BLANTERVIO103

Ini Dia! 8 Cara Mengatasi Hp Ngelag Samsung Dengan Mudah

Ini Dia! 8 Cara Mengatasi Hp Ngelag Samsung Dengan Mudah
Tuesday, November 30, 2021

Bagi pengguna smartphone entah Samsung atau dengan merek apapun pasti pernah bukan hp mengalami lag? Bukan sebab sinyal lagi yang jadi masalah tapi memang saat ngelag, ponsel akan bekerja sangat lambat. Namun apabila pengguna sedang mengalami hal seperti ini tak perlu khawatir dan buru-buru, karena yang akan menjadi pembahasan tulisan ini adalah mengenai tentang bagaimana cara mengatasi hp ngelag Samsung.


Ngelag sendiri sebenarnya banyak sekali yang bisa dijadikan tersangka. Namun hal yang paling sering menjadi penyebab adalah banyaknya aplikasi berkapasitas besar yang terpasang pada hp. Hal seperti itu tentunya akan membuat ruang penyimpanan menipis dan hal ini pasti akan membuat ponsel semakin ngelag. Nah simak tulisan berikut untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi hp yang ngelag, khususnya Samsung:

1. Pengurangan Aplikasi

Semakin kesini memang semakin banyak saja aplikasi-aplikasi yang menarik untuk diunduh. Namun sebenarnya hal tersebut juga sangat berpengaruh pada kinerja ponsel itu sendiri ketika banyak mengunduh aplikasi. Banyaknya aplikasi yang terpasang dapat berakibat ponsel menjadi lemot, maka dari itu hapus beberapa aplikasi yang sekiranya tidak terlalu penting atau sudah jarang digunakan.


2. Nonaktifkan Aplikasi Tidak Terpakai

Jika cara diatas harus menghapus suatu aplikasi maka berbeda dengan cara kali ini, sebab tak semua aplikasi dapat dihapus mengecualikan jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi unduhan. Banyak bukan aplikasi bawaan ponsel yang jarang terpakai? Atau malah pengguna tidak mengetahui fungsi dari aplikasi tersebut. Maka alangkah baiknya untuk menonaktifkan agar ruang penyimpanan longgar. Aplikasi yang dimaksud ini seperti hangout, play film, play music.


3. Menghapus Berkas Berukuran Besar

Cara mengatasi hp ngelag Samsung yang ketiga adalah dengan menghapus berkas / file yang berukuran besar. Apalagi jika hp Samsung yang saat ini digunakan memiliki kapasitas memori yang kecil maka makin jadi saja ngelagnya jika file besar tidak dihapus. File besar bisa berupa video dengan durasi panjang, banyaknya foto yang tersimpan juga aplikasi game seperti PUBG, Free Fire atau Mobile Legends.


4. Menghapus Cache

Cara yang keempat adalah dengan menghapus cache. Cache ini merupakan file sampah, jadi apabila tidak pernah dibersihkan dan dibiarkan menumpuk maka akan banyak sekali memakan ruang penyimpanan. Penghapusan cache ini bisa dilakukan secara manual pada menu pengaturan atau bisa juga menggunakan aplikasi pembersih yang sudah tersedia dan berbagai pilihan di Google play store.


5. Kurangi Penggunaan Widget

Selanjutnya adalah dengan mengurangi penggunaan widget. Banyak pengguna yang menggunakan widget pada homescreen-nya, padahal banyaknya penggunaan widget menjadi salah satu penyebab hp mengalami lag. Jadi untuk mengatasinya, pengguna dapat mengurangi penggunaan widget tersebut jika tidak benar-benar dibutuhkan.


6. Kurangi Penggunaan Animasi

Samsung memang menyediakan berbagai animasi untuk mengoptimalkan operasi OneUI. Memang tidak semua yang bagus juga dapat berdampak baik, contohnya animasi ini dapat menyebabkan lemot atau ngelag pada hp. Jadi pengguna dapat mengurangi penggunaan animasi atau menonaktifkannya. Apalagi jika hp Samsung pengguna masih dengan tipe RAM yang kecil.


7. Menggunakan Memori Tambahan

Jika masalah hp ngelag tadi disebabkan oleh ruang penyimpanan yang sudah penuh maka sangat disarankan untuk menggunakan tambahan memori eksternal. Hal ini dapat membantu mengurangi penyimpanan. Penggunaan memori eksternal ini akan lebih dianjurkan jika menggunakan memory type kelas 10 atau sering juga disebut MicroSD Class 10.


8. Factory Reset

Cara mengatasi hp Samsung ngelag yang terakhir adalah dengan melakukan factory reset. Cara ini dapat digunakan jika 7 cara di atas sudah tidak bisa diandalkan lagi. Ketika hp sudah benar-benar ngelag dan sudah parah maka alangkah baiknya untuk melakukan factory reset. Factory reset ini merupakan sebuah cara yang menjadikan ponsel kembali dengan setelan pabrik jadi semua file dan berkas akan hilang.


Nah itu tadi 8 cara mengatasi hp ngelag Samsung yang dapat pengguna praktikan. Pada poin 2, 4 dan 5 ini sangat dianjurkan sering dilakukan karena cara ini juga mampu meminimalisir terjadinya hp ngelag. Dalam menggunakan hp harus mengerti juga tentang kapasitas hp tersebut, jangan sampai memaksa dengan mengunduh file yang besar, dan menyebabkan hp ngelag dan lemot.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821