BLANTERVIO103

Cara Memulai Membuka Bengkel Mobil Umum Sendiri Under 50Jt

Cara Memulai Membuka Bengkel Mobil Umum Sendiri Under 50Jt
Wednesday, March 3, 2021
Memulai Membuka Bengkel Mobil Umum Sendiri Under 50Jt


Arenapublik.com - Membuka bengkel mobil umum sendiri dengan biaya under 50jt ternyata bisa kalian lakukan, biaya tersebut diluar untuk membuka bengkel mobil resmi atau bengkel authorized dengan merk mobil tertentu, karena sudah dipastikan akan lebih mahal. Mahalnya membuka bengkel resmi dikarenakan setiap bengkel wajib melakukan pembelian sparepart dan tools dari pusat.

Jika dibandingkan dengan bengkel umum, harganya bisa jauh lebih murah. Pembelian tools bisa kita atur untuk berapa unit pembeliannya dimana saja dan kapan saja, menyesuaikan kebutuhan bengkel untuk pertama kali dibuka.

Pada artikel ini kami buat berdasarkan pengalaman pribadi, saat setelah mendalami dunia perbengkelan mobil resmi, pergerakannya sangat dinamis dan tidak bisa hanya berdiam diri jika ingin mendapatkan hasil banyak dari bengkel, sehingga revenue bisa dikalkulasikan untung setiap bulannya. 

Oleh sebab itu, bagi kalian yang tertarik untuk membuka bengkel umum sendiri sangat mudah dan tidak perlu menyiapkan budget besar. Cukup perbanyak relasi terlebih dahulu agar banyak orang yang mengunjungi bengkel kalian.

Berikut Cara Membuka Bengkel Mobil Umum Sendiri

1. Menyiapkan Lahan Bengkel

Tahap pertama untuk membuka bengkel mobil umum sendiri pastinya kalian harus mempersiapkan lahan atau tempat terlebih dahulu, setidaknya kalian bisa memiliki lahan sebesar 6 x 10 meter saja, itu sudah termasuk dua stall servis mobil dan stok sparepart, tools, dan lain sebagainya. 

Jangan lupa, hal terpenting saat ingin menentukan lahan adalah tempat yang cukup banyak dilalui oleh pengendara mobil dan aksesnya sangat mudah untuk dijangkau, contohnya di pinggir jalan, atau tempat lain dengan menyesuaikan budget. 

Usahakan juga untuk memilih lahan bebas banjir, jika sewaktu-waktu terjadi hujan deras dan terdapat unit entry menginap, bisa lebih merepotkan karena mobil bisa jadi lebih rusak dan harus turun mesin.

2. Merekrut Mekanik Terbaik

Memulai Membuka Bengkel Mobil Umum Sendiri Under 50Jt

Selanjutnya untuk membuka bengkel setelah mendapatkan lahan, kita harus mencari resource terbaik dari yang baik. Saat kalian memutuskan untuk membuka bengkel, pastikan kalian merekrut mekanik handal jebolan bengkel resmi juga.

Alasan untuk merekrut mereka, karena sudah memiliki cukup pengalaman untuk handle mobil. Tentunya lebih memahami SOP terkait proses servis, dan kalian juga bisa melakukan diskusi untuk pengadaan alat dan part untuk bengkel umum.

Dalam merekrut mekanik, tidak perlu langsung banyak. Cukup lakukan perekrutan sebanyak dua orang mekanik saja untuk awal, dengan pertimbangan masih bengkel baru dan sekaligus untuk menata keperluan bengkel. 

3. Membeli Sparepart dan Tools

Membuka bengkel mobil umum sendiri

Pada poin ketiga ini merupakan kunci untuk bengkel umum agar bisa berjalan dengan baik. Sparepart utama yang harus kalian miliki adalah oli mesin, oli transmisi, dan oli matic. Ketiga jenis oli tersebut harus kalian sediakan di bengkel, karena termasuk komponen fast moving. 

Sedangkan untuk filter AC, filter udara, filter oli, dan lain sebagianya yang termasuk komponen fast moving, tidak perlu distok terlebih dahulu. Karena kalian menargetkan bengkel umum dan semua jenis mobil harus punya, jadi kalau bisa cari toko sparepart terdekat dengan stok cukup lengkap terlebih dahulu.

Sedangkan untuk tools, kalian bisa melakukan pembelian untuk kunci sederhana dan umum digunakan. Seperti kunci pas, kunci inggris, dan lain sebagainya untuk menunjang keperluan bongkar mobil.

4. Melakukan Promosi Bengkel

Tahap terakhir untuk memulai membuka bengkel mobil umum sendiri dengan budget rendah, kalian harus melakukan promosi terhadap bengkel yang kalian punya. Syarat wajib untuk melakukan promosi adalah kalian harus memiliki nama dari bengkel mobil tersebut beserta logonya. 

Setelah itu, promo terbaik adalah kalian harus masuk ke dalam komunitas mobil. Karena kalian membuka bengkel umum, jadi target pasar kalian cukup untuk kalangan mobil middle saja. Jika menargetkan mobil seperti Pajero, Land Cruiser, dan lain sebagainya agak sulit. Karena mobil seperti itu pasti akan lari ke bengkel resmi. 

Selanjutnya untuk tahap selanjutnya, berikan diskon khusus untuk bengkel mobil kalian. Seperti diskon oli dan jas pergntian oli, dan lain-lain. Promosi adalah cara terbaik dilakukan untuk bengkel baru, sehingga orang mengetahui akan eksistensi bengkel kita.


Penutup dan Kesimpulan

Dari ke-4 poin di atas merupakan panduan dasar untuk membuka bengkel mobil umum sendiri, pada dasarnya kalian harus bisa melakukan dealing terhadap vendor penjual sparepart agar bisa mendapatkan harga lebih murah. Bengkel umum tidak bisa menarifkan lebih mahal dibandingkan dengan bengkel resmi.

Setidaknya kalian harus bisa lebih murah 20% hingga 40% dari bengkel resmi untuk sektor jasanya, sedangkan untuk pembelian sparepart memang tidak bisa menarik banyak. Bengkel umum tidak memiliki authorized untuk membeli part ori, jadi cukup membeli di salah satu vendor saja. 

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca setia arenapublik, untuk artikel lain mengenai bisnis dapat kalian temukan pada category listicle, karena kami banyak menulis tips menarik lain nya agar bisa memperbaiki taraf ekonomi. 
Share This Article :
Arenapublik

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821