BLANTERVIO103

Langkah Mudah Belajar HTML Dasar, Tanpa Perlu Sekolah Koding

Langkah Mudah Belajar HTML Dasar, Tanpa Perlu Sekolah Koding
Friday, February 5, 2021

Langkah Mudah Belajar HTML Dasar

Arenapublik.com - Mudah belajar HTML dasar tanpa perlu mengikuti sekolah koding, siapapun bisa melakukannya asal memiliki rasa kemauan tinggi. Karena pada dasarnya, belajar HTML tidak terlalu rumit karena masih membahas tampilan depan, dan sedikit sekali digunakan sebagai back end untuk develop aplikasi. 

Untuk belajar HTML dasar tentunya Anda harus tahu dengan pasti apakah HTML itu, apa saja yang harus disiapkan, dan hal-hal apa saja yang menjadi penunjang di dalamnya. Semua akan kami bahas pada artikel ini. 

Oleh karena itu, kami hanya ingin memberikan pengalaman dan pengenalan secara dasar saja. Karena proses pembelajaran terbaik itu dilakukan mulai dari awal, sehingga di tahap akhir tidak terlalu kaget bila mengalami kendala.

Berikut Belajar HTML Dasar Untuk Pemula

HTML atau Hypertext Markup Language yang berfungsi untuk membantu seorang user membuat dan menyusun bagian paragraf, heading, link atau tautan, berikut dengan blockquote untuk halaman website dan sebuah aplikasi.

Dengan kata lainnya adalah HTML merupakan suatu program komputer yang memiliki peran seperti halnya Ms. Word. Dan membuat seorang user untuk membuat format dokumen ke dalam bentuk HTML. Singkat katanya adalah HTML bukan bahasa pemrograman, sehingga HTML tidak memiliki kemampuan untuk membuat fungsionalitas yang dinamis.

Saat Anda bekerja dengan menggunakan HTML, maka Anda akan menggunakan struktur kode sederhana seperti tag dan atribut membuat mark up halaman website Anda.

Baca Juga: Membuat Form Checkout Whatsapp Dengan HTML

Contohnya adalah saat Anda akan membuat sebuah paragraf, caranya adalah dengan menempatkan enclosed text yang diletakkan antara tag pembuka <p> dan tag penutup </p>.

Intinya adalah HTML dimanfaatkan sebagai bahasa mark up yang terhitung mudah untuk dipahami oleh Anda yang masih pemula di bidang web development. 

Cara Kerja HTML

Ektensi .html ataupun .htm merupakan bagian akhir dari sebuah dokumen. Yang mana semuanya dapat Anda lihat pada web browser seperti Google, Safari, Mozilla Firefox, atau Chrome. Dan browser itu nantinya akan membaca file HTML dan render konten yang membuat Anda bisa melihat juga membaca browser tersebut.

Tiap situs web akan menyertakan jumlah halaman HTML yang berbeda. Misalnya:

-       halaman utama

-       halaman "about us"

-       kontak

-       dan lainnya.

Yang kesemuanya memiliki dokumen HTML yang terpisah tentunya.

Penjelasan Tag HTML dan Fungsinya

Tag HTML umumnya memiliki dua tipe utama, yakni:

1.    Tag Block-level

Merupakan elemen yang memakai semua space yang ada dan juga membuat line baru dalam sebuah dokumen. Tag block-level harus dimiliki oleh setiap dokumen HTML ada tiga macam, yakni <html>, <head>, dan juga <body>. 

Heading yang ada pada HTML ada enam macam yakni <h1> </h1> yang merupakan level heading tertinggi, sampai dengan <h6> </h6> yang merupakan level heading paling rendah.

Sedang untuk paragraf akan dibuat dengan tag <p> </p>, sedang untuk blockquote dibuat dengan tag <blockquote> </blockquote>

2.    Tag Inline

Umumnya hanya memakai space yang disesuaikan dengan kebutuhan serta tidak digunakan untuk membuat line baru di halaman. Dan elemen ini biasanya akan memformat isi dalam konten yang berasal dari elemen bock-level.

Contoh yang biasanya digunakan seperti <strong> </strong> untuk membuat teks di render elemen ke format bold, dan untuk format italic Anda bisa menggunakan tag <em> </em>.

Kesimpulan

HTML merupakan bahasa mark up web yang utama. Yang mana prosesnya dijalankan secara alami oleh tiap browser, yang kemudian di-maintain oleh WWWC atau World Wide Web Consortium.

Bila dilihat dari cara kerjanya, Anda dapat membuatya berdasarkan pada strukstur konten yang ada pada website dan aplikasi web. Yang mana semuanya menggunakan coding HTML dasar.

HTML juga merupakan level terbawah dari teknologi frontend, yang memiliki fungsi sebagai dasar styling. Setelahnya bisa Anda tambahkan dengan CSS, serta agar tampilan menjadi fungsionalitas dapat dijalankan dengan menggunakan JavaScript. 

Bagaimana, mudah sekali bukan untuk belajar HTML dasar? Yang terpenting Anda memiliki niat untuk belajar. Setelah Anda dapat mulai mempelajarinya dari beberapa referensi untuk membuat HTML, seperti di makinrajin.com. Selamat mencoba!

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

Click here for comments 2 comments:

  1. kalau bahasa program aku oon banger bang maklum orang bahasa

    ReplyDelete
  2. Angkat tangan deh aku

    Dari dulu sampai skrg gapernah bisa ngerti
    Javascript simple yang di widget blog aja ngertinya kwkwkw

    ReplyDelete
9127155806442794821