BLANTERVIO103

5 Aplikasi Berteman dengan Orang Asing yang Wajib Dicoba

5 Aplikasi Berteman dengan Orang Asing yang Wajib Dicoba
Wednesday, January 19, 2022

Dunia digital beriringan dengan kecepatan internet yang semakin pesat, membuat penggunaan dan berjejaring dengan orang asing semakin mudah. Aplikasi berteman dengan orang asing pun memiliki panggung yang cukup besar di kalangan masyarakat. Pasalnya, pengguna hanya memerlukan akses internet yang stabil untuk bisa langsung terhubung dengan jaringan internasional.


Kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aplikasi pun tidak luput dari penilaian orang sebelum memutuskan penggunaannya. Lalu, apa saja aplikasi yang bisa mempermudah untuk pengguna bisa berteman dengan orang asing? Berikut beberapa aplikasinya:

1. HelloTalk - Learn Languages

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk berjejaring dengan orang berskala internasional adalah HelloTalk. Selain sebagai media mencari teman, pengguna juga bisa mengobrol dengan penutur asli bahasa yang ingin dipelajari. Di sini pengguna bisa menuliskan status layaknya sosial media dan bertukar komentar.

Kelebihan yang paling dominan dari aplikasi ini adalah adanya fitur pertukaran bahasa antara pengguna. Hal ini tentu akan memudahkan proses komunikasi dan meminimalisir kesalahan persepsi.

Meski terdapat kelebihan, sebagaimana sistem buatan manusia juga memiliki kekurangan. Kendala saat menggunakan aplikasi adalah kecepatan respon pengguna lain yang tidak bisa pengguna kontrol. Artinya, masih bisa didapati keterlambatan dalam merespon yang bisa menghambat semangat belajar.


2. SLOWLY - Connect to the World

Kalau pengguna berniat menggunakan Slowly untuk mengirimkan pesan obrolan dengan cepat, tunggu dulu. Slowly didesain untuk mengirim pesan surat menyurat secara tradisional dengan bantuan teknologi pada handphone pintar pengguna. Rasakan sensasi mengirim surat tanpa harus datang ke pos.

Hal yang unik adalah pengguna bisa menambahkan perangko pada setiap surat yang ingin pengguna kirim ke negara tujuan secara digital. Durasi untuk bisa sampai ke tangan pengguna lain disesuaikan berdasarkan jarak antara pengguna yang saling berkomunikasi.


3. Tandem - Learn & speak language

Aplikasi berteman dengan orang asing selanjutnya adalah Tandem. Selain digunakan untuk mengirim pesan, juga bisa dijadikan sebagai media belajar bahasa baru. Pendaftaran akun Tandem harus menggunakan foto asli atau setidaknya yang menampakkan muka. Jadi, untuk pengguna yang gemar memasang foto avatar atau kartun lucu, di sini tidak lagi berlaku.

Keamanan dan kenyamanan saat menggunakan platform satu ini terbilang baik. Pengguna hanya perlu mereport akun yang membuat pelanggaran Tandem. Setelah dilakukan pelaporan, pihak Tandem akan mereview, jika benar didapati pelanggaran, maka akun tersebut dalam beberapa jam akan terblokir.


4. Hawaya: Meet Muslim Singles

Hawaya hadir untuk menjadi jawaban tentang bagaimana cara menemukan pasangan seiman. Dengan aplikasi ini, sesama muslim akan bisa saling mengobrol dan menemukan pasangan yang seagama. Sesuai dengan misinya, Hawaya hanya bisa digunakan oleh pengguna yang beragama Islam saja.

Meski berbasis teknologi, aplikasi ini tetap mengusung syariat dengan hadirnya fitur guardian untuk pengguna bisa melibatkan orang ketiga dalam berkomunikasi. Keamanan profil pengguna juga terjaga, karena ada pilihan memburamkan foto profil untuk pengguna perempuan. Selain itu, untuk menghentikan pengguna harus membuka aplikasi lewat verifikasi selfie, sehingga aplikasi ini tidak mudah disalahgunakan.


5. Dongle - Where Your Global Journey Begins

Jika pengguna gemar bermain media sosial, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini. Dongle memberikan pengalaman bermedia sosial sambil belajar bahasa baru dengan penutur aslinya. Selain itu, pengguna akan merasa tertantang untuk menyelesaikan misi yang tersedia di aplikasi. misi yang pengguna selesaikan bisa ditukar dengan hadiah menarik.

Pada dasarnya, apapun aplikasi yang pengguna gunakan tetap harus mengedepankan keamanan dari penggunaannya. Jangan sekalipun memberikan informasi atau apapun yang bisa mengganggu privasi sebagai pengguna.


Itulah 5 aplikasi berteman dengan orang asing yang bisa pengguna coba. Selain menambah teman baru, juga bisa melatih kemampuan berbahasa dengan baik. Setelah mengetahui ini, pengguna bisa langsung memilih aplikasi yang paling cocok, mendaftar akunnya dan mulai menggunakannya.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821