BLANTERVIO103

Cara Membuka Kartu Telkomsel yang Terblokir Pasti Bisa Dipakai Lagi!

Cara Membuka Kartu Telkomsel yang Terblokir Pasti Bisa Dipakai Lagi!
Sunday, September 19, 2021

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kartu SIM terblokir, bisa karena tidak pernah digunakan, tidak pernah mengisi pulsa, atau belum melakukan registrasi. Bagi pengguna Telkomsel tidak perlu khawatir jika kartu SIM diblokir. Hal ini karena ada banyak cara membuka kartu Telkomsel yang terblokir.

Pastinya kartu Telkomsel akan bisa digunakan lagi seperti biasa. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan membahas penyebab-penyebab mengapa kartu Telkomsel dapat diblokir. Sekaligus akan dibahas pula bagaimana cara membuka blokirnya jika terjadi hal tersebut.

1. Terblokir karena Tidak Mengisi Pulsa

Penyebab nomor terblokir yang paling sering terjadi adalah karena pengguna lupa untuk mengisi pulsa Telkomsel. Padahal mengisi pulsa inilah yang akan menambah masa aktif dari kartu SIM Telkomsel. Jika kartu SIM yang digunakan masih memiliki sinyal dan bisa menangkap jaringan namun aktivitasnya terblokir.

Jangan khawatir, karena hal ini bisa diatasi dengan cara mengisi pulsa kembali. Dengan mengisi pulsa kembali pengguna menambah masa aktif penggunaan kartu SIM. Jadi, secara otomatis kartu SIM Telkomsel akan aktif dan dapat digunakan kembali seperti biasa.


2. Terblokir karena Belum Registrasi

Saat ini pemerintah memiliki kebijakan bahwa setiap nomor telepon dan kartu SIM yang digunakan harus diregistrasikan dengan nomor induk kependudukan atau NIK. Jika kartu SIM sudah diaktifkan namun tidak kunjung diregistrasikan maka nomor tersebut akan diblokir dan tidak bisa melakukan aktivitas apapun.

Jika hal ini yang terjadi maka pengguna harus segera melakukan registrasi yang diperintahkan. Cara melakukan registrasi untuk Kartu Telkomsel juga sangat mudah. Registrasi bisa dilakukan melalui SMS saja dan tidak memakan biaya. Tinggal ketik REG(spasi)NIK#NomorKK# untuk pengguna baru dan ULANG(Spasi)NIK#NomorKK untuk pengguna lama. Keduanya dikirim ke nomor 4444.


3. Terblokir karena Salah PIN

Banyak orang yang menggunakan pin untuk memproteksi handphone mereka. Hanya saja, ini bisa jadi masalah jika pengguna lupa dengan pinnya dan menyebabkan nomor Telkomsel terblokir. Apalagi jika pin sudah salah dimasukan sebanyak tiga kali. Untuk mengatasi ini pengguna memerlukan kode PUK untuk membuka blokir.

Kode PUK biasanya tertulis di kerangka pembungkus kartu ketika pengguna baru membeli kartu. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak langsung membuang kerangka pembungkus kartu ini. Kemungkinan sewaktu-waktu bisa saja dibutuhkan.


4. Menghubungi Customer Service

Cara membuka kartu Telkomsel yang terblokir selanjutnya adalah dengan menghubungi customer service Telkomsel. Terutama jika pengguna tidak mengetahui dengan jelas apa yang membuat kartu Telkomsel terblokir. Penyebab kartu terblokir memang bermacam-macam kadang juga karena ada gangguan dari sistem telkomsel.

Jika pengguna menemui situasi seperti ini lebih baik jangan panik dan segera laporkan ke pihak Telkomsel melalui customer service. Biasanya panggilan dan konsultasi dengan customer service secara langsung akan memberikan hasil yang baik. Pengguna bisa dibimbing untuk melakukan pengaktifan kembali pada kartu Telkomsel.


5. Mendatangi Grapari Telkomsel

Telkomsel memiliki pusat pengaduan dan layanan customer secara langsung yaitu kantor Grapari. Mendatangi kantor Grapari adalah pilihan terakhir yang bisa pengguna coba ketika kartu Telkomsel terblokir. 

Biasanya orang-orang mendatangi grapari jika kartu Telkomsel sudah hampir hangus. Dengan mendatangi kantor Grapari nomor yang hampir hangus tersebut dapat diaktifkan kembali oleh pihak Telkomsel.


Itulah cara membuka kartu telkomsel yang terblokir yang bisa dilakukan dengan mudah. Dijamin setelah menerapkan 5 cara di atas yang disesuaikan dengan penyebab terblokirnya kartu. Nantinya, kartu Telkomsel akan bisa digunakan lagi seperti sedia kala. Pengguna pun tidak perlu panik kehilangan nomor Telkomsel yang digunakan.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821