BLANTERVIO103

Cara Setting IP Camera Wifi di Android

Cara Setting IP Camera Wifi di Android
Thursday, August 26, 2021

Dengan adanya perkembangan teknologi ini memudahkan orang-orang dalam segala hal. Salah satunya untuk mengawasi keamanan rumah kita. Ketika bepergian atau pun ditinggal untuk bekerja tetap dapat mengawasinya menggunakan IP camera. 



Maka dari itu, perlu diketahui cara setting IP camera wifi di Android untuk mempermudah mengawasi keamanan di setiap sudut tempat tinggal.

Munculnya IP Camera dapat membantu bagi yang sering meninggalkan rumahnya. Mungkin beberapa pengguna masih merasa asing dengan IP Camera. Karena yang diketahui masyarakat luas hanya CCTV saja. Inilah sedikit ulasan tentang IP Camera.


Mengenal IP Camera

IP Camera atau singkatan dari Internet Protocol Camera merupakan sebuah perangkat yang dipakai untuk mengamati keadaan di sebuah tempat pada jarak jauh serta dapat diperoleh gambar yang lebih jelas. 

Gambar tangkapan IP Camera bisa di zoom untuk memperjelas suatu objek. IP Camera ini mengandalkan jaringan internet untuk mendapatkan gambar dari rekamannya.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh IP camera ialah lebih simpel dari pada CCTV. IP camera tidak membutuhkan banyak kabel karena berbasis internet. 

Selain itu, jangkauan yang dimiliki IP Camera lumayan luas. Jadi tidak perlu untuk memakai banyak kamera dalam satu sudut ruang saja. IP camera bisa dikondisikan melalui android untuk mengarahkan camera ke sudut kanan, kiri, atas dan bawah.


Cara Setting IP Camera Wifi di Android

Sebelum menyambungkan IP Camera wifi ke android, pastikan alat-alat yang diperlukan sudah tersedia. Alat yang diperlukan utama yaitu camera pengintai atau IP Camera sebagai penangkap gambar. 

Ada juga alat pendukung lainnya yaitu charger, wifi atau modem untuk koneksi ke internet, dan android sebagai pemantau hasil tangkapan. Setelah alat yang di butuhkan sudah lengkap, inilah langkah cara menghubungkan IP Camera ke android :

1. Memasang IP Camera

Hubungkan charger dengan listrik kemudian pasangkan ke IP Camera. Setelah IP camera terhubung dengan aliran listrik maka tekan tombol reset yang ada di bawah IP camera sampai berbunyi.

2. Unduh Aplikasi di Android

Ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan pada android, diantaranya: Yoosee, CCTV, IP Webcam, Pearch, dan V380. Untuk cara menyambungkan aplikasi ke IP Camera rata-rata hampir sama. Instal aplikasi pada android, pada saat membuka aplikasi maka langkah selanjutnya membuat akun untuk masuk ke aplikasi.

3. Membuat Akun di Aplikasi

Seperti pada aplikasi lainnya, ketika mau menggunakan aplikasi maka pertama kali yang ditampilkan membuat akun terlebih dahulu. Dengan cara memasukkan email dan membuat password.

4. Mengkoneksikan Alamat IP Camera

Setelah berhasil masuk aplikasi, klik tanda tambah (+) kemudian pilih add new device. Kemudian pilih nama dan IP Camera sesuai yang digunakan. Jika sudah maka langkah selanjutnya yaitu mengkoneksikan dengan alamat IP Camera. Agar lebih mudah pengoneksiannya. dekatkan dengan IP camera tunggu sampai terhubung.

5. Memberi Nama IP Camera di Aplikasi Android

Sesudah terhubung dengan IP Camera, langkah selanjutnya yaitu memberikan nama pada IP Camera tersebut, misalkan diberi nama “Ruang Tamu”. Kemudian masukkan password yang tertera di layar bagian bawah. Setelah itu pilih save.

6. IP Camera Siap Digunakan

Setelah langkah-langkah di atas selesai, maka akan muncul ke tampilan awal atau menu utama. Pilih nama Nama IP Camera sesuai dengan yang telah dituliskan di atas. Maka klik “Ruang Tamu” dan lihat hasil tangkapan IP Camera tersebut.


Demikianlah pembahasan tentang cara setting IP camera wifi di android. Harapannya ulasan ini cukup membantu bagi pengguna awam yang belum mengetahui tentang IP Camera yang ternyata lebih simpel dibandingkan dengan CCTV. Semoga artikel ini dapat membantu bagi para pengguna IP camera yang baru untuk mengoneksikan di androidnya.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821