BLANTERVIO103

Cara Menampilkan Barcode WiFi, Mudah dan Cepat

Cara Menampilkan Barcode WiFi, Mudah dan Cepat
Monday, August 30, 2021

Wifi merupakan sarana yang bermanfaat agar manusia bisa tersambung dengan jaringan internet. Dengan menggunakan barcode wifi, pengguna bisa tersambung secara cepat tanpa memerlukan password yang rumit. 



Selain itu barcode wifi juga memungkinkan untuk dipakai oleh banyak orang sekaligus. Berikut adalah beberapa cara menampilkan barcode wifi yang mudah untuk diterapkan :


Melalui Menu Setting

Cara menampilkan barcode wifi salah satunya adalah dengan menggunakan menu Setting atau Pengaturan pada smartphone yang akan dihubungkan dengan wifi. Pertama, masuklah ke menu Setting. 

Kemudian akan ada menu wifi yang bisa diketuk. Aktifkan wifi pada menu tersebut dengan menggeser slide hingga slide berubah warna.

Dengan demikian, smartphone tersebut sudah tersambung dengan wifi. Untuk menampilkan barcode wifi, pengguna cukup mengetuk nama wifi yang telah terhubung itu. Barcode buatan sistem otomatis akan muncul dan bisa dipindai untuk digunakan.


Menggunakan WiFi QR Code Generator

WiFi QR Code Generator adalah aplikasi gratis untuk smartphone yang bisa dipakai untuk menampilkan barcode wifi. Selain gratis, aplikasi ini juga praktis dan mudah digunakan. Meski demikian, aplikasi WiFi QR tidak bisa digunakan untuk menciptakan tag NFC.

Setelah menginstall aplikasi ini pada smartphone, pengguna cukup memilih Network Name atau jaringan yang tersambung. Kemudian isilah password dan tipe autentikasi yang diperlukan. Tahapan-tahapan sederhana tersebut sudah bisa menghasilkan barcode wifi. 

Untuk menyimpan kode QR, ketuklah tanda plus kemudian pilih opsi Save. Jika kode QR ingin dibagikan, pilihlah opsi Share yang tersedia.


Menggunakan Wi-Fi Joiner

Wi-Fi Joiner adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menyambungkan dan berbagi koneksi wifi tanpa perlu password yang menyusahkan. Untuk memakai Wi-Fi Joiner, aplikasi ini harus diinstall dari Android Market oleh pemilik jaringan wifi dan orang yang juga ingin menggunakannya.

Pada saat muncul fitur kamera, pilihlah menu Create. Kemudian isilah nama jaringan, jenis keamanan, dan password. Lalu pilihlah opsi Create QR Code. 

Barcode wifi akan tercipta, dan bisa ditunjukkan ke pihak lain yang ingin memakai wifi itu juga. QR Code pun bisa dishare melalui beberapa cara pengiriman yang tersedia.


Menggunakan InstaWiFi

Aplikasi ini bermanfaat untuk menampilkan barcode wifi di smartphone dengan berbagai merk, bahkan merk yang tidak bisa menampilkan barcode sekalipun. InstaWiFi juga bisa digunakan pada smartphone tanpa root atau sudah dilakukan root.

Cara penggunaannya sangat sederhana. Pertama, pengguna tentunya harus mengunduh aplikasi InstaWifi pada smartphone. Kemudian akan muncul pilihan berupa QR Code atau NFC untuk diberikan kepada pengguna lain nantinya. 

Kemudian isilah kolom-kolom antara lain SSID Security dan password. Tak lama kemudian, barcode wifi akan terbentuk. Barcode pun akan siap untuk dibagikan dan dipakai oleh banyak orang.


Menggunakan Situs Khusus

Terdapat beberapa situs khusus yang dapat digunakan untuk menciptakan dan menampilkan barcode wifi. Salah satunya adalah situs qifi.org. Situs ini sederhana untuk dipakai, bahkan oleh pengguna awam sekalipun. 

Pengguna hanya perlu memasukkan SSID koneksi wifi, tipe enkripsi, dan password, kemudian barcode akan muncul.

Situs lain yang serupa adalah https://zxing.appspot.com/generator/. Ada kolom nama, perusahaan, judul, nomor telepon, email, alamat, website, memo, encoding ukuran barcode, koreksi error, dan encoding karakter yang harus diisi.

Sedangkan, pada situs https://blog.qr4.nl/QR-Code-WiFi.aspx pengguna harus mengisi kolom SSID, Password, tipe jaringan, dan QR code caption. Dengan mengisi ketentuan-ketentuan di situs-situs tersebut, barcode bisa dihasilkan dan dipakai bersama.


Cara-cara sederhana tersebut dapat segera dilakukan untuk membuat dan menampilkan barcode wifi. Hal ini tentunya membantu penggunaan wifi tetap cepat dan praktis. Dengan wifi, pengguna akan bisa mengakses dengan lancar.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821