BLANTERVIO103

Sinyal Telkomsel Tidak Bersahabat? Coba Cara Memperbaiki Sinyal Telkomsel Ini!

Sinyal Telkomsel Tidak Bersahabat? Coba Cara Memperbaiki Sinyal Telkomsel Ini!
Friday, August 6, 2021

Di era digital saat ini, sinyal menjadi prioritas penting dalam setiap kondisi. Hilangnya sinyal membuat komunikasi menjadi terhambat baik provider apapun. Telkomsel termasuk salah satu provider yang sangat banyak digunakan. Bagaimana jika sinyal telkomsel mendadak hilang atau tidak stabil?



Cek cara memperbaiki sinyal telkomsel berikut ini :

1. Mengaktifkan Data Seluler

Pastikan data seluler di perangkat handphone sudah aktif. Jika data seluler tidak aktif, maka akan kesulitan dalam berkomunikasi. Jika sudah dalam kondisi ON, cobalah untuk mengoffkan paket data kemudian hidupkan kembali paket datanya. 

Pastikan data seluler pada jaringan 4G. Jika masih tidak muncul, segera coba cara lainnya.


2. Refresh Jaringan dengan On-Off Mode Pesawat

Cara kedua adalah menggunakan fitur mode pesawat yang ada di perangkat. Fitur ini jarang digunakan namun memiliki manfaat untuk dapat memancing sinyal yang hilang menjadi muncul kembali. Hidupkan mode pesawat selama lima menit, kemudian matikan kembali mode pesawat. 

Tunggu hingga sinyal muncul kembali, beberapa menit kemudian jaringan akan kembali normal. Jika masih gagal, coba cara lainnya.


3. Setting Ulang APN

Jika jaringan masih belum muncul juga, coba atur ulang APN pada handphone dengan mengatur ulang jaringan. Apabila yang digunakan adalah handphone android, maka buka menu pengaturan, masuk ke menu Mobile Network Setting, pilih Access Point Name, dan pilih New APN. 

Untuk jenis iOs bukalah menu Settings, masuk ke Cellular Data Options, dan pilih menu Cellular Data Network to fill your APN Settings. Adapun berikut rincian APN TELKOMSEL :

Name APN : Telkomsel Internet

APN Akses : telkomsel 

Proxy : kosongkan

Port : kosongkan 

Username : wap

Password : wap123

Server : kosongkan

MMSC : kosongkan

MMS Proxy : kosongkan

MCC : 510

MNC : 10

Authentication type : PAP

APN type : default,supl


4. Pindah Lokasi

Lokasi juga sangat menentukan kekuatan sinyal. Pada daerah yang padat penduduk, biasanya kekuatan sinyal berkurang. Pada lokasi gunung juga hanya provider tertentu saja yang mendapatkan jaringan. Cobalah keluar pintu ataupun keluar ruangan dan cari tempat dimana kekuatan sinyal berada. 

Biasanya jaringan akan kuat di tempat yang lebih terbuka. Jaringan akan semakin kuat jika lokasi menara berada dekat lingkungan kita.


5. Mengecek Situs Web dan Aplikasi yang Sedang Dikunjungi

Apabila jaringan hilang ketika mengakses salah satu website, cobalah cek situs web lainnya. Jika situs lain dapat diakses, maka bukalah situs web dengan dengan aplikasi lain ataupun browser lainnya. 

Misalnya ketika membuka dengan google chrome mengalami kendala, coba buka dengan mozilla firefox. 


6. Cobalah Melakukan Panggilan Keluar

Jaringan yang hilang bisa jadi karena kartu berada dalam masa tenggang bahkan sudah tidak aktif. Lakukan panggilan keluar untuk mengecek apakah kartu provider masih aktif atau tidak. Jika panggilan tidak dapat dilakukan, berarti kartu provider sudah tidak aktif atau terblokir.


7. Cek Pulsa dan Kuota

Pastikan pulsa dan kuota yang dimiliki dalam jumlah yang cukup. Pulsa dan Kuota merupakan poin penting ada tidaknya jaringan. Jika kuota dan pulsa habis, segala aktivitas komunikasi tidak dapat dilakukan. 

Isilah pulsa dan kuota pada nomor yang dimiliki dan cek ulang apakah sudah lancar kembali atau belum.


8. Menghubungi Customer Service

Apabila semua cara memperbaiki sinyal telkomsel telah dicoba namun sinyal tidak dapat muncul, segeralah hubungi customer service dan adukan keluhan yang dialami. Customer Service akan memberikan penjelasan detail terkait masalah sinyal yang dialami. 

Hubungi customer service melalui sosial media resmi seperti twitter, facebook, maupun call center langsung. 


Dari berbagai cara memperbaiki sinyal telkomsel yang ada, lakukan dan coba satu persatu. Semoga beberapa langkah yang dijelaskan di atas dapat membantu sinyal muncul kembali. Pilihlah provider yang memiliki jaringan kuat dan cek secara berkala perangkat agar kondisi jaringan dapat tetap stabil.



Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821