BLANTERVIO103

Cara Melihat Foto di iCloud Lewat PC Windows tanpa Install Aplikasi Lagi

Cara Melihat Foto di iCloud Lewat PC Windows tanpa Install Aplikasi Lagi
Tuesday, September 21, 2021

Jaringan iCloud pada perangkat Apple dikenal dengan terintegrasi akunnya, di mana satu akun iCloud bisa disambungkan dengan beberapa perangkat Apple sekaligus. Bagaimana cara melihat foto di iCloud lewat PC berbasis windows yang bukan perangkat Apple. Ternyata hal ini bukanlah hal yang mustahil.

Ada cara untuk membuka akun iCloud melalui perangkat non Apple. Caranya pun mudah dan pengguna tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi baru. Berikut ini adalah tutorial akses akun iCloud melalui PC Windows utamanya untuk akses data berupa foto :

1. Buka Situs iCloud melalui Website

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengguna adalah membuka website pada PC windows. Jenis website yang digunakan bisa apa saja mulai dari Mozilla Firefox atau Opera. Hanya saja, sangat disarankan untuk menggunakan website Google Chrome saja.

Hal ini karena jaringan akan jauh lebih lancar dan tampilan akan terlihat lebih nyaman jika menggunakan Google Chrome. Kemudian masuk ke situs iCloud melalui browser tersebut, pengguna akan dibawa ke tampilan login pada situs iCloud. Masukkan ID apple beserta password akun yang sudah aktif.


2. Membuka Menu Foto pada Akun iCloud

Cara melihat foto di iCloud melalui PC windows selanjutnya adalah membuka menu Photo Library pada iCloud. Setelah login, pengguna akan dibawa ke beberapa menu dan data yang sudah tersambung dan tersimpan di iCloud berikut pula dengan data cadangannya. 

Menu Photos pada iCloud biasanya adalah yang memiliki sistem pencadangan otomatis sehingga pasti tersambung secara otomatis dengan akun iCloud.

Buka icon Photos pada tampilan menu, biasanya proses ini membutuhkan waktu beberapa saat untuk dimuat. Terutama jika foto yang disimpan dan dicadangkan dalam file ini ada dalam jumlah yang cukup banyak.


3. Menelusuri Photo Library

Setelah proses loading selesai, pengguna bisa langsung mencari foto dari semua perangkat yang sudah tersambung dengan akun iCloud tersebut. Foto-foto yang bisa dimuat hanyalah foto-foto yang diambil dan disimpan setelah akun iCloud diaktifkan dalam perangkat Apple tersebut. Foto-foto yang diambil atau disimpan sebelum akun iCloud diaktifkan tidak bisa termuat dalam PC Windows.

Foto dalam Photos biasanya akan ditampilkan berdasarkan urutan tanggal foto tersebut diambil atau disimpan. Pengguna juga bisa mengubah urutan ini, bisa juga diurutkan sesuai dengan abjad atau kategori lain. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk menelusuri foto pada menu Photo Library.


4. Memilih Beberapa Foto Sekaligus

Walaupun dibuka melalui browser yang ada di PC Windows, bukan berarti fitur dalam situs iCloud ini tidak lengkap. Fitur situs iCloud yang dibuka melalui Windows hampir sama dengan iCloud yang dibuka di perangkat Apple. Salah satunya adalah fitur ‘Select’ fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih beberapa foto sekaligus.

Tinggal mengklik foto tertentu yang diinginkan kemudian menyeretnya ke samping atau ke bawah untuk memilih sekaligus. Bisa juga dilakukan dengan mengklik foto satu per satu, dengan fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendownload beberapa foto sekaligus atau mungkin mengedit dan menghapusnya sekaligus.


5. Mendownload Foto dari Akun iCloud

Tidak hanya bisa dilihat saja, foto juga bisa didownload dan disimpan di memori PC Windows bahkan pengguna bisa mendownload foto lebih dari satu secara bersamaan. Caranya tinggal menggunakan fitur ‘Select’ kemudian pilih foto-foto yang ingin didownload. 

Setelah menentukan foto yang akan diunduh, pengguna tinggal  menekan tombol unduh yang biasanya berada di pojok kiri atas foto. Kemudian foto akan terunduh dan tersimpan di folder ‘Downloads’ yang ada di memori PC Windows.


Itulah cara melihat foto di iCloud dengan menggunakan PC Windows. Ternyata jangkauan akun iCloud tidak terbatas oleh perangkat Apple saja. Jadi, untuk pengguna akun iCloud tapi tidak memiliki semua perangkat Apple jangan khawatir. Hal ini karena akun iCloud masih bisa diakses melalui perangkat non apple.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821