BLANTERVIO103

Cara Memperbaiki SD Card yang Tidak Terbaca, Silakan Dicoba

Cara Memperbaiki SD Card yang Tidak Terbaca, Silakan Dicoba
Thursday, August 26, 2021

Paling tidak ada lima cara memperbaiki SD Card yang tidak terbaca baik lebih dahulu memformat kartu tersebut ataupun tidak. Semua patut dicoba sebab SD Card yang berupa memori luar atau external bisa jadi mengandung informasi yang sangat diperlukan.

Saat kartu SD tidak dapat dibaca, seseorang akan kehilangan informasi penting itu. Untuk kembali mengakses informasi penting cobalah lakukan salah satu dari cara berikut :

1. Membuat Bersih Memori Eksternal

Inilah cara memperbaiki SD Card yang tidak terbaca yang paling sering dilakukan kebanyakan orang. Pengguna tinggal mengeluarkan memori eksternal dari ponsel yang telah dimatikan. 

Gunakan penghapus (eraser) pencil biasa berwarna putih berbentuk persegi panjang untuk menyingkirkan kotoran dari lempeng dari tembaga dengan warna emas di kartu SD. Setelah clear, kembali selipkan kartu SD pada handphone. Periksa apa kartu SD telah dapat dibaca.


2. Memformat Sistem Android

Cara ini dilakukan dengan menghilangkan data yang termuat di Kartu SD. Konsekuensinya data yang berada di dalam kartu hilang, tetapi kartu akan dapat dipergunakan kembali. Masuk ke pilihan penyetingan lalu pilih penyimpanan. 

Akan keluar beberapa pilihan dan pemakai mesti memilih "Hapus Kartu SD". Sesudah itu kartu SD akan kosong dan tidak berbeda dengan kartu yang baru. SD card eksternal kemudian dapat dipergunakan kembali.


3. Mengecek Error

Cara memperbaiki SD Card yang tidak terbaca berikutnya dilakukan dengan mengkoneksikan handphone Android pada komputer jinjing ataupun desktop lewat kabel data. Hubungkan system Android pada model penyimpanan Mass, jangan modus transfer media. Open Explorer dari system Windows, klik sebelah kanan drive memory card, pilih properties diikuti "alat" dan cek error. 

Nantikan sampai pengecekan keluar tulisan finish. Setelah selesai, jangan lupa di cek apa kartu SD-nya telah dapat dibaca. Jika belum bisa bisa diulang lagi atau mempergunakan cara lainnya.


4. Memformat Lewat Desktop

Bila Kartu SD bisa dibaca pada desktop namun saat dipindah ke handphone Android tidak bisa dibaca, pengguna bisa mencoba memindahkan isi kartu SD di komputer lalu dikembalikan lagi. Tahapannya sebagai berikut: pengguna membuat new folder pada hardisk lalu diberi nama untuk back up (tempat menyimpan temporary) isi kartu SD yang tidak terbaca.

Salin isi kartu SD ke dalam new folder itu. Langkah selanjutnya memformat kartu memori, setelah semua data di copy. Setelah diformat pindahkan temporary data berada di dalam folder ke memori yang telah diformat. Tahap terakhir adalah memeriksa apakah kartu SD telah terbaca.


5. Menggunakan Software DiskInternals Uneraser

Bila cara memperbaiki SD card yang tidak terbaca di atas tidak berhasil, pemakai boleh mencoba perangkat lunak bernama DiskInternals Uneraser. Perangkat Lunak ini spesial diciptakan guna memulihkan Kartu SD yang tidak dapat terbaca. Cara memakainya setelah diinstal ialah memilih Next pada Pemulihan Wizard yang terbuka langsung.

Pada monitor terpampang semua isi SD Card yang terkoneksi di komputer, pilih satu SD Card yang mau dipulihkan , lalu klik" Lanjut", Jika ditanya macam file yang mau diperbaiki bisa di skip. Lanjutkan dengan memilih scan. Seluruh data akan diperiksa, klik kanan dan pilih "Tampilkan pada tab baru" kemudian tekan Control+P guna memulihkan data secara otomatis.


Demikian lima cara memperbaiki SD Card yang tidak terbaca. Metode tidak terlalu sukar untuk dikerjakan. Jauh lebih pusing ialah jika data penting di kartu SD itu hilang. Tidak ada salahnya mencoba salah satu cara yang ada. Apabila memang kartu SD sudah tidak dapat digunakan, maka beli aja yang baru.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821