BLANTERVIO103

Cara Menggunakan Aplikasi Perekam Layar Gmeet (Google Meet)

Cara Menggunakan Aplikasi Perekam Layar Gmeet (Google Meet)
Wednesday, September 1, 2021

Pada masa pandemi ini, banyak siswa-siswi yang diminta untuk belajar secara mandiri dirumah dan memanfaatkan fasilitas teknologi modern. Tentunya pada saat berlangsungnya Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), banyak siswa-siswi yang membutuhkan penjelasan berulang terkait pelajaran. 



Untuk itu saat ini adalah saat yang paling pas untuk memanfaatkan fitur aplikasi perekam layar. Salah satu fitur aplikasi perekam layar yang paling bersinar untuk kegiatan Pendidikan Jarak Jauh adalah fitur screen recorder Gmeet. 

Berikut cara menggunakan aplikasi perekam layar pada saat sekolah daring via Google Meet:

1. Unduh Aplikasi

Langkah pertama di cara menggunakan aplikasi perekam layar pada saat sekolah daring via google meet adalah dengan mengunduh aplikasi. 

Aplikasi google meet atau Gmeet secara umum sudah terdapat di setiap handphone mode android, akan tetapi jika belum terunduh pengguna bisa mengunduh-nya di google play store ataupun Appstore.  

Akan tetapi, jika misalnya pengguna menggunakan laptop atau PC dan sejenisnya, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi Gmeet. Pengguna cukup masuk ke laman browser Gmeet.


2. Membuat Akun

Langkah kedua di cara menggunakan aplikasi perekam layar pada saat sekolah daring via google meet adalah pengguna harus memiliki akun Gmeet. 

Membuat akun Gmeet terbilang mudah, pengguna hanya tinggal menyambungkan alamat Gmail dengan Gmeet. Perlu diperhatikan, alamat email yang digunakan hanya bisa alamat Gmail.

Pada saat pembuatan akun, Pastikan bahwa administrator telah mengaktifkan opsi rekam pertemuan di konsol google admin pada G-Suite agar tersedia fitur screen recorder (perekam layar). Dikarenakan akun-akun yang masih baru belum memiliki fitur perekam layar.


3. Membuat Meeting

Langkah selanjutnya adalah membuat meeting. Pembuatan meeting di google meet terbilang mudah, pengguna hanya perlu klik tulisan rapat baru. Saat pengguna meng-klik tulisan rapat baru, akan muncul dua pilihan yakni mulai rapat instan dan buat rapat untuk nanti. 

Terdapat perbedaan antara mulai rapat instan dengan buat rapat untuk nanti yaitu: dimulai rapat instan, pengguna hanya bisa menggunakan kode rapat satu kali, sedangkan dibuat rapat untuk nanti bisa digunakan berulang kali.


4. Penggunaan Fitur Perekam Layar

Langkah keempat di Cara menggunakan aplikasi perekam layar pada saat sekolah daring via google meet adalah screen recording. Setelah pengguna mempunyai aplikasi, akun, dan sudah membuat meeting, barulah pengguna bisa menggunakan fitur perekam layar.

Cara mengaktifkan screen recorder pada Gmeet terbilang mudah, pengguna hanya diminta untuk klik simbol tiga titik (opsi lainnya), simbol ini terletak di sebelah ikon kotak yang dalamnya panah (Sharescreen). 

Setelah diklik ikon tiga titik, barulah pilih Rekam Rapat, nanti Gmeet akan memproses rekam rapat dengan ditandai ikon berwarna merah di ujung kiri. Setelah selesai merekam pengguna bisa mengklik simbol tiga titik, dan klik opsi stop-recording.


5. Menyimpan Hasil Perekam Layar

Langkah kelima atau terakhir adalah menyimpan hasil perekam layar. Hasil tersebut akan tersimpan ke dalam akun pengguna yang membuat meeting dan pengguna yang memulai screen recorder. 

Pengguna Gmeet bisa mengecek hasil rekaman layar Gmeet, di gdrive sesuai alamat email yang digunakan pada saat pembuatan akun. Lama waktu pemrosesan hasil rekaman sekitar 40 menit.


Sekian Informasi tentang cara menggunakan aplikasi perekam layar pada saat sekolah daring via google meet. Hal paling penting saat penggunaan aplikasi-nya adalah, memastikan bahwa pengguna sudah mengunduh aplikasi tersebut, dan sudah mempunyai akun. 

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821