BLANTERVIO103

Begini Cara Cek Kecepatan Wifi Berbasis Web Agar Speed Wifi Maksimal

Begini Cara Cek Kecepatan Wifi Berbasis Web Agar Speed Wifi Maksimal
Saturday, August 14, 2021

Kecepatan wifi digunakan buat mengunggah serta  mengunduh data dari internet. Hal tersebut menjadi  prioritas penting yang harus diperhatikan penggunanya buat mengatasi lemahnya kecepatan wifi akibat  buruknya sinyal wifi. 



Maka dari itu buat mengantisipasi permasalahan diatas, pengguna perlu tahu cara cek  kecepatan wifi agar speed wifi maksimal. Buat mengetahui cara cek kecepatan wifi agar speed wifi maksimal, ada beberapa cara yang dapat digunakan yakni :

1. Mengakses Situs Xfinity Speed Test

Xfinity Speed Test merupakan aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh comcast. Kelebihan dari situs ini yakni dapat menampilkan informasi kecepatan wifi saat download, upload serta latency. 

Selain itu, situs ini juga mampu memastikan koneksi internet dapat dipakai buat streaming video dengan resolusi 4k.

Adapun cara cek kecepatan wifi melalui situs ini yakni mengakses situs speedtest.xfinity.com terlebih dahulu. Kedua, pengguna mengklik start test serta pengguna harus menunggu sementara 3 bagian tes selesai.


2. Mengakses Situs SpeedSmart.net

Speedsmart.net merupakan aplikasi berbasis web yang dinilai lebih akurat dalam mengecek kecepatan wifi.  Alasannya, karena situs ini memakai HTML 5 sedangkan situs lainnya memakai flash atau java. 

Pengecekan kecepatan wifi situs ini berlangsung sekitar durasi 40 detik sambil memperlihatkan informasi ping, download serta upload.

Petunjuk cara cek kecepatan wifi melalui situs ini yakni pengguna harus mengakses situs tersebut terlebih dahulu. Berikutnya, pengguna mengklik tombol start speedtest. Apabila pengecekan dilakukan lagi, pengguna dapat mengklik tombol retest pada situs tersebut.


3. Mengakses Situs Ookla Speedtest

Ookla speedtest merupakan situs pengecekan kecepatan wifi yang dikembangkan oleh Ookla yang diluncurkan pada tahun 2006. Situs ini sudah dipakai oleh lebih dari 25 miliar kali. Adapun metode yang harus dilakukan bagi yang ingin memakai situs ini yakni pertama akses situs speedtest.net.

Kemudian, pengguna mengklik tombol Go. Ketika pengecekan telah selesai, maka pengguna akan ditampilkan informasi ping, download serta upload. 

Apabila pengguna ingin melakukan pengecekan lagi, maka klik tombol Go lagi. Agar pengecekan lebih akurat pada situs ini, pengguna disarankan tidak membuka situs browser lainnya.


4. Mengkses Situs Fast.com

Fast.com yakni aplikasi berbasis web yang dikembangkan oleh Netflix dengan kelebihan bisa menampilkan informasi penting selain download maupun upload. Aplikasi berbasis web ini cocok bagi penggunanya yang senang menonton film maupun serial secara streaming.

Sebab melalui situs ini pengguna bisa tahu latency dari kecepatan wifi ketika menjalankan streaming buat memastikan kestabilan koneksi internet. 

Cara cek kecepatan wifi melalui situs ini dilakukan tanpa harus mengklik tombol. Alasannya, situs tersebut akan secara otomatis melakukan pengecekan apabila pengguna mengakses situs tersebut.

Apabila pengguna ingin tahu informasi selengkapnya, pengguna bisa mengklik show more info. Maka dengan begitu informasi download maupun upload serta latency akan tampil. Selain itu, jika pengguna ingin cek kecepatannya lagi maka pengguna cukup klik simbol refresh.


5. Mengakses Situs AT&T High Speed  Internet Speed Test

AT&T high speed Internet speed test ialah aplikasi berbasis web yang pengecekan kecepatan wifinya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit. Situs ini menampilkan informasi download serta upload. 

Sebelum melakukan pengecekan dengan situs ini, pengguna harus memastikan satu-satunya yang terhubung ke internet yakni perangkat yang akan pengguna uji.

Selain itu, pengguna harus memutuskan sambungan semua perangkat lain yang terhubung pada jaringan pengguna buat menghindari wifi macet. 

Ketika semua perangkat sudah ditutup maka pengguna dapat mengakses situs https://www.att.com/support/speedtest/. Setelah itu, pengguna mengklik tombol start. Apabila pengguna ingin melakukan pengecekan lagi, maka klik tombol test again.


Itulah cara cek kecepatan wifi melalui aplikasi berbasis web. Semoga informasi diatas dapat membantu pengguna agar speed wifi nya dapat maksimal.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821