BLANTERVIO103

Wifi id vs Indihome, Ini Perbedaannya

Wifi id vs Indihome, Ini Perbedaannya
Thursday, August 12, 2021

Layanan wifi semakin mengemuka di era digital ini. Jenis wifi seperti wifi id dan indihome juga menarik bagi pemakainya. Alasan kebutuhan internet untuk belajar atau bekerja adalah keuntungan penyedia wifi. Namun, banyak yang belum tahu apa saja perbedaannya. 



Maka, inilah 5 perbedaan antara wifi id vs wifi indihome :

1. Harga

Perbedaan pertama yang terlihat jelas antara wifi id dan wifi indihome adalah soal harga atau tarif biaya pemakaiannya. Zaman serba internet tidak dipungkiri sebagian kalangan memilih antara wifi id atau wifi indihome. 

Melihat harga, pilihan bisa jadi jatuh ke wifi id. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab biaya yang dikenakan saat menggunakan fasilitas wifi indihome terpaut lebih mahal daripada wifi.id.

Kisaran harga yang biasa ditawarkan pada wifi id adalah maksimal lima ratus ribu rupiah. Kecepatannya melampaui sampai 20 mbps. Berbeda sekali, jika memakai wifi indihome. Hanya sampai kecepatan 10 mbps, akan dikenakan harga sebesar tiga ratus ribu rupiah. 

Perbedaan mencolok soal harga juga didukung dengan pemakaian wifi.id yang lebih tanpa batas dalam mengaksesnya.


2. Pemakaian

Soal harga, wifi id lebih menguntungkan pengguna, tetapi bagaimana dari segi pemakaian? Arti pemakaian ini bisa dimaknai dua hal, pertama, jumlah pengguna, dan kedua kuota internet. Ditinjau dari jumlah pengguna, wifi.id sangat cocok digunakan di area publik, seperti perusahaan, sekolah, dan perkantoran.

Sedangkan, untuk wifi indihome tergolong pemanfaatan yang bersifat privat atau hanya ditempatkan di rumah, dan kecil pengguna. 

Namun, dilihat dari pemakaian kuota internet, wifi id lebih murah daripada wifi indihome, sebab pemakaian yang tanpa batas hanya dengan tarif tertentu saat pemasangan. Jika wifi indihome, pemakaian internet mempengaruhi tariff atau biaya yang dikeluarkan.


3. Jenis Produk

Ketiga, adalah perihal jenis produk yang ada di wifi id dan indihome. Produk indihome sebagaimana definisi dari wifi indihome, yaitu merupakan sebuah fasilitas bersifat digital yang memberikan wadah lebih luas kepada pengguna akan produk yang dihasilkan. 

Produk-produk tersebut berupa akses internet, TV interaktif, dan juga telepon rumah. Namun, wifi id tidak sebanyak itu produknya, hanya terbatas pada fasilitas tunggal yang mana sebagai fasilitas akses internet saja tanpa ada tambahan lainnya.


4. Pembelian

Selama pemakaian internet, patokan tarif harus dipikirkan oleh pengguna. Terkait besaran yang harus dibayar, maka pengguna bisa memilih antara wifi id vs indihome. Berlangganan setiap bulan harus dilakukan bagi pengguna indihome agar bisa terus mengakses internet. Adapun biayanya dibedakan pada besar ukuran atau bandwith serta produk menarik yang ditambah.

Biasanya tersedia paket single, dual dan triple play. Single play adalah layanan yang menyediakan produk internet saja, sedangkan dual play tersedia internet dan tv interaktif atau telepon rumah. Triple play, adalah tersedia ketiga produk tersebut yaitu, tv interaktif, telepon rumah, dan internet. 

Paketan ini terbentang jangka waktu antara harian bahkan bulanan. Sementara untuk Wifi id hanya terbatas pada pemakaian bulanan dengan besaran yang sudah ditentukan oleh penyedia layanan jasa.


5. Pembelian

Perbedaan yang mencolok terakhir adalah tentang pemasangannya. Pemasangan wifi id dinilai lebih mudah dan tidak ribet dibandingkan dengan wifi indihome. Hal ini dikarenakan, ada langkah-langkah yang harus dilalui untuk memasang wifi indihome. 

Pertama mulai dari mendaftar, setelah itu memeriksa ketersediaan layanan, dan terakhir baru bisa memasang alatnya.

Berbeda dengan wifi id, untuk menikmati fasilitas, cukup hanya membeli semacam voucher di tempat Acces point, atau lewat operator digital, contohnya LinkAja. 

Selain itu, wifi.id tidak perlu menempatkan tempat khusus untuk memasangnya kecuali saat ingin jaringan bersifat public, dengan membutuhkan Wifi Manage Service. WMS tadi difungsikan agar layanan publik tapi memiliki SSID tertentu seperti wifi indihome. Namun, terdapat sedikit masalah pada tingginya harga yang ditawarkan.


Nah, lima perbedaan antara  sudah wifi id vs indihome sudah diketahui. Sekarang pengguna bisa memilih diantaranya dengan pertimbangan yang matang. Artikel tadi, semoga bisa membantu untuk memantapkan pilihan wifi id atau indihome.

 

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821