BLANTERVIO103

11 Cara Mengganti LCD Touchscreen Xiaomi Redmi 5 Dengan Mudah, Tanpa Perlu Bongkar Mesin

11 Cara Mengganti LCD Touchscreen Xiaomi Redmi 5 Dengan Mudah, Tanpa Perlu Bongkar Mesin
Monday, February 1, 2021

Mengganti LCD Touchscreen Xiaomi Redmi 5


Arenapublik.com – Mengganti LCD touchscreen Xiaomi Redmi 5 menjadi pekerjaan tambahan saat HP personal milik kita mengalami kerusakan, kondisi tersebut sering kita jumpai saat tidak sengaja jatuh ke lantai sehingga layar satu set HP menjadi retak, meskipun fungsi touchscreen masih berjalan dengan baik, namun dari segi penglihatan sangat mengganggu.

Xiaomi Redmi 5 memang tergolong HP keluaran lama, dan kalah saing dengan pendatang baru dengan model HP flagship terbaik nya. Bagi pengguna lama, tentunya HP akan menjadi seperti barang berharga dan dirasa sayang untuk diganti.

Ada lagi beberapa alasan karena terlalu banyak data yang harus dipindahkan, sehingga cukup bawa ke tukang servis saja lalu bisa digunakan lagi.

Pada artikel ini, terkait mengganti LCD touchscreen Xiaomi Redmi 5. Kami tidak bermaksud membuat Anda untuk malas ke tukang servis HP, namun akan sangat baik jika kita bisa melakukan sendiri dan bisa berhemat lebih banyak.

Oleh karena itu, semoga artikel kami mengenai mengganti LCD touchscreen Redmi 5 bisa sangat bermanfaat dan membantu Anda jika lebih tertarik membaca tutorial tulisan dibandingkan menonton video melalui Youtube.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Icon Headset PadaHP Xiaomi Redmi 5

Berikut Cara Mengganti LCD Touchscreen Xiaomi Redmi 5

Agar kalian tidak terlalu banyak membongkar HP Redmi 5 nya, maka kami ingin memberikan panduan secara sederhana saja dan mungkin bisa dipahami secara mudah.

  • Matikan HP kalian terlebih dahulu untuk menjaga faktor keamanan, kemudia lepaskan SIM card pada HP dengan menggunakan injector SIM.
  • Buka cover belakang HP dan lepaskan fleksibel sensor finger print untuk pertama kali, bisa menggunakan alat bantu jika memungkinkan untuk mencongkel bagian pengunci cover HP.
  • Setelah cover belakang HP terbuka, lepas bagian plat penutup konektor HP dengan melepas empat baut pengunci menggunakan obeng.
  • Selanjutnya, kalian bisa melepaskan konektor atau fleksibel baterai terlebih dahulu untuk mematikan power HP dengan sempurna.
  • Kemudia melepas fleksibel dari LCD touchscreen yang berada tepat disamping kiri fleksibel baterai.
  • Setelah itu, lepaskan baterai dari HP. Harus hati-hati ya sobat, karena baterainya lengket. Jadi lepaskan dahulu selotip yang terdapat di HP dan tarik perlahan agar baterai bisa mudah dilepas.
  • Selanjutnya melepas layar LCD dari tempatnya, caranya cukup blower bagian pinggir dari HP untuk melelehkan lem nya, kemudian gunakan alat tambahan seperti silet untuk mencongkel layar HP keluar dari tempatnya.
  • Saat layar HP telah terbuka, maka tahap selanjutnya adalah memasang LCD touchscreen baru milik kalian dan usahakan untuk koneksikan fleksibel LCD terlebih dahulu baru fleksibel baterai.

Note: Prosedur untuk menghubungkan fleksibel LCD pertama kali dibandingkan fleksibel baterai, bertujuan untuk menghindari short circuit pada HP kesayangan Anda.

  • Silahkan tes dan hidupkan HP Xiaomi Redmi 5 milik Anda untuk mengetes sensitifitas layar barunya. Untuk pertama dihidupkan memang sedikit lag, karena penyesuaian device baru.
  • Jangan lupa untuk melakukan pengeleman kembali pada layar HP  agar tidak lepas dari HP nya.
  • Jika telah selesai, silahkan tutup seluruh cover belakang HP dan perlengkapan lainnya. Jangan lupa untuk menghubungkan kembali fleksibel sensor sidik jari terlebih dahulu ya.

Nah, dari kesembilan step di atas semoga kalian semua dapat memahami seluruh prosedurnya ya sobat. Jika terdapat beberapa step yang tidak dimengerti, bisa langsung menanyakan langsung lewat komentar, kami akan berusaha menjawab dengan sebaik mungkin.

Jangan lupa untuk share artikel ini agar bisa bermanfaat bagi orang yang membutuhkan juga. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga kalian tetap setia mengunjungi blog arenapublik.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821