BLANTERVIO103

Mau Scan Dokumen? Inilah 7 Rekomendasi Aplikasi Scanner PDF Terbaik

Mau Scan Dokumen? Inilah 7 Rekomendasi Aplikasi Scanner PDF Terbaik
Tuesday, November 2, 2021
Bagi anak sekolah yang harus mengirimkan tugas melalui internet, keberadaan scanner amatlah dibutuhkan. Tetapi masa pandemi sangat menyulitkan untuk keluar rumah, meskipun untuk ke tukang fotokopi saja. 


Alih-alih kamera ponsel pun menjadi alternatif meski hasilnya tidak memuaskan scan mesin. Tetapi dengan menginstal aplikasi scanner pdf di ponsel pintar, tidak ada yang perlu dipusingkan. Berikut adalah rekomendasinya:

1. TurboScan: Scan Documents & Receipts in PDF

TurboScan adalah aplikasi scanner pdf yang menawarkan beberapa fitur unik. Salah satunya adalah SureScan yang bisa memindai sebuah dokumen dengan kualitas terbaik walau di tempat yang minim cahaya. 

Tinggal pilih fitur SureScan, kemudian foto dokumen sebanyak tiga kali, maka dokumen pun dapat dipindai dengan sempurna. Bagi yang sedang menghemat penggunaan listrik, pastinya sangat membantu.

2. Smallpdf—PDF Converter, Maker, Compressor & Editor

Bagi karyawan kantoran dan mahasiswa, mungkin website smallpdf.com cukup dikenal. Website yang sering dipakai untuk convert atau mengubah jenis file ini juga ada aplikasi ponselnya dan dapat didownload dengan free.

Selain untuk convert file, aplikasi Smallpdf juga dapat digunakan sebagai alat pemindai dokumen. Sama halnya dengan versi web-nya, dengan aplikasi Smallpdf pun pengguna dapat mengedit, menghapus halaman dan merge alias menggabungkan dokumen pdf.

3. Genius Scan-PDF Scanner

Pada versi gratisnya Genius Scan sudah cukup memberikan bermacam fitur yang berfungsi dengan memuaskan. Contohnya pada fitur Smart Scanning yang mana pengguna aplikasi tidak perlu repot-repot menghapus background pada dokumen yang dipindai.

Hal ini karena aplikasi ini akan memotong latar dengan sendirinya. Tentu saja jika ingin hasil yang lebih memuaskan, pengguna dapat mendownload Genius Scan+ dari developer yang sama dan menggunakan fitur-fitur yang berbayar.

4. Tiny Scanner-PDF Scanner App

Dengan aplikasi Tiny Scanner, men-scan dokumen dengan cepat bukanlah hal sulit. Aplikasi ini dilengkapi AI Powered OCR pada versi premiumnya yang dapat mengenali berbagai bahasa, hasil editan bahkan tulisan tangan.

Tiny Scanner juga menjamin keamanan dokumen yang dipindai dengan cara menguncinya dengan pass code. Biaya berlangganan versi premiumnya juga tidak terlalu mahal, yaitu sekitar $3,99 atau sekitar Rp 57.000,- per bulan.

5. Clear Scan: Free Document Scanner App dan PDF Scanning

Seperti namanya, Clear Scan dapat digunakan secara free atau gratis. Dengan fitur back up yang dimilikinya, pengguna aplikasi scanner pdf ini juga tidak perlu bingung ketika dokumen yang di-scan tiba-tiba hilang. Hal ini karena, Clear Scan akan merestore dokumen tersebut dengan kondisi seperti sedia kala. Jangan khawatir juga dengan keterbatasan kapasitas memori pada ponsel, karena aplikasi ini berukuran cukup kecil.

6. Adobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator

Sama seperti aplikasi milik Adobe yang lain, aplikasi scanner pdf ini juga tidak akan mengecewakan. Fitur aplikasi ini juga sangat menarik untuk dicoba. Misalnya apabila pengguna cukup sulit untuk mengetik kembali nomor telepon seseorang dari kartu nama. 

Hanya dengan sekali scan dengan aplikasi Adobe Scan, pengguna dapat langsung menyimpan kontak tersebut ke dalam ponsel. Tentunya aplikasi ini sangat praktis digunakan.

7. Microsoft Lens-PDF Scanner

Sebelumnya aplikasi ini bernama Microsoft Office Lens. Aplikasi besutan Microsoft Corporation ini dokumen dapat digabungkan, ditambahkan, bahkan membuat tulisan pada papan tulis menjadi lebih mudah dibaca. 

Lebih menariknya lagi, tulisan tangan yang menggunakan Bahasa Inggris pun dapat didigitalisasi dan kemudian diedit. Jadi, secara otomatis pengguna tidak perlu untuk mengetik ulang tulisan tangan tersebut.


Dengan rekomendasi aplikasi scanner pdf di atas, tentunya sudah tidak ada kendala lagi untuk mengirimkan berbagai dokumen tugas dan pekerjaan. Tanpa perlu keluar rumah pun dokumen dapat di-scan secara cepat dan berkualitas hanya dengan kamera ponsel. Pastinya, dengan mencoba aplikasi-aplikasi ini, resiko terpapar pandemi juga berkurang karena tidak perlu keluar rumah.
Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821