BLANTERVIO103

5 WiFi yang Cocok untuk Daerah Terpencil

5 WiFi yang Cocok untuk Daerah Terpencil
Saturday, November 6, 2021

Untuk yang berada di daerah terpencil, seperti pedesaan dan pegunungan atau daerah yang jauh dari perkotaan, tidak perlu khawatir lagi. Karena sudah ada provider penyedia layanan WiFi yang bisa digunakan di daerah terpencil dengan jaringan yang bagus. Berikut 5 WiFi yang cocok untuk daerah terpencil, antara lain:

1. IndiHome

Banyak yang merekomendasikan IndiHome sebagai layanan internet di daerah terpencil dan menempati. Karena pelayanan yang dikeluarkan oleh PT. Telkom, Tbk ini mendapat sebutan sebagai jaringan merakyat karena mampu menjangkau daerah terpencil.


Bahkan saat ini PT. Telkom, Tbk siap meluncurkan kreasi dari IndiHome yang bernama Direct to Home (DTH) dan Indihome Sky. Produk ini tidak menggunakan kabel fiber optic. Produk ini siap meluncur ke pulau Kalimantan.

Dengan adanya Direct to Home (DTH) dan Indihome Sky, penduduk yang tinggal di daerah terpencil, dapat menikmati layanan tersebut tanpa khawatir jaringan buffering. Selain itu, IndiHome juga mempunyai kecepatan internet yang tinggi, tentunya sangat bisa diandalkan di daerah terpencil.


2. First Media

Untuk provider selanjutnya, WiFi yang cocok untuk daerah terpencil adalah First Media. Sekarang ini di First Media sudah ada layanan baru untuk dapat menggunakan koneksi internet dengan cepat dan mudah meskipun berada di daerah terpencil.

Produk ini bernama Satelit HTS (High Throughput Satellite). Sangat wajar sebagai provider WiFi pertama sudah sepantasnya First Media memberikan pelayanan terbaik khususnya masyarakat di daerah yang jauh dari jangkauan internet.

Satelit ini yang bisa memberikan layanan akses data sampai dengan 100Gbits. Namun sayangnya untuk saat ini Satelit HTS masih dibatasi penggunaannya untuk kalangan bisnis atau lembaga saja. Di antaranya sektor yang bergerak dibidang pendidikan, pemerintahan, kesehatan, dan pariwisata. Jadi untuk saat ini belum bisa masuk ke perumahan.


3. WiFi NET1

WiFi NET1 merupakan provider layanan WiFi yang dapat memberikan internet sampai ke perumahan. Karena saat ini ada provider baru yang memberikan layanan WiFi jaringan 4G hingga masuk ke perumahan penduduk sampai pelosok. Biayanya pun terjangkau. Karena biasanya untuk bisa mengakses internet ke daerah yang terpencil provider membutuhkan biaya yang mahal.

Dikarenakan NET1 layanan provider WiFi yang menggunakan teknologi dengan frekuensi rendah, jadi untuk keberadaannya tidak hanya berada di satu daerah saja. Untuk mengecek apakah wilayah tersebut terdapat jaringan NET1 bisa membuka situs resminya di internet.


4. Internet Satelit UBIQU

Pasifik Satelit Nusantara, merupakan perusahaan satelit milik swasta pertama di Indonesia. Disini yang menjadi provider penyedia layanan internet satelit dengan memakai VSAT adalah UBIQU. Kecepatan UBIQU dapat mencapai 10 Mbps bahkan di daerah terpencil sekalipun.

UBIQU di-design untuk membantu daerah terpencil agar dapat menjangkau internet. Sehingga komunikasi pada era lockdown ini tidak terhambat. Satelit UBIQU menawarkan beberapa paket berlangganan yang disesuaikan dengan kemampuan pengguna, diantaranya:

  • Ada paket FIT, akses internet FIT berdasarkan kuota yang digunakan pelanggan. Jadi pengguna dapat membatasi penggunaan internet.
  • Lalu ada juga paket BIG, untuk yang terbiasa menggunakan akses internet unlimited dapat menggunakan paket ini.
  • Selanjutnya Paket MAX, merupakan paket baru dari UBIQU. Untuk yang menyukai paket unlimited dengan harga yang terjangkau bisa berlangganan paket MAX.
  • Lalu yang terakhir paket SINYALKU. Paket ini dikhususkan untuk usaha, yang juga menyediakan layanan untuk pembayaran online.


5. MIFI

Bagi yang suka bepergian ke daerah terpencil atau sedang naik gunung, modem WiFi portable ini sangat bisa diandalkan. MIFI ini sudah menggunakan jaringan 4G LTE dan 3G. Dengan kemampuan kecepatan download hingga 150 mbps.

MIFI ini bisa digunakan di desa terpencil. Meskipun smartphone yang digunakan tidak mendukung 4G LTE, namun ketika terhubung ke MIFI ini maka dapat merasakan kecepatan data yang signifikan seperti menggunakan smartphone 4G LTE.


Demikian ulasan mengenai WiFi yang cocok untuk daerah terpencil. Kecanggihan teknologi ini akan sangat membantu segala kegiatan masa kini. Semoga bisa jadi referensi ketika berada di wilayah yang jauh dari jangkauan internet.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821