BLANTERVIO103

5 Cara Menggunakan ICCB Portable Charger Mobil Listrik Hyundai

5 Cara Menggunakan ICCB Portable Charger Mobil Listrik Hyundai
Sunday, December 20, 2020

ICCB Portable Charger Hyundai

Arenapublik.com - Salah satu komponen penting yang terdapat pada mobil listrik adalah charger, Hyundai dalam penjualan dua unit mobil terbarunya yaitu Ioniq Electric dan Kona Electric memberikan satu unit portable charger secara gratis dengan maksimum power sekitar 2000 watt saja. 

Selain memberikan ICCB portable charger secara gratis, ternyata Hyundai memberikan wall mount charger dengan kapasitas power lebih besar, yaitu 7200 watt seharga lebih dari 30 jt secara gratis dengan syarat pembelian unit khusus di tahun 2020 saja. 

Untuk seluruh Indonesia, masih tersedia jenis Ioniq electric saja. Menurut video terbaru petrol head Indonesia, Fitra Eri saat mengunjungi bengkel resmi Hyundai di daerah Pancoran. Salah satu sales Hyundai memberikan pernyataan bahwa unit Hyundai Kona Electric sudah laku terjual di seluruh dealer Indonesia. Jadi jika kalian yang ingin membeli Kona Electric harus mengikuti indent tahun depan dengan harga yang berbeda. 

Baca Juga: Harga Hyundai Kona Electric dan Promo Akhir Tahun 2020

Pada artikel ini, kami ingin memberikan pengenalan terkait cara menggunakan ICCB portable charger yang dimiliki oleh mobil Hyundai, berikut ulasan terkait cara penggunaan nya.


Cara Setting Menggunakan ICCB Portable Charger Hyundai

Iccb portable charger hyundai

Secara visual terlihat ada 3 komponen utama dari ICCB portable charger, yaitu:

  1. Control Box
  2. Kabel dan Plug (Cable Set)
  3. Charging cable and charging connector

Charger portable dapat digunakan langsung dari listrik rumah 220 volt, dan dalam bagian control box juga anda bisa melakukan setting besaran arus yang kalian hendaki untuk melakukan proses charging. Arus yang tersedia mulai dari 8 ampere hinga 12 ampere.

Kemudian untuk melakukan setting arus, kalian bisa melakukannya pada tombol kecil yang terdapat di balik control box, kalian bisa langsung menekan tombol seperti biasa setelah kalian menghubungkan kabel plug (cable set) ke sumber listrik rumah kalian. 

Pastikan instalasi listrik rumah kalian memiliki 3 sambungan kabel, yaitu sumber arus, negatif, dan ground

Menyambungkan ICCB Portable Charger Ke Mobil

Menyambung iccb portable charger

Jika pada tahapan di atas sudah kalian lewati dan memastikan semuanya berjalan dengan baik, selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menyambungkan ICCB Portabel Charger ke mobil untuk mulai proses pengecasan. 


Terdapat beberapa step yang harus kalian pastikan sebelum mulai menyambungkan portable charger ke mobil, berikut ulasannya.

  • Pastikan pada control box charger sudah memberikan warna indikator hijau, yang mengartikan bahwa kondisi charger sudah siap dipakai.
  • Selanjutnya adalah menginjak pedal rem untuk mengaktifkan parking mode.
  • Proses pengisian baterai akan mulai berjalan pada saat posisi mobil berada pada parking mode. 
  • Selanjutnya, silahkan tekan tombol "pengisian" pada dashboard mobil untuk membuka tutup charger. Untuk mobil Ioniq terdapat di belakang sebelah kiri, sedangkan Kona terdapat di depan bagian grill sebelah kiri. 
  • Terakhir, kalian tinggal menyambungkan konektor charger ke mobil sampai berbunyi "klik" yang menandakan mobil siap dilakukan pengisian. 
Jika konektor charger tidak terhubung dengan sempurna, maka proses pengisian tidak akan berjalan. Karena disetiap mobil Hyundai yang electric terdapat sensor yang membaca rapat atau tidak konektor mobil.
Dalam perhitungan matematis, waktu yang dibutuhkan untuk bisa mencapai full baterai dari 0% hingga 100% dengan menggunakan ICCB Portable Charger sekitar 14 hingga 17 jam. Mengingat kapasitas baterai dari Hyundai Ioniq dan Kona adalah 38 kWh. 

Proses pengisian akan berhenti secara otomtasi jika baterai sudah terisi penuh, jadi kalian tidak perlu khawatir jika lupa dalam mencabut sambungan charger dari mobil ataupun sumber listrik. Sudah dipastikan bahwa proses pengisian baterai pada mobil listrik ini sudah sangat aman.

Sekian artikel sederhana mengenai cara menggunakan ICCB Portable Charger milik Hyundai, semoga dapat bermanfaat untuk kedepannya. Jika kalian ada pertanyaan mengenai mobil listrik dapat langsung komen di bawah, jangan lupa share artikel ini kepada para kolega agar mereka memahami teknologi canggih yang ada di mobil listrik, terimakasih.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821