kenapa harga dari mebel jati sangat mahal untuk kelas nya. Tetapi tedapat mebel jati yang masih murah. Tidak perlu heran, semua kembali dari poin poin yang telah disebutkan di atas. 

Sebagai pengrajin mebel jati, pasti sudah paham dengan nama nya ukuran kayu jati, seperti DL, A1, OP, dan lain lain. Ukuran kayu yang dimaksud juga untuk mengetahui kualitas kayu mentah dari jati, semakin tua umur kayu juga akan semakin bagus. 

  1. Kayu jati ukuran A1 biasanaya memiliki ukuran diameter 10 - 20 cm, kayu dengan kelas A1 ini masih tergolong muda meskipun sudah masuk belasan tahun. Tetapi, untuk kayu yang masih muda ini biasanya agak susah dibentuk karena serat dalam kayu yang masih mudah hancur, jadi perlu ekstra hati-hati dalam pengolahan nya.
  2. Kayu jati ukuran A2 sudah masuk dalam kelas menengah, memiliki ukuran diamter 20-30 cm dan serat kayu nya juga sudah termasuk kuat. Jika dilihat, kayu jati seperti manusia saja, semakin tua maka psikis tingkat ke labilan nya menurun.
  3. Terakhir adalah kelas A3 yang memiliki diamter 30-40 cm. Dari perbedaan kelas ini juga kita sudah mengetahui bukan, semakin tinggi maka tingkat seratnya semakin baik dan pengolahan untuk menjadi furniture semakin mudah tetapi kualitas yang dimiliki sangat bagus. 

Terlepas dari ke tiga kelas ukuran kayu tersebut, jika kita pernah melihat mebel jati dengan ukuran besar tanpa sambungan sama sekali. Berarti itu termasuk kategori sangat mahal ya, karena untuk pemesanan bahan mentah nya saja cukup susah. 

Penutup

Berbicara masalah kualitas, ada yang kurang jika kami tidak memberikan rekomendasi furniture Jepara bagi pembaca setia arenapublik. Untuk mendapatkan mebel jati dengan kualitas unggul, kami mengenal salah satu owner yang merupakan produsen mebel jati dan sudah memiliki pengalaman pengiriman seluruh Indonesia. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, itu pun kalian masih bisa nego lagi. Untuk kualitas jangan ditanyakan, karena mereka memiliki komitmen untuk memberikan kualitas terbaik kepada konsumen. 

Pemesanan bisa langsung menghubungi mas Andi, orang asli Jepara. 

Whatsapp: 6282324852621

E-mail: andihorehore@gmail.com

Sebagai informasi saja, kayu jati Jepara merupakan mebel yang sudah berada tingkat Internasional. Pengiriman rutin hampir tercatat banyak ke wilayah Eropa, karena pohon jati hanya bisa hidup di wilayah tropis seperti negara kita Indonesia. Jadi kita wajib bangga dengan mebel jati asal Jepara yang bisa mengharumkan nama bangsa melalui seni.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 1 comments:

  1. waah iya, kalau menyinggung kayu jati emang kesan pertamanya bagus dan mahal, ternyata ada gradenya juga yaak

    ReplyDelete
9127155806442794821