BLANTERVIO103

Inilah 5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis

Inilah 5 Cara Mengatasi HP Cepat Panas dan Batre Cepat Habis
Saturday, December 4, 2021

Fungsi HP yang serbaguna untuk segala urusan, menjadikan HP kini bisa digunakan untuk banyak hal. Namun terkadang saat HP sedang digunakan untuk berbagai urusan, HP akan menjadi panas dan daya cepat habis. Hal tersebut tentu membuat pengguna tidak nyaman. Karena itu saat HP menjadi panas, coba gunakan 5 cara mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis berikut ini:

1. Hindari Meletakkan HP di Tempat yang Panas

Saat berada di tempat yang panas, seringkali pengguna ponsel tidak memperhatikan dimana ponsel diletakkan. Beberapa pengguna malah tetap menggunakan ponsel saat berada di tempat yang panas. Faktanya saat HP berada di tempat panas, HP juga akan lebih mudah menjadi panas.


Karena itu, sebaiknya pengguna tidak menggunakan atau meletakkan HP di tempat yang panas. Saat pengguna berada di tempat yang panas, simpan HP di tas atau di tempat yang teduh. Selain menjaga HP agar tidak panas, cara ini juga mencegah baterai cepat habis.


2. Kurangi Kecerahan Layar

Selanjutnya adalah cara yang sering tidak disadari oleh pengguna ponsel yaitu pengaturan kecerahan layar. Beberapa pengguna memang sudah mengatur kecerahan layar menjadi otomatis. Namun bagi yang belum, biasanya pengaturan kecerahan layar dibiarkan pada tingkat kecerahan maksimal.

Alasan mengapa kecerahan layar perlu diturunkan adalah karena cara ini merupakan bagian penting dalam cara mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis. Pemakaian daya akan menjadi sangat boros saat ponsel dalam keadaan kecerahan maksimal. Selain itu ponsel akan bekerja lebih keras sehingga HP akan jadi cepat panas.


3. Matikan Data Seluler dan GPS Saat Sinyal Tidak Stabil

Selanjutnya adalah matikan data seluler dan GPS saat sinyal tidak stabil. Data seluler dan GPS di lokasi yang susah sinyal akan membuat konsumsi baterai sangat boros. Data seluler dan GPS yang selalu hidup juga akan membuat HP panas.

Hal ini dikarenakan pada lokasi dengan kualitas jaringan buruk, data seluler dan GPS akan terus berusaha mencari sambungan. Proses ini menyebabkan HP bekerja lebih keras, terlebih lagi dalam jangka waktu yang lama. Akibatnya HP akan cepat panas dan daya habis dengan cepat.


4. Bersihkan Aplikasi Latar Belakang

Setelah menggunakan aplikasi, pengguna cenderung langsung menekan tombol home. Dengan menekan tombol home aplikasi akan langsung tertutup dan kembali ke halaman utama. Cara ini tentu sangat praktis terutama jika pengguna sedang terburu-buru.

Padahal dengan menekan tombol home saja, aplikasi memang tertutup tapi tidak berhenti bekerja. Aplikasi tetap berjalan dan tetap menghabiskan daya. Dengan kata lain aplikasi belum tertutup dengan sempurna sehingga tetap menjalankan proses seperti ketika aplikasi terbuka.


5. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Pengguna HP akan berada pada kondisi tidak banyak menggunakan ponsel. Pada saat rapat berlangsung, atau sedang dalam pertemuan penting. Keadaan ini biasanya menyebabkan batre cepat habis meski tidak dipakai.

Pada kondisi ini membiarkan HP dalam keadaan standby sangatlah sia-sia. HP akan tetap bekerja padahal pengguna tidak sedang menggunakannya. Maka dari itu, mengaktifkan mode hemat baterai dengan hanya menyalakan fungsi dasar HP adalah cara yang tepat untuk menghemat baterai HP.


Tentu tidak efisien bukan, jika HP yang digunakan cepat kehabisan daya dan berubah menjadi panas. Selain urusan yang terganggu, HP yang panas bisa membuat tangan menjadi tidak nyaman saat memegang HP. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, cara-cara mengatasi HP cepat panas dan batre cepat habis diatas pasti bisa membantu.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821