BLANTERVIO103

Wajib Disimak, Apa Itu Router Wifi Beserta Fungsinya

Wajib Disimak, Apa Itu Router Wifi Beserta Fungsinya
Friday, September 3, 2021

Pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya router WiFi. Peran dari router WiFi ini sangat penting sekali dan tidak bisa dianggap remeh begitu saja. 

Bentuk dari router memang sederhana namun siapa sangka bahwa tanpa bantuan ini, maka jaringan internet tidak akan sampai pada ponsel pengguna. Berikut adalah ulasan menarik mengenai apa itu router WiFi dan fungsinya :


Apa Itu Router WiFi

Router Wifi merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan. Jika dilihat dari namanya, maka jelas bahwa router ini akan merutekan lalu lintas perangkat dan internet. Bayangkan, jika tidak ada router, maka jaringan internet WiFi tidak akan sampai pada smartphone Android yang digunakan pengguna.

Pengguna harus memilih router terbaik agar jaringan internetnya lancar, terhindar dari kejahatan dunia maya, dan yang pasti menghindari gangguan WiFi yang terkadang mati secara tiba-tiba. Router dengan kualitas terbaik pasti memiliki harga yang tidak murah, untuk itu pengguna harus mengumpulkan uang terlebih dahulu.

Perlu pengguna ketahui bahwasanya sekarang ini jika terus menerus membeli kuota, maka akan boros. Terlebih lagi, jaringan dari kuota internet tidak selamanya stabil sehingga membutuhkan perangkat lain. 

Tidak salah jika pengguna mulai beralih menggunakan WiFi karena lebih hemat dan jaringannya stabil. Memilih menggunakan WiFi berarti harus membeli router dengan kualitas terbaik agar mendukung pekerjaan.  


Fungsi Router WiFi

Mengetahui apa itu router WiFi memang sangat penting sekali agar menambah wawasan, namun informasi mengenai fungsi dari router juga tak kalah menariknya. Banyak orang yang mengetahui router namun belum tentu mengetahui fungsinya. Berikut ini adalah 3 fungsi router yang sayang jika dilewatkan :

1. Mengirimkan Informasi

Perlu diketahui bahwa perangkat keras ini mempunyai fungsi yang tidak bisa digantikan oleh perangkat lainnya. Fungsi ini sangat bermanfaat sekali karena melalui router ini segala macam informasi dapat dikirimkan dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti. Tentu saja jika fungsi  ini terganggu, maka pengguna akan terlambat dalam memperoleh informasi.

2. Menghubungkan Jaringan

Informasi di atas telah menjelaskan bahwa fungsi dari perangkat keras ini adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan yang ada di dalamnya. Fungsi tersebut menjadikan pengguna mampu mengirimkan paket data ke jaringan yang lainnya. Tidak akan ada yang dapat menggantikan fungsi ini sehingga peran router memang sangat penting.

Cara kerja router dalam menghubungkan jaringan yaitu dengan mendistribusikan IP Address menuju setiap komputer yang ada pada jaringan. Sistem pendistribusian ini bisa dilakukan baik secara DHCP ataupun secara statis.  DHCP merupakan layanan yang sudah dirancang khusus untuk mendistribusikan IP Address tersebut.

3. Menghubungkan Jaringan ke DSL

Fungsi yang terakhir dari router ini adalah mampu menghubungkan jaringan lokal dengan koneksi DSL. Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem jaringan ini sudah tidak perlu lagi menggunakan kabel LAN namun sudah menggunakan teknologi tanpa kabel yaitu wireless.  Banyak sekali keuntungan dari wireless ini sehingga masyarakat mulai beralih.

Seperti yang telah di ketahui bersama, bahwa teknologi tanpa kabel memiliki harga yang tidak murah karena proses pembuatannya pun tidak mudah. Nyatanya harga yang mahal juga tidak menyurutkan daya beli masyarakat karena memang keunggulannya dari perangkat ini tidak dapat diragukan lagi.


Demikianlah informasi mengenai apa itu router beserta fungsinya yang sayang untuk dilewatkan. Pastikan pengguna yang memiliki WiFi di rumah paham betul mengenai router ini agar tidak mudah ditipu oleh tukang service jika terjadi masalah pada router. Pengguna yang berkeinginan menggunakan WiFi, pilihlah router dengan spesifikasi yang mumpuni agar tidak menyesal.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821