BLANTERVIO103

Inilah Perbedaan Wifi ID dan IndiHome yang Perlu Diketahui

Inilah Perbedaan Wifi ID dan IndiHome yang Perlu Diketahui
Friday, August 20, 2021

Berkat pemakaian wifi yang semakin merebak, banyak provider yang mulai mengeluarkan layanan jaringan internet yang dapat bersaing dari banyak aspek. Tidak ketinggalan, raksasa telekomunikasi pun yakni Telkom ikut mengeluarkan layanan ini yakni IndiHome dan Wifi ID. 

Meski dikeluarkan oleh perusahaan yang sama, tentu ada segelintir perbedaan Wifi ID dan IndiHome bila ditelusuri lebih dalam.

Sebelum memutuskan akan menggunakan layanan yang mana, ada baiknya pengguna mengetahui perbedaan antara kedua wifi ini agar dapat memiliki layanan yang sesuai kebutuhan. Pastinya masing-masing wifi tersebut yakni IndiHome dan Wifi ID memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk itu, simak uraian di bawah untuk memastikan mana yang lebih dibutuhkan :

1. Bedanya dua Jasa Telkom dari Segi Produk

Antara IndiHome dan Wifi ID, keduanya sama-sama memberikan layanan internet namun, IndiHome memiliki cakupan lebih luas. Jika Wifi ID terbatas pada akses internet saja, lain halnya dengan IndiHome yang menawarkan akses untuk layanan TV interaktif serta telepon rumah. 

Artinya, Wifi ID tidak memiliki layanan tersebut sehingga pengguna perlu menggunakan layanan lain jika ingin memiliki akses telepon rumah.


2. Perbedaan dari Aspek Biaya Pembelian

Sebelum membeli suatu produk atau jasa pengguna perlu memastikan berapa dana yang disediakan agar tidak over budget. Terkait perbedaan Wifi ID dan IndiHome dalam segi harga, ternyata yang memiliki harga lebih tinggi antara satu sama lain adalah IndiHome. 

Pada produk Wifi ID, pengguna perlu mempersiapkan budget kurang lebih 500 ribu rupiah untuk mendapatkan jaringan internet berkecepatan 20 mbps.

IndiHome sendiri mematok harga sekitar 300 ribu rupiah dengan layanan kecepatan terbatas pada 10mbps. Hal ini bisa dikarenakan layanan IndiHome memiliki cakupan lebih luas daripada Wifi ID. Dengan biaya yang lebih ekonomis, pengguna Wifi ID juga diberikan akses jaringan tanpa batas atau unlimited kuota.


3. Perbedaan Aspek Pemakaian antara dua Produk Telkom

Dari segi dukungan internet, kedua produk ini pun memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Pengguna mungkin sering kali menemukan sinyal Wifi ID pada ruang publik di banyak lokasi namun tidak dengan IndiHome. Hal ini dikarenakan penggunaan IndiHome dikhususkan untuk pemakaian rumahan sementara Wifi ID disediakan untuk jaringan publik yang lebih luas.

Meskipun ada saja sinyal IndiHome yang terdeteksi di tempat umum, biasanya nama dari Access Point akan diubah layaknya hotspot yang tidak tersedia pengaturannya pada Wifi ID. Berdasarkan hal ini, untuk penggunaan rumahan atau perkantoran lebih cocok menggunakan IndiHome dan area publik disarankan memakai Wifi ID.


4. Perbedaan Cara Pembelian Data antara IndiHome dan Wifi.id

Pada dasarnya, Wifi ID menggunakan sistem pembelian paket untuk menikmati layanan internet yang diatur berdasarkan waktu yakni harian dengan harga 5000 rupiah, mingguan dengan harga 20.000 rupiah dan bulanan seharga 50.000 rupiah. Sementara IndiHome mengharuskan pengguna berlangganan paket bulanan agar dapat mengakses internet melalui layanannya.

Ada beberapa paket yang ditawarkan berdasarkan biaya dan bandwidth yang dipilih. Pengguna juga bisa sekaligus memilih paket layanan telepon dan TV interaktif karena dua produk ini masih dalam lingkup IndiHome. Mulai dari single play, dual play hingga triple play dapat dipilih berdasarkan kebutuhan. Untuk itu, banyak langkah yang harus ditempuh demi memanfaatkan layanan IndiHome.


5. Perbedaan dari Segi Pemasangan Perangkat

Kabar gembira bagi pengguna Wifi ID sebab tidak perlu kerepotan memasang alat untuk menggunakan layanannya. Sementara IndiHome diperlukan pemasangan perangkat yang dimulai dari pendaftaran hingga mendapatkan alatnya, pengguna Wifi ID cukup membeli voucher melalui berbagai cara seperti membelinya lewat e-wallet atau operator seluler.


Berbagai perbedaan Wifi ID dan IndiHome di atas diharapkan dapat  membantu pengguna memutuskan mana yang akan digunakan. IndiHome mencakup banyak layanan dengan harga yang lebih terjangkau. Sementara Wifi ID memiliki kuota unlimited dan dapat dibeli vouchernya sesuai hitungan hari hingga bulan.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821