BLANTERVIO103

5 Cara Membuka File Docx di Android Tanpa Aplikasi

5 Cara Membuka File Docx di Android Tanpa Aplikasi
Sunday, September 5, 2021

Membuka file dokumen yang memiliki format docx memang mudah sekali jika memiliki perangkat yang mendukung. HP Android yang tidak dilengkapi dengan aplikasi untuk membuka file tersebut tentu saja akan sulit untuk membukanya. 

Berikut ini akan disajikan cara membuka file docx di Android tanpa harus mengunduh aplikasi lain :

1. Masuk File Manager

Semua HP Android pasti memiliki aplikasi File Manager di dalamnya yang berisi dokumen ataupun berkas yang sudah disimpan. Cara membuka file docx di Android yang pertama adalah dengan membuka File Manager yang ada pada HP pengguna. Mudah sekali menemukan perangkat tersebut karena pengguna hanya tinggal mencari pada menu yang tersedia.

Pengguna yang masih kesulitan dalam mencari aplikasi tersebut karena terlalu banyak aplikasi yang dimiliki, maka dapat mencarinya melalui pencarian yang biasanya berada di bagian atas. Mudah sekali melakukannya karena pengguna hanya mengetik aplikasi apa yang akan dicari dan dengan cepat aplikasi tersebut akan ditemukan.


2. Pilihan Dokumen

Langkah yang harus dilakukan selanjutnya yaitu dengan memilih dokumen. Bagian tersebut terdapat beberapa pilihan seperti musik, video, gambar, unduhan, APK, dan lainnya. Dokumen berada pada urutan ketiga  di bagian atas sehingga akan mudah sekali untuk ditemukan.

Bentuk dari menu dokumen ini adalah memiliki latar belakang yang berbentuk bulat dan berwarna ungu. Simbol dokumennya adalah kertas yang bagian kanan atasnya sedikit terlipat sehingga mudah sekali untuk mengenalinya. Pengguna pun akan kesulitan dalam melakukan langkah ini.


3. Cari File yang Tidak Bisa Dibuka

Poin penting yang harus diperhatikan pada langkah ini adalah pengguna harus mengingat-ingat letak penyimpanan filenya agar tidak lama dalam mencari. Alternatif lain yang bisa dilakukan jika lupa letak penyimpanannya yaitu dengan mengetahui nama dari file tersebut. Nantinya file dapat dicari dengan mengetik nama file pada kolom pencarian.

File yang sudah ditemukan tidak langsung dibiarkan begitu saja karena harus dilakukan proses selanjutnya agar file dapat dibuka. Pengguna tidak perlu khawatir karena proses ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama dan pastinya sangat mudah sekali untuk dilakukan. Pastikan pengguna sabar melakukan setiap prosesnya.


4. Pilih File

Pilihlah file yang sudah ditemukan dengan cara mengklik lama file tersebut sampai terdapat  tanda centang di bagian kanan bawah dari filenya. Selanjutnya, akan muncul 4 pilihan yang terletak pada bagian bawah. Pilihan tersebut adalah kirim, pindah, hapus, dan lainnya. pengguna harus  memilih menu lainnya agar dapat membuka file tersebut.

Menu lainnya yang telah diklik akan muncul pilihan yang lainnya. Setidaknya terdapat 6 pilihan yang dapat dipilih oleh pengguna.  Jangan sampai pengguna bingung untuk memilihnya karena pilihan yang tepat adalah point ke 5 yaitu membuka di aplikasi lain. Pengguna jangan sampai terkecoh dengan pilihan lainnya.


5. Dokumen Akan Terbuka

Otomatis jika telah melakukan proses yang nomor 4 maka dokumen akan terbuka dengan sendirinya. Proses pun selesai dan pastinya pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi lain untuk dapat membukanya. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengirim file ke Google Drive kemudian membukanya melalui Google Drive tersebut.


Sebenarnya banyak sekali cara membuka file docx di Android yang dapat dicoba, namun yang disajikan di atas merupakan yang termudah. Tak hanya bisa membuka dokumennya saja, pengguna juga dapat mengedit ataupun menambahkan objek lain ke dalam file tersebut. 

Informasi tersebut sangatlah bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya kepada teman terdekat agar lebih banyak yang mengetahui.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821