BLANTERVIO103

6 Cara Memperbaiki File Excel yang Rusak karena Virus

6 Cara Memperbaiki File Excel yang Rusak karena Virus
Friday, August 20, 2021

Hampir setiap orang berinteraksi dengan teknologi komputer terutama software Microsoft Office yang memang kerap kali digunakan. Salah satu software yang paling sering digunakan ialah Microsoft Office Excel, software ini memiliki beragam fitur yang sangat membantu. 



Sayangnya dalam penyimpanan dokumen sering kali terdapat masalah, hal ini biasanya terjadi karena virus dalam perangkat yang digunakan sehingga membuat panik penggunanya. Tenang saja, jika file excel yang disimpan rusak, cobalah cara memperbaiki file excel yang rusak karena virus berikut ini :

1. Perbaiki dengan Menggunakan Perangkat Windows

Bukalah program Microsoft Excel, Klik pada menu 'Open Other Workbooks'. Menu ini ada di pojok kiri. Klik menu browse pada tampilan dan tunggu hingga tampilan terbuka. Pilih berkas yang akan diperbaiki. Jika sudah, klik menu dropdown pada kotak open, lalu pilih 'open and repair. 

Setelah itu akan muncul menu pop up untuk 'repair'. Apabila tidak ada menu repair, silahkan pilih 'extract data'. Proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi bersabarlah. Kalau sudah terbuka, save kembali data tersebut dengan nama yang berbeda.


2. Ubah Jenis Berkas

Format dokumen lama juga dapat mempengaruhi apabila software yang dimiliki adalah versi terbaru. Buka finder dan klik ikon berwajah biru. Pergilah ke tempat penyimpanan file excel kemudian pilih dokumen yang akan diubah. Klik menu file pada menu di ujung atas maka akan tampil dropdown. 

Pilih Get Info dan tunggu muncul tampilan pop up. Jika tidak ditemukan nama berkas pada kategorinya maka pilih segmen "menu and extension", kemudian  ekstensi yang ditampilkan setelah tanda titik di akhir nama berkas diganti dengan xlsx, Klik menu use.xlsx tunggu data berubah. Buka lagi file yang sudah diperbaiki.


3. Gunakan Bantuan Tool Stellar Phoenix Excell

Tool ini dipercaya dapat memulihkan file excel yang rusak baik xls maupun xlsx. Software tersebut sering kali dan banyak digunakan bagi orang-orang yang kesehariannya berkiprah dengan komputer dan data-data. 

Adapun langkah-langkahnya, pertama klik add file icon dan file impor untuk menampilkan excel di panel. Tambahkan file melalui pencarian direktori. Pilih salah satu file yang corrupt kemudian klik scan. Preview file yang telah diperbaiki kemudian simpan kembali dokumen tersebut dengan klik OK.


4. Membuka dengan Menggunakan HTML

HTML hanya berfungsi untuk membuka lembar kerja yang korup menggunakan format sebagai halaman web. Buka kembali file yang disimpan dengan format Excel, kemudian simpan lagi dengan format excel. Bukalah kembali dokumen tersebut untuk melihat apakah sudah teratasi atau belum.


5. Coba Metode XML

Metode XML hampir mirip cara melakukannya dengan HTML. Silahkan buka file excel yang rusak karena korup, simpan kembali dengan mengklik save as. Pilih format XML pada menu dropdown. Buka kembali file xml kemudian pilih save. Simpan file tersebut dengan format yang asli tadi. Selamat mencoba metode ini.


6. Menghapus Isi Folder Temp

Terkadang mencoba keberuntungan cara memperbaiki lembar kerja yang rusak karena virus dapat dilakukan dengan merestart komputer dan membuka kembali file tersebut. Jika masih belum bisa, coba buka c: windows temp dan hapus semua. Jika gagal lagi, gunakan program kantor terbuka yang kompatibel untuk jenis Microsoft.


Dari banyak cara memperbaiki file excel yang rusak karena virus, cobalah yang memungkinkan terlebih dahulu. Untuk mengantisipasi, backup lah data pada berbagai penyimpanan untuk menghindari file rusak ketika dibutuhkan.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821