BLANTERVIO103

Cara Mengembalikan Wifi yang Hilang di Android

Cara Mengembalikan Wifi yang Hilang di Android
Sunday, August 8, 2021

Kadangkala menjengkelkan apabila ponsel tidak bisa tersambung dengan wifi saat penting-pentingnya ataupun ponsel tidak dapat mengembalikan wifi yang biasa digunakan. Jika ponsel android mengalami hal demikian, berikut beberapa cara mengembalikan wifi yang hilang di android yang bisa digunakan :

Memeriksa Kapasitas RAM dan Storage

Penyebab yang membuat hp android tidak bisa tersambung wifi salah satunya karena kapasitas RAM yang penuh, ini nantinya dapat memperlambat kinerja ponsel itu sendiri. Hal yang dilakukan pertama coba cek lokasi penyimpanan hp.



Jika penyimpanan sudah penuh lakukan penghapusan beberapa foto, video atau file yang sudah tidak terpakai. Pastikan hapus beberapa file yang sudah tidak terpakai dapat mengurangi keterlambatan kinerja hp android. Setelah berhasil, kembali coba menyalakan pengaturan wifi pada hp android.


Mengganti Sambungan menjadi Mode Pesawat

Pada kinerja hp secara formal, ponsel akan menangkap jaringan wifi yang berada pada sekitarnya. Jika suatu saat pengguna pergi, pastinya jaringan wifi tersebut tidak selalu tersedia di lokasi yang baru karena mempunyai radius masing-masing. 

Di situasi ini kadang handphone tidak mampu melakukan kinerjanya dalam menyediakan jaringan wifi.

Jika pada penggunaan cara yang pertama masih tidak dapat mengembalikan wifi yang hilang, lakukan percobaan dengan menyalakan mode pesawat. Dengan menyalakan mode pesawat maka jaringan sinyal data akan nonaktif. 

Tunggu sampai 5 menit setelah menonaktifkan mode pesawat, untuk menormalkan kinerja hp android. Kemudian nyalakan kembali mode normal untuk mendapatkan koneksi wifi.


Matikan Untuk Beberapa Saat/ Mulai Ulang Ponsel

Cara mengembalikan wifi yang hilang di android selanjutnya adalah dengan mematikan ponsel untuk beberapa saat. Ataupun jika android mempunyai fitur mulai ulang bisa dipilih untuk mengembalikan wifi.

Cara ini cukup efektif dan sering dilakukan untuk mengatasi wifi yang hilang, pertama matikan ponsel dan tunggu selama 5-10 menit. Kemudian nyalakan kembali hp android dan coba melakukan penyambungan dengan wifi yang terhubung.


Lupakan Wifi Router dari Daftar Ponsel

Cara keempat untuk mengatasi hilangnya wifi pada hp android adalah dengan melupakan jaringan wifi router tersebut. Pada kondisi normal, Wifi yang pernah tersambung pada ponsel akan secara otomatis tersambung kembali. 

Ini berlaku jika tidak mengalami perubahan kata sandi dan berada pada radius yang bisa dijangkau wifi.

Jika pada kenyataannya tidak bisa tersambung, lakukan lupakan wifi router. Untuk caranya pertama pastikan wifi sudah menyala. Selanjutnya klik ikon disamping nama jaringan wifi yang biasanya tersambung dengan ponsel, dan klik “lupakan jaringan ini”. 

Kemudian klik kembali nama jaringan wifi yang akan disambungkan dan masukkan kata sandi yang sesuai, maka wifi akan kembali terhubung dengan ponsel pengguna.


Memeriksa Wifi Router

Salah satu kendala yang dialami saat hp android tidak dapat tersambung wifi mungkin dikarenakan kondisi jaringan router wifi yang sedang tidak stabil. Jika kendala ini terjadi, cek kondisi router, lakukan restart router. 

Lakukan pelepasan kabel router, tunggu beberapa saat dan sambungkan lagi dengan listrik, dan tekan tombol on pada router.

Apabila cara ini masih belum memberikan jaringan internet yang stabil, hubungi penanggung jawab wifi yang digunakan. 

Jika sumber hilang wifi berasal dari jaringan router maka lakukan kembali proses menyalakan mode wifi pada hp android, dengan begitu akan kembali menyambung pada wifi jika kondisi jaringan telah stabil.


Demikian beberapa cara mengembalikan wifi yang hilang di android yang bisa dilakukan pengguna. Jika memang masih belum menyambung wifi, hp bisa dikonsultasikan ke konter untuk penanganan yang lebih serius. Semoga bermanfaat.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821