BLANTERVIO103

Harus Tahu, Inilah Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Berbunyi

Harus Tahu, Inilah Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Berbunyi
Tuesday, August 24, 2021

Hardisk merupakan media yang berguna untuk menyimpan data dalam jumlah yang sangat banyak. Akan tetapi, ada kalanya hardisk rusak dan mengeluarkan bunyi-bunyian aneh. Bunyi ini tentunya terdengar mengganggu. 



Kerusakan ini dapat disebabkan oleh umur hardisk yang sudah tua, virus, maupun benturan atau goncangan. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki hardisk rusak berbunyi :

Melakukan Defrag

Cara memperbaiki hardisk rusak berbunyi yang pertama adalah melakukan defragmentation atau defrag. Tindakan defrag bertujuan untuk menata berbagai file dalam hardisk sehingga susunan sistemnya juga akan menjadi rapi. 

Tahapan pertama untuk melakukan defrag adalah dengan menghapus file yang tidak terpakai, Recycle Bin, History Browser, dan file pada hardisk. Kemudian, lakukan back up pada sistem dengan membuka menu Start, System, Advance, Performance, lalu Setting.

Pilih opsi No pada menu Virtual memori, kemudian klik opsi Set. Lalu tutup semua program dan matikan koneksi internet. Defrag dapat dimulai dengan membuka menu Disk Defragmenter setelah mengklik Start, All Programs, Accessories, dan System Tool berturut-turut. 

Proses defrag akan berlangsung dan file akan tersusun dengan rapi ke posisi awalnya.


Menggunakan AOMEI Partition Wizard

AOMEI Partition Wizard adalah salah sebuah software yang untuk melakukan management partisi disk. Partisi-partisi ini berfungsi untuk menampung data apabila dilakukan install ulang pada Windows, karena proses install ulang dapat menghapus semua data di partisi C:/. 

Setelah diinstall, software AOMEI juga dapat digunakan untuk memperbaiki hardisk yang berbunyi dengan fitur Wipe.

Sebelum melakukan Wipe, data sebaiknya diback up dahulu. Cara menggunakan fitur ini cukup dengan membuka aplikasi AOMEI, lalu klik kanan pada nama hardisk yang ingin diperbaiki. Kemudian pilihlah opsi Wipe Hard Drive. 

Akan muncul beberapa pilihan metode Wipe, yaitu Fill sectores with zero, Fill sections with random data, DoD 5220.22-M, dan Gutmann. Pilihlah opsi sesuai kebutuhan. Lalu klik opsi Apply pada Toolbar di sebelah kiri atas layar, dan proses Wipe untuk menghapus data hardisk yang rusak.


Mengganti Slider Head dan Platter

Slider pada hardisk dapat menjadi bengkok, dan bengkokannya ini bisa menggores platter atau piringan. Akibatnya, akan muncul suara derit yang mengganggu. Langkah pertama untuk memperbaikinya adalah membuka semua baut pada hardisk. 

Kemudian congkel lah actuator menggunakan obeng, lalu tariklah plat ribbon dan slider head keluar dari tatakannya. Baut spindle juga harus dibuka dan cakram harus diambil dari posisinya semula. Slider head baru yang akan dipakai haruslah bagus dan tidak terbakar.


Mengetuk Casing

Cara memperbaiki hardisk rusak berbunyi ini sangat sederhana. Seperti pada gawai lawannya, mengetuk hardisk juga dapat membantu untuk mengatasi kerusakan dan bunyi. Pada laptop, kerusakan bisa diperbaiki dengan membalikkan laptop yang telah mati terlebih dahulu. 

Periksalah letak hardisk pada casing, lalu ketuk casing tempat hardisk tersebut dengan pelan. Lambat laun bunyi aneh dari hardisk akan bisa hilang. 

Namun, perlu diperhatikan untuk tidak mengetuk terlalu keras agar bunyi malah tidak semakin keras. Langkah yang sama juga dapat diterapkan pada komputer dan hardisk eksternal.


Melakukan Format

Format merupakan salah satu cara yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi bunyi pada hardisk. Sebelum hardisk diformat, semua data sebaiknya diback up terlebih dahulu agar tidak terhapus. Format hardisk dapat dilakukan dengan mudah melalui menu Windows Explorer.

Pilihlah opsi This PC lalu klik pada nama Drive yang akan diformat. Setelah nama Drive diklik, akan muncul tulisan Format yang bisa diklik. Pengguna kemudian bisa memilih opsi Quick Format jika ingin proses tersebut berlangsung cepat. 

Lalu pilih Start, dan format akan berlangsung untuk menghapus isi hardisk yang bermasalah.


Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bunyi pada hardisk. Hardisk yang rusak tentu akan membuat pemiliknya repot karena menyimpan banyak data penting. Bunyi yang mengganggu harus segera diperbaiki agar hardisk awet.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821