BLANTERVIO103

Memulai Bisnis Cuci Motor Untuk Pemula, Modal Kurang Dari 5Jt!

Memulai Bisnis Cuci Motor Untuk Pemula, Modal Kurang Dari 5Jt!
Thursday, March 18, 2021

Memulai Bisnis Cuci Motor Untuk Pemula

Arenapublik.com – Memulai bisnis cuci motor untuk pemula ternyata tidak terlalu susah untuk dilakukan, dan hebatnya bisnis jasa seperti ini tidak mengenal musim, baik itu masa pandemi sekarang, musim kemarau, terlebih musim hujan. Karena sifatnya membuka jasa, pasti semua orang mencarinya untuk membantu pekerjaan membersihkan kendaraan.

Bila diperhatikan, bisnis cuci motor ini sangat rendah sekali modalnya. Menurut pantauan kami setidaknya butuh modal sekitar 5jt saja, kita pun sudah bisa membuka usaha jasa yang satu ini dan tentunya bisa menambah uang jajan sehari-hari.

Pad artikel ini kami khususkan bagi mereka yang memiliki uang nganggur dan bingung untuk memulai usaha apa, sedangkan peluang usaha sangat terbuka lebar pintunya. Oleh sebab itu, silahkan disimak bagaimana cara memulai bisnis cuci motor.

Baca Juga: Membuka Usaha Bengkel Mobil Umum Sendiri

Berikut Cara Memulai Bisnis Cuci Motor Untuk Pemula

Sebelumnya kami ingin membuat suatu disclaimer, bahwa cara ini sudah kami terapkan kepada rekanan yang kebetulan sudah mulai membuka usahanya. Jadi tidak ada salahnya jika kami share tips ini kepada kalian.

1. Mencari Lokasi Strategis

Bila kalian ingin memulai usaha, langkah awal sebelum memulainya adalah melakukan survey lokasi terlebih dahulu. Usaha ini bisa kalian lakukan bersama rekan atau keluarga sendiri yang mengetahui tempat tersebut.

Usahakan mencari tempat yang ramai dilewati oleh kendaraan, akan sia-sia bila memilih lokasi yang sepi dan ternyata biaya sewa nya sangat mahal. Untuk mengehemat cost, kalian juga bisa menggunakan halaman rumah jika terdapat satu tempat kosong.

Setidaknya memiliki 2 sampai 4 stall cuci motor, agar perputaran pengunjung bisa cepat. Selain itu pendapatan dari cuci motor juga akan semakin banyak jika pengunjung per hari bisa mencapai minimal 20 motor.

2. Membeli Peralatan Cuci Motor

Bagian terpenting dari memulai bisnis cuci motor adalah menyiapkan peralatan tempur, atau peralatan cuci motor mulai dari compressor, pompa air, selang air, nozzle, hingga sabun dan kanebo untuk mengelap motor saat sesudah dicuci.

Untuk pengadaan keseluruhan itu, tidak sampai hingga 5jt rupiah, kalian cukup anggarkan untuk pembelian pompa air bisa pakai sanyo biasa, namun jika ingin mendapatkan semprotan yang cukup kencang bisa menambahkan compressor. Karena untuk pembeliat jet pump langsung, harganya bisa lebih mahal.

Namun, dalam memulai bisnis cuci motor untuk pemula ini kami sarankan untuk membeli perlengkapan second saja, agar bisa menghemat budget. Tetapi, keperluan sabun dan kanebo harus dibelikan dengan kualitas baik dan sabun yang tidak merusak cet kendaraan.

3. Menguatkan Promosi Cuci Motor

Berhubung tempat cuci motor yang kalian bangun masih baru dan tidak banyak orang mengenalnya, kalian wajib melakukan promosi baik itu dari sosial media atau langsung menyebarkan flyer ke jalan-jalan atau dengan memberikan omongan kepada tetangga sekitar.

Namanya promo, tentunya harus menyediakan diskon juga. Pasaran untuk sekali cuci motor bisa mencapai 20rb, itu sudah termasuk cuci salju dan belum termasuk wax. Nah, untuk cuci biasa mungkin bisa memberikan diskon jasa cuci motor sekitar 20% dan diskon pemberian wax agar body kinclong sekitar 10%.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan promosi home service untuk kedepannya. Dengan menarifkan biaya kunjungan diskon  sekian persen, dan jasa cuci motornya juga diskon sekian persen. Hal tersebut dilakukan agar bisa menarik pelanggan baru, dari pelayanan terbaik, customer pasti akan datang kembali.

Baca Juga: Cara Transfer Token Safepal ke Akun Binance

Kesimpulan

Memulai bisnis cuci motor ini seperti permainan, bisa juga dibilang sebagai kompetisi. Karena setiap usaha apapun yang bergerak di bidang jasa, harus melakukan persaingan dalam jasa layanan. Saat competitor lain memberikan diskon 10%, kita bisa memberikan 15% atau lebih. Begitu juga seterusnya, tergantung dari keuangan kalian masing-masing.

Kemudian, jangan lupa untuk memberikan ruang tunggu yang nyaman saat pelanggan menunggu motornya selesai dicuci. Kalau bisa tawarkan minuman gratis seperti air putih atau the hangat, agar pelanggan merasa dilayani dengan baik.

Dengan adanya tambahan air minum atau snack selama pelanggan menunggu, sudah pasti pelanggan tidak akan merasa berat jika mengeluarkan budget sedikit dalam. Jadi budget awal untuk cuci motor diharga 20rb, dengan adanya pelayanan tambahan kita bisa menarifkan sekitar 30rb.

Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821