BLANTERVIO103

Cara Membuka Kartu SIM Terkunci Untuk Berbagai Operator di Indonesia

Cara Membuka Kartu SIM Terkunci Untuk Berbagai Operator di Indonesia
Thursday, September 2, 2021

Pengguna ponsel tentunya juga memiliki kartu SIM agar bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Biasanya, kartu SIM juga dipasangi dengan pin. Tujuan adanya pin yaitu mengamankan kartu dari hal yang tidak diinginkan, misalnya dipakai pihak tak bertanggung jawab. Namun masalahnya adalah saat pengguna lupa nomor pinnya. 

Cara membuka kartu SIM terkunci akan sedikit berbeda tergantung dengan operatornya. Semua operator membutuhkan kode PUK yang dapat membuka blokiran sim card. Kode PUK yaitu angka khusus untuk melindungi pengguna kartu SIM. Berikut langkahnya :

1. Indosat

Lihat pada bagian starter pack untuk mencari kode PUK. Pada bagian kartu perdana, pengguna dapat menggosok dengan koin untuk menampilkan kode PUK-nya. Apabila sudah tidak memiliki kemasan kartunya, pengguna dapat menghubungi operator Indosat melalui nomor 100 (dikenakan bayaran) untuk meminta kode PUK, dan nantinya akan diarahkan oleh operator. 

Cara lain yang dapat dicoba adalah memasukkan nomor 1 hingga 8 saat diminta mengetikkan kode PUK. Alternatif ini biasanya berhasil pada beberapa kartu SIM dari Indosat.


2. Telkomsel

Ketik nomor 155 kemudian hubungi untuk berbicara dengan layanan Telkomsel. Panggilan ini bersifat gratis, dan pengguna dapat menyampaikan keluhannya dan mendapatkan koe PUK. 

Cara membuka kartu SIM terkunci untuk salah satu operator ternama di Indonesia ini adalah dengan mengetikkan *116# kemudian klik Ok atau Yes. Berikutnya pilihlah PUK, lalu pengguna akan diminta untuk memasukkan MSISDN. Setelah itu ketikkan nomor Telkomsel berupa 16 angka yang letaknya ada di bagian belakang kartu SIM.


3. Axis

Ketikkan nomor 888 untuk menelepon layanan Axis. Telepon ini tidak berbayar, sehingga pengguna bisa segera menghubunginya jika terdapat masalah, termasuk kartu SIM terkunci. Setelah berhasil menghubungi, tanyakan kepada customer service mengenai kode PUK-nya. 

Biasanya CS akan meminta pengguna untuk membacakan nomor ICCID. Nomor ini letaknya terdapat di belakang simcard. Setelah itu operator akan memberikan kode PUK. Catatlah nomor tersebut dan masukkan dengan benar, maka kartunya akan berfungsi kembali.


4. XL

Telepon nomor 817 untuk mendapat bantuan dari customer service XL. Sebagai salah satu operator dengan pengguna terbanyak di Indonesia, XL memiliki CS yang dapat dihubungi selama 24 jam. CS akan membantu pengguna mengatasi masalah ini dengan meminta kode ICCID. 

Sama seperti kartu lain, nomor ini bisa dilihat di balik sim card. Alternatif lain cara membuka kartu SIM terkunci jika tidak ingin menelepon adalah mengirimkan SMS ke nomor 9767. Formatnya yaitu PUK1 (nomor telepon) 19 digit nomor yang ada di belakang simcard. Sebagai contoh: PUK1 081882882882 4012345678901265439


5. Tri

Hubungi 123 untuk meminta bantuan dari CS Tri. Panggilan ini tidak berbayar dan bisa dilakukan kapan saja. Tanyalah pada CS mengenai kode PUK dari nomor pengguna. Caranya masih sama, yaitu menyebutkan nomor ICCID yang letaknya ada di balik kartu SIM Tri. 

Fungsi dari nomor ini adalah membantu operator untuk mencocokkan dengan data dan menemukan kode PUK yang tepat. Setelah kode diberikan, pengguna bisa mengetikkannya dan kartu sudah bisa digunakan lagi seperti biasa.


Itu tadi cara membuka kartu SIM terkunci sesuai operatornya. Meski sedikit berbeda satu sama lain, namun yang menyamakannya adalah harus tahu nomor PUK untuk dapat membukanya kembali. 

Apabila masih mengalami masalah, pengguna bisa langsung menghubungi customer service dari operator yang digunakan. Jika lain kali masalah seperti ini terjadi lagi, tidak perlu panik dan segera cari tahu nomor ICCID yang biasanya bermanfaat untuk mengetahui kode PUK.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821