BLANTERVIO103

Inilah Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis yang Patut Dicoba

Inilah Aplikasi Absensi Siswa Online Gratis yang Patut Dicoba
Saturday, October 23, 2021
Bagi kamu jadwal sehari-harinya masih dipenuhi oleh tugas sekolah, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya absensi. Kehadiran seorang murid biasanya dicatat dalam kertas. Bisa juga dengan metode tabel atau catatan sederhana. Saat ini lebih mudah melalui sebuah aplikasi absensi siswa online gratis. 


Aplikasi tersebut dirancang khusus untuk instansi dalam mengakses kehadiran murid. Berikut ini beberapa aplikasinya:

1. Hadirr

Standing on the go, aplikasi Hadirr dapat mencatat absensi kerja dan jam tambahan yang digunakan dalam belajar atau bekerja. Selain itu, akan ada catatan lembur atau tidak masuknya seseorang dalam daftar absensi. Akan muncul pemberitahuan mengenai kunjungan khusus. 

Aplikasi absensi siswa online gratis ini mengusung prinsip yang simple, akurat, dan dapat diakses dari mana saja. Selain itu, ada fitur GPS yang sangat penting bagi guru untuk mengetahui gerak-gerik siswanya. Untuk murid-murid yang kegemarannya bolos harus berhati-hati dengan fitur tersebut. 

Dengan aplikasi ini, kehadiran dan tanggung jawab siswa dapat dipantau untuk mendukung kinerja dan pelaksanaan yang efektif.

2. Absen Cerdas

Aplikasi absensi siswa online gratis ini sudah sangat modern. Fitur dan fasilitasnya telah dilengkapi oleh teknologi masa kini. Login untuk mengetahui sistem kehadiran dapat menggunakan qr-code. Pengguna akan dipantau menggunakan LBS dan geocoding reverse sebagai keamanan dan penunjang petunjuk lokasi.

3. Sheet Free

Sheet free dan aplikasi Spreadsheet rasa-rasanya sudah sangat familiar untuk digunakan. Aplikasi absensi siswa gratis ini dapat diakses melalui Google Drive. Buat daftar absen dengan spreadsheet baru dengan format tanggal, waktu, nama, status, foto, dan lokasi. Database tidak perlu diketik langsung. 

Cukup akses SheetFree melalui website. Sebelum masuk ke langkah kerja, login terlebih dahulu menggunakan email pribadi.

Pilih prosedur pembuatan yang dapat diakses secara gratis, kemudian klik pilihan start with you on data. Beri nama file dan pilih kategori lainnya. Jika sudah, prosedur akan dialihkan pada pemilihan data dan masuk ke kolom. 

Ubah netbook dengan tanggal yang diganti menjadi key depot number. Data tinggal diisi dengan tipe-tipe number. Masukkan  data dan edit. Melalui aplikasi tersebut, dapat menambahkan foto dan memaksimalkan fitur GPS. 

4. Kertas Guru

Selain digunakan untuk mengisi absensi, aplikasi ini juga dimanfaatkan sebagai media digital untuk melaksanakan ujian. Solusi pilihan berganda maupun esai akan dikerjakan langsung oleh siswa pada aplikasi tersebut. 

Tidak akan ada yang namanya kejadian atau keterlambatan. Setelah masuk, siswa tidak bisa keluar dari aplikasi untuk mencari jawaban. Soal ulangan juga tidak bisa di-screenshot, sehingga hanya melihat pada siswa yang mendapatkan akses.

Absensi hanya dilakukan pada satu tempat dan praktis. Untuk memberikan laporan terkait absensi, guru dapat membuat dalam bentuk bagan dan excel secara otomatis. Orang tua murid juga tidak perlu kesulitan untuk datang ke sekolah, memberikan laporan izin atau sakit. Sudah ada fitur SMS yang tentu sangat bermanfaat.

5. POS Presensi Siswa Online

Meski memiliki fitur dan layanan sederhana, aplikasi ini tetap dapat digunakan dengan praktis. Jika data seluler sewaktu-waktu mati, laporan absensi dapat tersalin sesuai mungkin. Tidak butuh waktu lama untuk melakukan perubahan, menciptakan, dan membuat daftar.


Itulah beberapa aplikasi absensi siswa online gratis yang dapat digunakan dengan mudah. Seiring berjalannya waktu, aplikasi tersebut akan di- upgrade kembali untuk memenuhi fitur penugasan. Nantinya dapat difungsikan secara lengkap, dengan fasilitas Classroom dan absensi sekaligus.
Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821