BLANTERVIO103

Cara Mengubah Sandi Wifi Indihome di Rumah Menggunakan HP dan PC

Cara Mengubah Sandi Wifi Indihome di Rumah Menggunakan HP dan PC
Wednesday, August 11, 2021

Memasang wifi sendiri di rumah menjadi salah satu alternatif agar kebutuhan akan internet tetap terpenuhi. Salah satu provider dengan banyak pengguna adalah indihome. Namun terkadang sinyal wifi indihome kurang kuat sebab terlalu banyak pengguna yang bisa jadi mencuri sandi wifi tanpa diketahui. 


Untuk mengatasinya sebaiknya merubah sandi wifi tiap waktu tertentu. Namun beberapa pengguna masih kurang paham mengenai cara merubah sandi indihome di rumah. Untuk itu berikut penjelasan langkah cara mengubah sandi wifi indihome di rumah yang bisa dilakukan tanpa ribet:


1. Menyambungkan Perangkat ke Internet

Untuk mengubah sandi wifi indihome ini bisa dilakukan memakai hp atau pc. Karena langkah yang digunakan sebenarnya sama saja. Jadi silahkan pilih perangkat mana saja yang nyaman dipakai. 

Langkah cara mengubah sandi wifi indihome yang pertama adalah pastikan hp atau pc yang akan digunakan tersambung ke jaringan wifi terlebih dahulu. Baik itu memakai pc atau hp, karena proses ini hanya bisa dilakukan secara online.


2. Masukkan Alamat Ip Modem Indihome di Web Browser

Setelah memastikan terhubung pada jaringan internet, langkah selanjutnya adalah masukkan alamat ip (internet protocol) yang ada pada modem yang dipakai di rumah. Untuk mengetahuinya bisa dilihat di bagian belakang modem, disana pasti tertulis alamat IP. 

Atau lebih mudah dengan cara klik wifi yang tersambung pada pc kemudian klik properties yang ada di bawahnya maka akan muncul informasi mengenai wifi tersebut termasuk IP addressnya.

Kalau memakai hp juga cukup klik saja Wifi yang tersambung maka akan muncul informasi mengenai IP address wifi yang digunakan. Alamat ip default untuk modem Fiber home dan ZTE yaitu 192.168.1.1. 

Sementara itu apabila memakai modem Huawei cara mengubah sandi wifi indihome memakai alamat IP 192.168.100.1. masukkan IP tersebut pada address bar pada aplikasi pencarian lalu masuk dan tunggu tampilan kotak dialog di halaman depan.


3. Masuk ke Home Page Indihome

Setelah terbuka kotak dialog untuk melakukan log in, maka log in ke halaman depan indihome menggunakan nama pengguna dan sandi. 

Untuk modem ZTE dan Fiber home, apabila pertama kali mengakses alamat ip tadi maka ada dua cara yang bisa digunakan, yang pertama memasukkan nama pengguna dan sandi dengan ‘user’. Atau yang kedua mengisi nama pengguna dengan ‘user’ dan sandi dengan ‘user1234’. Sedangkan untuk modem Huawei gunakan nama pengguna dan sandi dengan ‘admin’.


4. Memilih Menu Network Setting

Jika berhasil log in memakai nama pengguna dan sandi yang disebutkan di atas maka nanti akan muncul halaman menu utama indihome. Untuk melanjutkan klik pada bagian menu network lalu klik sub menu WLAN setting kemudian klik advance.


5. Mengubah Sandi Lama

Jika sudah melakukan tahapan di atas maka akan terbuka banyak kolom pengaturan. Cara mengubah sandi wifi indihome, cukup fokus saja di bagian WPA passphrase. Pada bagian itu ketikkan sandi wifi yang akan dirubah. 

Jika sudah pastikan untuk mengingat sandi yang sudah diganti kemudian klik save atau apply dan sandi sudah berhasil diubah.


Mengganti sandi wifi memang perlu untuk menjaga keamanan wifi terutama jika itu adalah wifi pribadi. Agar tak kecolongan sandi wifi maka sebaiknya ganti sandi secara berkala. 

Dengan urutan yang disebutkan diatas, cara mengubah sandi wifi indihome dapat dengan lebih cepat dan tidak ribet untuk dilakukan. Dengan sering mengubah sandi wifi maka tidak akan terjadi lagi sinyal lemot karena terlalu banyak pengguna.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821