BLANTERVIO103

Cara Membuka Oppo Cloud dan Segera Lakukan Pencadangan Data dengan Mudah!

Cara Membuka Oppo Cloud dan Segera Lakukan Pencadangan Data dengan Mudah!
Wednesday, August 18, 2021

Ketika memiliki banyak data penting di ponsel disarankan untuk membuat cadangannya agar data selalu aman jika ada hal buruk terjadi. Beberapa ponsel harus menggunakan aplikasi tambahan untuk menyimpan data cadangan ini, lain halnya dengan Oppo yang telah menyediakan fasilitas Cloud. Maka, dengan cara membuka Oppo Cloud yang mudah, pengguna Oppo patut berbangga hati akan fitur ini.

Cloud adalah penyimpanan awan dimana orang-orang dapat menyimpan data tanpa mengkhawatirkan kapasitas memori ponsel karena Cloud berbasis internet. Didahului oleh Apple, Oppo kini ikut meluncurkan fitur Cloud yang mulai banyak dimanfaatkan sebagai opsi penyimpanan data yang praktis. Tentunya sebelum back-up atau restore data, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu.


Mendaftarkan Akun pada Oppo Cloud dengan Mudah

Untuk dapat menikmati manfaatnya, pengguna harus registrasi pada penyimpanan awan ini terlebih dahulu agar sistem mengetahui akun mana yang datanya akan dicadangkan. Registrasi ini diperlukan alamat email yang valid untuk verifikasi. Langkah selengkapnya dapat disimak pada uraian berikut:

  • Untuk melakukan registrasi, masuk pada Oppo Cloud dengan mencarinya pada icon menu atau cari “Oppo Cloud” pada menu setting. Jika tidak menemukan menu Oppo Cloud, cukup ketikkan “Cloud” pada pencarian karena terkadang Cloud pada masing-masing tipe Oppo memiliki nama panjang yang berbeda.
  • Biasanya jika ponsel sudah terhubung dengan email, Cloud akan register secara otomatis, namun jika belum pengguna bisa memilih register terlebih dahulu.
  • Saat registrasi masukkan email aktif yang diketahui passwordnya dan masih sering digunakan.
  • Setelah memasukkan email, sistem akan mengirimkan kode “Security Verification” pada email tersebut. Untuk itu, akses email dan dapatkan kodenya.
  • Kode yang didapat masukkan pada akun Cloud tadi lalu tekan “Next”. Dengan ini proses registrasi telah selesai.
  • Selanjutnya, pengguna bisa mengubah data diri pada akun dengan menekan nickname Oppo yang mana berbeda-beda pada setiap tipe Oppo. Biasanya profil pada nickname tersebut merupakan foto email yang digunakan untuk mendaftar.
  • Pada tahap tersebut, pengguna bisa menuliskan username, menetapkan tanggal lahir, gender dan nomor smartphone aktif.
  • Nomor yang ditulis akan dikirimi kode verifikasi yang harus dimasukkan pada laman Cloud tadi.
  • Setelah kode verifikasi diinput, tekan “Bind” dan akun Cloud sudah dapat digunakan.


Mencadangkan Data dan Restore Melalui Oppo Cloud Secara Online

Setelah akun terdaftar pada Oppo Cloud, barulah pengguna dapat menyimpan data di dalamnya. Cara membuka Oppo Cloud cukup mudah yakni dengan mencari icon Cloud pada ponsel dan akun sudah dapat terbuka. Untuk mencadangkan data di dalamnya, pengguna perlu melakukan hal-hal berikut:

  • Masuk ke Oppo Cloud lewat icon di menu atau masuk ke pengaturan dan carilah Oppo Cloud.
  • Jika belum login, loginlah terlebih dahulu dengan akun Oppo Cloud yang telah dibuat sebelumnya.
  • Jika sudah masuk, pengguna dapat memilih data apa yang akan di backup. Oppo Cloud menawarkan pencadangan kontak, pesan hingga album foto yang ada pada ponsel.
  • Setelah memilih apa yang akan dicadangkan, klik pada menu yang dipilih lalu lanjutkan dengan menekan “Cadangkan ke Cloud” agar sistem dapat menyalin data tersebut.

Sementara untuk melakukan restore, cara yang dilakukan tidak jauh berbeda yakni masuk ke Oppo Cloud dan tekan pada pilihan menu data yang akan di restore. Jika pencadangan menekan “Cadangkan ke Cloud”, untuk restore data silakan tekan “Pulihkan ke Ponsel”. Maka dengan begitu, data yang telah dicadangkan dapat kembali ke ponsel tanpa perlu mengkoneksi Oppo Cloud lagi.


Itulah cara membuka Oppo Cloud hingga langkah-langkah back-up dan restore yang bisa ditiru. Karena Cloud merupakan penyimpanan awan berbasis internet, pastikan mengaktifkan jaringan data atau wifi ketika melakukan mengakses Cloud agar perintah dapat diproses.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821