BLANTERVIO103

Bikin Ibadah Tentram dan Aman, Berikut 6 Cara Melihat Kiblat di HP dengan Mudah

Bikin Ibadah Tentram dan Aman, Berikut 6 Cara Melihat Kiblat di HP dengan Mudah
Sunday, August 22, 2021

Salah satu syarat sah shalat bagi umat Islam adalah menghadapkan badan ke arah kiblat. Saat pergi keluar, banyak orang tidak mengetahui posisi kiblat yang menunjuk pada Ka’bah di Mekah, Arab Saudi tersebut. Arah kiblat berpedoman pada arah barat laut. Kini menemukan kiblat bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya cara melihat kiblat di HP yang dapat dijalankan dengan gampang.

Cara modern dapat dilakukan untuk mencari posisi arah kiblat dengan tepat dengan bermodalkan Smartphone. Pencarian arah kiblat dengan cara ini sangat gampang untuk diterapkan. Menemukan kiblat di HP bisa dijalankan memakai bantuan website atau aplikasi. Berikut beberapa cara melihat kabah yang bisa dilakukan dengan HP :

1. Memakai GPS

Untuk menemukan kiblat  pengguna bisa memanfaatkan GPS yang ada pada HP. GPS memperoleh informasi dari berbagai satelit. Letak titik koordinat ka’bah bisa diketahui secara detail. Tidak usah bingung, cara ini cukup akurat sebagai solusi menemukan arah kiblat. Pastikan koneksi terhubung lancar agar arah kiblat bisa ditentukan dengan benar.


2. Via Website Qibla Finder

Apabila pengguna kesusahan membaca kiblat via GPS, maka cara kedua ini mampu dilakukan untuk melihat arah kiblat dengan cara membuka website. Langkah pertama adalah pengguna membuka situs https://qiblafinder.withgoogle.com/intl/en/desktop. 

Pengguna akan ditampilkan halaman utama website tersebut. Kedua, tekan let’s go dan lakukanlah kalibrasi kompas, hingga terbentuk angka delapan sesuai yang diperintahkan pada tampilan. Nantinya, pengguna akan disajikan informasi seputar arah kiblat di kompas digital. Cara ini sangat gampang dilakukan tanpa tambahan aplikasi.


3. Cari Arah Kiblat

Banyak aplikasi yang dipakai untuk mencari arah kiblat. Salah satu aplikasi yang bisa menginformasikan tentang arah kiblat yang paling populer yakni Cari Arah Kiblat. Aplikasi ini sangat populer hingga memperoleh pengunduh mencapai 10 juta lebih. Banyak keunggulan yang disediakan diantaranya mampu melacak ka’bah dengan menggunakan GPS atau lokasi pengguna dimasukkan.

Aplikasi ini bahkan hadir dengan berbagai Bahasa, serta dapat juga mengingatkan  waktu sholat, hingga bisa memilih fikih berdasarkan mazhab masing-masing. Cari arah kiblat  dikembangkan oleh Quran Reading ini mampu dipasang di Smartphone Android  dengan kapasitas penyimpanan sebesar 32 Mb.


4. Muslim Pro

Cara melihat kiblat di HP yang paling terkenal yakni  aplikasi Muslim Pro. Aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk menemukan arah kiblat dengan baik. Banyak fitur yang cukup komplit dan unik yang disediakan mulai dari  pelacak masjid paling dekat, berbagai kartu ucapan hari besar Islam, kumpulan doa serta dzikir, dan menemukan warung makan halal, dan lain-lain. 

Aplikasi ini bahkan telah diklaim mempunyai pengguna hingga 110 juta. Untuk menjalankan aplikasi ini hanya membutuhkan memori penyimpanan sebesar 26 Mb.


5. Salaam

Aplikasi Salaam ini mampu dimanfaatkan sebagai penunjuk arah kiblat. Fitur yang disediakan sangat komplit mulai dari menunjukkan arah kiblat, panduan untuk berhaji juga umroh, mengingatkan waktu sholat, dan lain-lain. Bahkan, aplikasi ini telah memperoleh sertifikat dari Menteri Agama Indonesia. 

Jumlah perolehan pengunduhnya mencapai 5 juta lebih. Aplikasi ini mampu dipasang dengan mempersiapkan kapasitas penyimpanan sebesar 33 Mb.


6. Qibla Compass

Aplikasi besutan Naaz Apps ini memberikan informasi tentang arah kiblat. Menariknya, aplikasi ini bisa dijalankan secara offline. Pengunduh aplikasi ini mencapai 1 juta lebih. Untuk menjalankan aplikasi ini tidak memerlukan banyak memori penyimpanan karena hanya berukuran 4,0 Mb.


Itulah 6 cara melihat kiblat di HP yang dapat dijalankan dengan gampang dan akurat. Pengguna bisa memilih cara manual atau memakai cara yang lebih modern dengan bantuan aplikasi atau website. Jadi, tidak usah susah lagi untuk mencari arah kiblat. Semoga bermanfaat!

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821