BLANTERVIO103

Cara Memperbaiki Baterai Headset Bluetooth yang Tidak Bisa Dicharge

Cara Memperbaiki Baterai Headset Bluetooth yang Tidak Bisa Dicharge
Saturday, August 7, 2021

Kehadiran headset bluetooth menjadi angin segar bagi para pengguna headset yang sering bergelut membuka kabel semrawut ketika headset akan digunakan. Hilangnya kabel di headset bluetooth membuat benda ini perlu daya untuk bisa menyala. 



Namun jika tiba-tiba headset tersebut tidak bisa dicharge, jangan panik dulu coba beberapa cara memperbaiki baterai headset bluetooth yang tidak bisa dicharge.

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki baterai headset bluetooth yang tidak bisa dicharge mari cari tahu dulu kebiasaan umum yang menyebabkan kerusakan tersebut. Pertama bisa karena terlalu sering mengisi dan yang kedua terlalu lama mengisi daya atau lupa mencabut ketika daya penuh. 

Dua kebiasaan itu jangan dilakukan lagi ya. Yuk sekarang kita bahas cara memperbaikinya :

1. Mengganti Kabel Charger

Alat charge yang paling riskan rusak adalah kabel. Untuk mengecek atau membuktikan bahwa kabel headset bluetooth tidak rusak coba dengan kabel lain. 

Pada umumnya type port headset bluetooth adalah USB yang banyak digunakan smartphone. Demi keamanan headset bluetooth, gunakan kabel charge yang berkualitas atau asli.

Kabel charger rusak biasanya terjadi jika sering bepergian membawa kabel charge tanpa menggulung dengan rapi. Bisa jadi elemen di dalam kabel tertekuk dan putus karena digulung dengan tidak rapi. Jika tetap perlu membawa kabel saat bepergian gunakan tips ini untuk melindungi kabel :

  • Gulung kabel dengan rapi.
  • Simpan di tempat yang tidak ada barang lain di disimpan.
  • Bila perlu gunakan pengaman kabel.

2. Mengganti Kepala Charger

Cara memperbaiki baterai headset bluetooth yang juga paling mudah dilakukan adalah dengan mengganti kepala charger. Kepala charger sering kali rusak karena setelah mengisi daya biasanya tidak dicabut sehingga rawan konslet. 

Gunakan juga kepala charger yang ori agar mengurangi resiko kerusakan headset bluetooth atau bahan kepala charger itu sendiri.


3. Service port

Port sebuah benda elektronik biasanya rusak karena terlalu sering dicabut pasang. Selain itu bisa juga rusak karena usia barang sudah lama sehingga terjadi penyusutan kualitas benda. Cara memperbaiki baterai headset bluetooth dengan kerusakan port cukup rumit dan tidak bisa dilakukan oleh orang awam.

Alangkah lebih efisien jika headset bluetooth dengan kerusakan port dibawa ke service center. Guna mengurangi kerusakan yang lebih parah, mintalah spare part original agar tahan lama. Jangan lupa jika masih ada garansi untuk mengklaim garansinya.


4. Mengganti Headset Bluetooth Baru

Jika ternyata setelah dicoba-coba ketiga cara di atas tidak bisa digunakan mungkin alasan rusaknya adalah baterai atau headset bluetooth itu sendiri. Solusinya hanya satu yaitu bisa dilembiru alias lempar beli yang baru. 

Meski pun perlu menguras dompet dalam namun ada kepuasan memiliki barang baru. Nah jika sudah memutuskan untuk membeli baru maka perhatikan hal ini ya sebelum membeli headset bluetooth baru:

  • Beli merek ternama.
  • Baca review orang lain tentang produk tersebut.
  • Periksa kartu garansi.
  • Validasi lokasi klaim garansi jika terjadi sesuatu pada alat.

Kalau sudah beli yang baru jangan lupa untuk merawat headset bluetooth dengan baik. Caranya dengan mengisi daya headset bluetooth ketika tanda baterai habis berbunyi, cabut ketika lampu indikator penuh menyala, cabut alat charger ketika tidak dipakai dan simpan rapi charger jika sering dibawa-bawa serta pilih kabel yang pendek.


Semoga cara memperbaiki baterai headset bluetooth yang tidak bisa dicharge di atas bisa membantu. Jaga baik-baik barang milikmu agar tidak cepat rusak. Selamat mencoba memperbaiki.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821