BLANTERVIO103

Cara Memperbaiki Jaringan XL Bagi Pengguna Baru

Cara Memperbaiki Jaringan XL Bagi Pengguna Baru
Sunday, August 22, 2021

XL merupakan salah satu operator yang bersinar di kalangan masyarakat umum. Tidak hanya itu, selama masa pandemi banyak masyarakat umum terutama golongan mahasiswa menggunakan jaringan XL, karena terdapat paket hemat belajar. 



Akan tetapi, pada saat penggunaan operator tidak menutup kemungkinan terjadi gangguan jaringan. Berikut adalah cara memperbaiki jaringan XL bagi pengguna baru :

1. Cek APN (Acces Point Names)

Cara memperbaiki jaringan XL bagi pengguna baru yang pertama adalah dengan mengecek APN (Acces Point Names). Bagi pengguna android tentu tidak asing dengan APN. 

Perangkat ini adalah sebuah gerbang yang menjembatani antara jaringan GSM, GPRS, 3G, dan 4G yang berfungsi untuk perangkat android tersambung dengan internet.

Cara untuk mengecek APN cukup mudah, pengguna hanya perlu masuk ke menu pengaturan, lalu pilih koneksi, kemudian pilih jaringan, setelah itu pengguna akan melihat menu APN. 

Saat di dalam menu APN, pengguna hanya perlu mengecek APN dan Nama APN nya saja, agar kualitas jaringan semakin baik dan bagus.  


2. Restart Handphone

Berikutnya Cara memperbaiki jaringan XL bagi pengguna baru, yang paling umum adalah dengan restrart handphone. Cara ini cukup berpengaruh untuk memperbaiki kualitas jaringan, terutama jika pengguna sudah seharian memainkan handphone sampai panas.

Tentunya hal tersebut mempengaruhi kondisi jaringan pada perangkat. Untuk itu, saat pengguna sudah merasa jaringan XL bermasalah dan handphone sudah terasa panas, pengguna bisa restart handphone atau jika tidak terlalu mendesak, bisa diistirahatkan dulu handphone nya.


3. Membersihkan History Browser

Cara memperbaiki jaringan XL bagi pengguna baru yang ketiga adalah membersihkan riwayat pencarian di browser. Salah satu alasan kenapa diperlukannya pembersihan riwayat pencarian adalah, karena apabila ponsel terlalu penuh dengan file pencarian, terutama file pencarian yang bersifat Junk, maka kinerja ponsel akan menurun.

Menurunnya kinerja ponsel akan berpengaruh pada kualitas jaringan internet, hal ini serupa dengan jika kondisi ponsel terlalu panas. Untuk itu dibutuhkan pembersihan riwayat pencarian. 

Cara untuk membersihkan history cukup mudah, pengguna hanya tinggal masuk ke menu browser kemudian klik history, setelah itu hapus data history.


4. Pilih Jaringan Khusus 4G

Cara memperbaiki jaringan XL bagi pengguna baru yang keempat adalah dengan memilih jaringan khusus 4G. Pemilihan jaringan khusus 4G diperlukan, karena pada beberapa jenis ponsel masih tersedia fitur 2G dan 3G. 

Jadi semisal kartu Xl yang digunakan oleh pengguna adalah 4G, tapi jaringan yang digunakan di ponsel adalah 3G, maka kekuatan sinyal akan menurun. 

Cara untuk memilih jaringan 4G cukup mudah, pengguna hanya tinggal masuk ke menu pengaturan. Lalu pilih More, kemudian klik mobile network. Setelah masuk ke menu mobile network, kemudian pilih Preferred Network Type, lalu pilih LTE/WCDMA/GSM. 

Setelah semua langkah-langkah tersebut dilakukan, maka ponsel sudah dalam keadaan 4G.


5. Gunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara memperbaiki jaringan XL bagi pengguna baru yang kelima adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi penguat sinyal. Kegunaan utama aplikasi penguat sinyal adalah untuk menjaga kualitas jaringan operator tetap dalam kondisi yang kuat.

Contoh aplikasi penguat sinyal seperti Network Sinyal Info. Aplikasi tersebut bisa membantu menemukan lokasi sinyal terbaik, tidak hanya itu aplikasi ini juga memberikan informasi sinyal yang lebih akurat dibandingkan informasi yang ada pada notifikasi bar Android.


6. Hubungi Call Center XL

Semisal semua Cara memperbaiki jaringan XL bagi pengguna baru dari poin satu sampai dengan lima sudah dilakukan, namun jaringan tetap bermasalah, maka, pengguna operator XL bisa menghubungi call center XL terkait permasalahan sinyal. 

Pengguna bisa menghubungi call center di nomor (021) 57959817. Tujuan menghubungi layanan pelanggan adalah untuk memastikan alasan kenapa jaringan XL bermasalah.


Sekian informasi terkait cara memperbaiki jaringan XL bagi pengguna baru. Sebelum pengguna XL menggunakan cara-cara diatas pastikan bahwa seluruh fitur handphone sudah memadai dan memuat 4G, sesuai dengan informasi diatas

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821