BLANTERVIO103

Cara Membuat Alat Pemotong Gabus (Styrofoam) Dengan Mudah

Cara Membuat Alat Pemotong Gabus (Styrofoam) Dengan Mudah
Thursday, November 12, 2020

Alat pemotong gabus styrofoam


Arenapublik.com - Kembali lagi dengan tutorial sederhana mengenai cara membuat alat potong gabus menggunakan barang barang bekas lagi, tidak berbeda jauh dari artikel yang sudah kami terbitkan sebelumnya cara membuat mesin las sendiri, membuat pemotong gabus ini juga masih menggunakan barang yang hampir seluruhnya sama. Karena pada prinsipnya kita membutuhkan penghantar panas yang baik untuk bisa memotong potongan gabus dengan rapih.


Pemotong gabus ini biasa digunakan oleh kalangan pegiat UMKM atau yang memiliki kerajinan tangan untuk membuat suatu seni dari bongkahan gabus yang membentuk lekukan lekukan dengan bagus sehingga untuk dijual kembali. Atau bahkan ada yang menggunakan alat ini sebagai cetakan untuk membuat helm, dan lain sebagainya.


Sebelum memulai, pastikan kalian sudah didampingi oleh orang dewasa atau orang yang sudah memahami tentang kelistrikan, upaya ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja pada saat pembuatan alat pemotong gabus. Kami berusaha melakukan edukasi terbaik juga, agar para pembaca setia dari arenapublik terus berdatangan dari kalangan manapun. 


Menyiapkan Peralatan dan Bahan

Pertama, agar proses pembuatan alat pemotong gabus berjalan dengan lancar. Usahakan kalian sudah menyiapkan peralatan dan bahan apa saja yang harus digunakan, agar kalian bisa menghemat waktu dan pekerjaan kalian akan beres dengan rapih. Berikut peralatan dan bahan yang harus kalian siapkan terlebih dahulu untuk memulai pekerjaan: 


  • Siapkan aki 12V atau 24V, yang paling memungkinkan kalian bisa menggunakan aki motor kalian masing masing. 


  • Siapkan kabel jumper secukupnya sesuai kebutuhan kalian masing masing.


  • Siapkan konektor atau socket untuk menghubungkan kabel jumper dengan aki. Tapi kebanyakan kasus banyak yang langsung menyambungkan kabel jumper dengan aki melalui baut yang sudah tersedia. 


  • Siapkan saklar On/Off yang dipasang di kabel jumper nanti.


  • Siapkan paku atau skrup untuk pengikat.


  • Siapkan kayu atau dudukan yang terbuat dari isolator untuk menahan listrik lewat.


  • Siapkan senar gitar sebagai pemotong gabusnya nanti. Saran, jika kalian menggunakan aki dengan kapasitas besar, ada baiknya menggunakan senar gitar yang besar. 


Silahkan kalian siapkan kebutuhan bahan yang telah kami tuliskan di atas, semua sangat sederhana dan dapat kalian temukan di toko toko terdekat. Jika kalian mempunyai barang bekas tapi serupa dengan kebutuhan di atas itu juga lebih baik untuk menghemat cost. 


Cara Merangkai Alat Pemotong Gabus

Setelah alat dan bahan sudah terkumpul dengan baik, saatnya kita akan merangkai bagaimana cara membuat alat pemotong gabus tersebut. 


  • Silahkan hubungkan kabel jumper ke kutub aki plus dan minusnya. Pastikan kedua kabel jumper tersebut jangan bersentuhan dulu, karena akan terjadi short. Sebagai pengaman, kalian juga mengisolasi terlebih dahulu salah satu ujung kabel jumper sebagai pengaman. 


  • Memasang saklar di kutub positif kabel jumper, karena saklar nantinya digunakan untuk mematikan dan menghidupkan alat pemotongnya agar aki yang digunakan tidak cepat habis. 


  • Pasang paku atau skrup di kedua sisi kayu atau isolator yang digunakan. Sebagai contoh, bisa menyiapkan kayu yang berbentuk seperti alat panah. 


  • Terakhir memasang senar gitar untuk setiap sisi kayu yang sudah disiapkan, usahakan pemasangan senar gitar kencang agar pada saat pemotongan gabus bisa mendapatkan hasil yang baik juga. 


Untuk lebih lengkapnya, kami siapkan gambar rangkaian dari alat pemotong gabus sederhana tersebut untuk mempermudah kalian memahami instruksi yang sudah kami tuliskan di atas. 

Alat pemotong gabus


Sekian artikel yang dapat kami berikan mengenai cara membuat alat pemotong gabus dengan sederhana ini, semoga dapat bermanfaat bagi kalian pembaca setia arenapublik. Jika menemui kendala dalam pemahaman artikel, kalian bisa meninggalkan komentar untuk berdiskusi, terimakasih.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 3 comments:

  1. Eh iya ya, kalau gabus dipotong biasa malah bikin gigi ngilu hehehehe

    ReplyDelete
  2. tips yang sangat bagus, saya akan mencobanya nya untuk membuat kreasi. yuk kunjungi blog kami.

    ReplyDelete
  3. Waah tips menarik nih mas untuk dicoba..😊😊

    ReplyDelete
9127155806442794821