BLANTERVIO103

Menjaga Kualitas Bangunan Rumah Agar Tetap Kokoh dan Anti Rayap

Menjaga Kualitas Bangunan Rumah Agar Tetap Kokoh dan Anti Rayap
Monday, February 8, 2021

Menjaga kualitas bangunan rumah

Arenapublik.com - Menjaga kualitas bangunan rumah merupakan tanggung jawab bersama bagi orang yang menempati rumah tersebut, sudah sewajarnya bila kita harus memberikan perhatian ekstra agar kondisi bangunan rumah tetap kokoh dan mencegah dari serangan rayap.

Sebagaimana kita ketahui, serangan serangga kecil tersebut dapat merusak furniture rumah, bila tidak segera diatasi maka akan merembet kemana-mana. Oleh sebab itu, banyak orang membuka usaha untuk mengusir rayap, termasuk anti rayap Jakarta yang sudah berpengalaman mengusir hama tersebut.

Seperti mesin pada kendaraan, bangunan rumah juga memiliki masa nya sendiri atau waktu untuk dilakukan perbaikan. Jika komponen part dari satu mesin bisa memakan waktu satu hingga dua tahun untuk diganti, bangunan rumah memerlukan waktu hingga lima tahun sampai sepuluh tahun lebih untuk dilakukan maintenance.

Banyak faktor yang menjadikan kita harus menjaga kualitas bangunan rumah, selain untuk menjaga keamanan dan tempat berlindung dari berbagai macam kondisi alam, bangunan rumah yang kita tempati harus memiliki tingkat kenyamanan tinggi juga.

Berikut Menjaga Kualitas Bangunan Rumah

Ada beberapa cara agar kita bisa menjaga kualitas rumah, dan tentunya cara tersebut kami dapatkan dari hasil survey beberapa tukang bangunan untuk menjaga bangunan tersebut.

1. Membuat Checklist Bangunan Rumah

Sebagai pemilik rumah, kita harus mengetahui kondisi rumah dengan sangat baik juga. Salah satu contohnya untuk menjaga kualitas bangunan rumah dengan cara membuat checklist bangunan. Pembuatan tersebut sudah merangkap keseluruhan bagian ruangan rumah, seperti mengecek kondisi tembok, plafon, dan lain-lain.

Langkah tersebut digunakan untuk proses preventive maintenance dari rumah, karena sesuatu yang sudah menjadi hak milik sudah sangat sewajarnya untuk terus dijaga. Terlebih itu rumah kediaman kita sendiri, harus dijaga kenyamanan nya.

2. Mengecat Tembok Secara Berkala

Selanjutnya adalah dengan mengecat dinding tembok, hal ini memang terlihat sangat sederhana namun sangat berpengaruh untuk tampilan rumah, karena ketahanan setiap cet itu sudah pasti berbeda-beda tidak bisa disama ratakan untuk setiap merk.

Jadi, ada baiknya melakukan pengecatan diding tembok rumah setiap satu tahun sekali. Tujuannya juga bisa digunakan untuk mengganti suasana rumah, dan tujuan intinya digunakan untuk menjaga ketahanan tembok agar tidak “rembes”.

Jika kalian pernah melihat dinding rumah yang terkelopek cet nya, dapat dipastikan bahwa pemilik rumah kurang menjaga kondisi rumah sehingga kualitas bangunan rumah menjadi menurun.

3. Menjaga Kondisi Bangunan Rumah

Terakhir, yang tidak kalah penting dari menjaga kualitas bangunan rumah adalah mengkondisikan suhu ruangan atau bangunan rumah. Karena kondisi bangunan rumah lembab akan menimbulkan banyak resiko, seperti lapuknya beberapa furniture rumah hingga diserang hama rayap.

Ada baiknya bangunan rumah telah dikondisikan dengan cahaya matahari cukup dan ventilasi udara yang mumpuni juga. Karena kita tidak bisa mengetahui kondisi di mana rumah kita telah diserang hama rayap atau tidak, kita bisa tahu pada saat bangunan rumah sudah mulai keropos dan kayu-kayu bangunan rumah mengeluarkan kotoran rayap sejenis butir pasir.

Kembali lagi, menjaga kualitas bangunan rumah adalah tugas bersama penghuni rumah, baik itu orang tua, hingga sanak saudara lainnya. Karena perawatan rumah diperlukan secara berkala agar pengeluaran untuk menjaga kualitas bangunan rumah tidak terlalu menggepuk di akhir.

Semoga artikel sederhana kami dapat bermanfaat bagi para pembaca setia arenapublik, jangan lupa untuk selalu mengupdate artikel menarik lainnya dari kami, terimakasih.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821