BLANTERVIO103

Cara Mengecek Pengguna Wifi Dan Memblokirnya Di Smartphone dengan Aplikasi Fing

Cara Mengecek Pengguna Wifi Dan Memblokirnya Di Smartphone dengan Aplikasi Fing
Thursday, August 5, 2021

Pada saat ini banyak momen, saat seseorang mengaktifkan wifi, terkadang ada IP address tidak dikenal yang masuk kedalam perangkat wifi. Tujuan seseorang tersebut menyelinap masuk kedalam wifi yang hidup tanpa izin adalah untuk menghemat kuota yang dimilikinya. 



Agar hal tersebut bisa terhindari, seseorang yang menghidupkan wifi bisa mengecek aktifitas wifi-nya. Berikut cara mengecek pengguna wifi dan memblokirnya di Smartphone dengan aplikasi Fing :

Pastikan Wifi Smartphone Aktif

Langkah pertama cara mengecek pengguna wifi dan memblokirnya di Smartphone dengan Aplikasi Fing adalah dengan menghidupkan Wifi Smartphone. Seseorang yang menghidupkan Wifi Smartphone adalah orang yang ingin mengecek aktifitas wifi yang dihidupkannya.

Tujuan diaktifkannya wifi pribadi saat akan menggunakan aplikasi Fing adalah, agar orang yang mengaktifkan wifi bisa menemukan IP Address tidak dikenal dan mengetahui aktivitasnya.


Unduh Aplikasi Fing

Setelah wifi pribadi diaktifkan langkah kedua adalah dengan mengunduh aplikasi Fing. Aplikasi Fing bisa diunduh melalui google play store atau Appstore. Pengguna hanya perlu mengetik Fing pada kolom pencarian google play store atau Appstore. 

Kemudian saat menemukan ikon aplikasi Circle diawali dengan anak panah, terdapat bulatan besar dan kecil, diakhiri dengan garis, ikon tersebut adalah FING. Aplikasi Fing yang berada di google play store atau Appstore bertuliskan Fing – Peralatan Jaringan.


Lakukan Scan For Devices

Setelah pengguna Smartphone mengunduh aplikasi Fing langkah selanjutnya cara mengecek pengguna wifi dan memblokirnya di Smartphone dengan aplikasi Fing adalah lakukan scan for devices. 

Pada tahapan pertama pengguna Smartphone yang ingin mengecek siapa saja yang menggunakan wifi nya secara diam-diam, sudah diminta untuk menghidupkan wifi. Selanjutnya, dari mengaktifkan wifi pribadi-lah aplikasi Fing melakukan Scan for devices.

Jika semisal wifi yang dihidupkan belum terhubung sama sekali dengan IP Addres maka akan muncul tulisan no network. Ada beberapa menu yang terdapat di dalam aplikasi Fing yakni Fing, My networks, Tools, Ping, dan Scan Services. Untuk melihat daftar pengguna wifi di menu Fing.


Cek Nomor IP Address Router Di Fing

Setelah dilakukannya scan for devices langkah berikutnya adalah cek nomor IP address. Seperti yang dijelaskan di poin 3 bahwa terdapat beberapa menu di aplikasi Fing. 

Menu untuk mengecek nomor Ip address untuk pengguna wifi tidak dikenal secara mendetail adalah menu my network. Pada menu my network pengguna bisa melihat daftar wifi serta nama Access point dari hasil scanning.

Jika pengguna ingin melakukan scanning untuk eksternal device, contoh pengguna ingin mengecek aktivitas web yang sering dikunjungi, maka pengguna bisa masuk ke menu tools. 

Disana pengguna hanya tinggal ketik domain atau IP yang anda ingin di scanning, lalu tekan enter. Setelah itu pengguna akan melihat aktivitas yang dilakukan terhadap website atau IP yang telah di scanning.


Blokir IP Address Tidak Dikenal

Langkah terakhir cara mengecek pengguna wifi dan memblokirnya di Smartphone dengan aplikasi Fing adalah dengan memblokir IP Address tidak dikenal. Karena, Aplikasi Fing menunjukkan kepada pengguna alamat MAC dari setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Wifi, maka catatlah nomor MAC tersebut.

Setelah pengguna mencatat nomor alamat jaringan, masukkan IP router pengguna ke browser dan masukkan detail login router di halaman berikutnya. Setelah masuk ke router, pilihlah tulisan Security, kemudian lakukan Filtering, setelah itu Add Device. 

Berikutnya masukkan alamat jaringan yang ingin diblokir, lalu pengguna klik Apply, kemudian Save. Perangkat tak dikenal yang sudah tersambung ke wifi pengguna sudah terblokir.


Sekian informasi tentang cara mengecek pengguna wifi dan memblokirnya di Smartphone dengan aplikasi Fing. Bisa langsung dipraktekkan dan dicoba sendiri cara tersebut. Semoga cara ini dapat mengatasi permasalahan yang ada. 

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821