BLANTERVIO103

Cara Mengunci Wifi Indihome Agar Tidak Dibobol Secara Sederhana

Cara Mengunci Wifi Indihome Agar Tidak Dibobol Secara Sederhana
Monday, August 16, 2021

Beberapa diantara masyarakat lebih memilih menggunakan wifi indihome pribadi sebagai sumber utama penggunaan internet dan agar lebih efisien. Akan tetapi, kendala penggunaan wifi adalah terjadinya pembobolan oleh oknum yang enggan bertanggung jawab. 



Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengunci wifi indihome agar tidak dibobol secara sederhana:

1. Menggunakan Enkripsi WPA2

Penggunaan Wifi Protected Access yang biasa disebut sebagai WPA2, merupakan contoh metode keamanan yang terbaik dibanding metode lainnya. WPA2 sudah dilengkapi dengan keamanan terlengkap untuk dapat digunakan pada wifi indihome. 

WPA2 juga memiliki fungsi lainnya yaitu membuat koneksi wifi cenderung stabil sehingga tidak dapat mengganggu aktivitas saat sedang bekerja atau mengerjakan tugas secara online.

Sebenarnya masih ada enkripsi lainnya seperti Wire Equivalent Privacy (WEP), atau WPA yang lain dari generasi yang terdahulu. Namun, WPA2 sekarang ini menjadi pilihan cara yang terbaik untuk dijadikan keamanan terhadap wifi indihome yang sedang digunakan.


2. Mengganti SSID di Jaringan Wifi

Cara mengunci wifi indihome agar tidak dibobol selanjutnya adalah mengubah SSID (Service Set Identifier) pada jaringan wifi. Mengganti nama SSID dimaksudkan agar koneksi ataupun jaringan wifi terhindar dari pembobol koneksi yang enggan bertanggung jawab. 

Untuk menghindari pembobolan oleh pihak tak dikenal, sebaiknya mengganti nama SSID wifi menjadi lebih sulit dan tidak gampang ditebak orang asing.

Pemilik wifi dapat memakai nama untuk SSID yang gampang diingat, tetapi tidak gampang ditebak orang asing, misalnya dengan memakai nama samaran atau nama tempat kunjungan favorit pemilik wifi. 

Dengan begitu orang lain yang berusaha masuk dengan tanpa memasukkan kata sandi tidak dapat tersambung ke wifi.


3. Mematikan Fitur WPS

Ketiga yaitu dengan langkah mematikan fitur WPS (Wifi Protected Setup). WPS yaitu sistem keamanan yang sudah terdapat pada wifi yang dimana router tersambung ke handphone ataupun perangkat lainnya. Mematikan WPS dapat menghindari terjadinya pembobolan jaringan wifi oleh orang lain. 

Penggunaan WPS dapat memudahkan seseorang untuk mencuri jaringan wifi tanpa harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu dengan cara seseorang tersebut menggunakan aplikasi tambahan.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan seperti dicurinya jaringan wifi oleh orang tak dikenal, oleh sebab itu mematikan fitur WPS menjadi salah satu pilihan yang mudah digunakan. 

Tidak hanya itu, dengan cara mematikan fitur WPS juga diharapkan jaringan wifi dari indihome tetap dalam kondisi aman.


4. Memblokir Alamat MAC

Langkah terakhir untuk mengunci wifi indihome yaitu melakukan pemblokiran MAC address. MAC singkatan dari Media Access Control, alamat jaringan atau dengan kata lain kode unik yang pada dasarnya telah ada di perangkat elektronik. 

Pemilik wifi bebas mengatur perangkat mana yang diizinkan memakai koneksi wifinya dan kemudian memblokir alamat MAC yang dipilih sehingga perangkat yang tak dikehendaki tidak bisa terhubung ke koneksi wifi lagi.

Caranya mudah, pertama yaitu masuk ke akses router indihome di 192.168.1.1, lalu membuat username dan kata sandi. Kedua, pada tab ‘status’, pilih ‘LAN status’ kemudian pilih ‘DHCP clients list’, copy alamat MAC yang hendak diblokir. 

Ketiga pilih tab ‘security’ dan ‘firewall control’ dibuat enable. Terakhir, tetap di tab ‘security’, pilih ‘MAC filtering’.


Itu dia empat cara mengunci wifi indihome agar tidak dibobol secara sederhana yang dapat dengan mudah dilakukan. 

Pada dasarnya penggunaan jaringan wifi pun dibatasi hingga kuota tertentu, oleh karena itu penting sekali untuk menjaga jaringan wifi agar tetap dalam kondisi aman dan tidak dapat dicuri orang yang tidak dikehendaki pemilik wifi.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821