BLANTERVIO103

Cara Charge Mobil Listrik di Rumah Dengan Aman

Cara Charge Mobil Listrik di Rumah Dengan Aman
Wednesday, November 11, 2020

 

Charge mobil listrik di rumah

Arenapublik.com - Bagi kalian yang sudah memiliki kendaraan listrik atau yang ingin membeli kendaraan listrik, jangan bingung bagaimana cara melakukan charging baterai mobil listrik di rumah. Baru baru ini juga, brand terkenal dari negeri ginseng sudah meluncurkan secara resmi mobil full listrik yang dinamakan dengan Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona. Mobil ini diklaim memiliki harga paling murah dibandingkan dengan para pesaing mobil listrik lainnya seperti Tesla, BMW, dan merk mobil terkenal lain. 


Permasalahan yang sering muncul bagi mereka yang ingin membeli mobil listrik adalah cara charge mobil listriknya, kita harus akui infrastruktur stasiun pengisian batrei di Indonesia masih sangat kurang, bahkan hanya di kota kota besar saja yang masih tersedia dan tidak tersebar secara merata. Tapi bagi yang sudah memiliki mobil listrik sudah tidak perlu khawatir lagi, kalian bisa kok melakukan pengisian baterai mobil listrik di rumah masing masing.


Jangan takut jika akan terjadi hal yang aneh, sudah dipastikan untuk proses pengisian baterai ini sangat aman dan tidak jauh berbeda pada saat kalian melakukan pengisian baterai HP di rumah. Cuma yang menjadi pembeda adalah lama waktu pengisian, karena perbedaan kapasitas baterai HP dan mobil sangat jauh.


Melakukan Pengisian Baterai Mobil Listrik

Pada kesempatan ini, kami ingin memberikan sedikit edukasi mengenai cara melakukan pengisian baterai mobil listrik di rumah sebagai berikut.


  • Jika indikator mobil listrik sudah menyentuh angka 20%, setidaknya kalian harus melakukan pengisian baterai untuk menghindari kehabisan baterai di jalan. Mengingat stasiun pengisian baterai di Indonesia masih sedikit.
  • Pastikan tangan kalian tidak basah pada saat ingin menyambungkan konektor charger ke mobil listrik untuk menghindari kesetrum.
  • Pastikan juga listrik rumah kalian memiliki daya minimal 1200 watt untuk melakukan pengisian baterai, agar kalian masih bisa menggunakan peralatan elektronik lain di rumah. 
  • Konektor pengisian baterai mobil harus jauh dari jangkauan anak anak, takutnya mereka penasaran dan menyentuh konektor pengisian tersebut. Meskipun pada dasarnya setiap kali mobil listrik mengisi baterai, konektornya pasti ter lock dengan rapat dan tidak tersetrum. 
  • Tidak perlu khawatir lupa mencabut konektor charging saat kita meninggalkan mobil listrik seharian dalam kondisi konektor masih menyambung ke mobil, karena saat baterai sudah penuh charger akan otomatis cut off pengisian daya ke mobil listrik. 


Ke lima poin di atas adalah cara aman melakukan pengisian baterai mobil listrik di rumah, karena pada dasarnya tidak ada yang berbeda saat kita mengisi baterai HP di rumah secara teknisnya. Meskipun demikian, kalian harus menunggu waktu cukup lama pada saat proses charge mobil listrik di rumah, setidaknya 6 sampai jam jika listrik rumah kalian memiliki kapasitas lebih dari 10.000 watt. Karena waktu tersebut merupakan waktu normal pada saat pengisian baterai mobil listrik.


Informasi tambahan, lama waktu pengisian tergantung dari besar kapasitas rumah. Jika kita memiliki rumah dengan daya 3.000 watt, lalu baterai mobil listrik yang kita miliki memiliki kapasitas baterai sebesar 30.000 watt hour. Maka lama waktu pengisian baterai adalah 10 jam, hasil tersebut didapatkan dari kapasitas baterai dibagi kapasitas rumah, hasilnya adalah lama waktu pengisian. 


Lalu, jika ingin melakukan charge mobil listrik di stasiun pengisian juga sangat bisa. Kalian bisa langsung menggunakan mode fast charging untuk mempercepat proses pengisian, waktu yang diperlukan juga sekitar 1 jam. Bila dibandingkan dengan pengisian bahan bakar mobil konvensional pada umumnya, memang mobil listrik masih belum praktis. Masih terdapat kekurangan dalam hal pengisian baterainya, tetapi bukan tidak mungkin era kedepan seluruh mobil akan banyak berubah menjadi listrik. 


Sekian artikel yang dapat kami berikan mengenai cara charge mobil listrik di rumah, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca setia arenapublik. Jangan lupa untuk share artikel ini agar dapat memberikan manfaat bagi mereka yang ingin menambah pengetahuan.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821