BLANTERVIO103

5 Aplikasi Untuk Mengedit Video di Laptop Paling Cocok Bagi Pemula

5 Aplikasi Untuk Mengedit Video di Laptop Paling Cocok Bagi Pemula
Sunday, February 6, 2022

Seiring berkembangnya dunia digital, berbagai macam foto maupun video sangat dibutuhkan untuk kebutuhan konten. Tentu saja ini menjadi ajang persaingan yang positif bagi konten creator untuk terus memberikan hasil video yang terbaik. Video yang berkualitas tidak terlepas bagaimana proses pembuatan dan aplikasi penunjangnya. Aplikasi untuk mengedit video di laptop berikut ini sering digunakan untuk mengedit video bagi pemula:

1. Windows Movie Maker

Rekomendasi aplikasi untuk mengedit video di laptop yang pertama yaitu Windows Movie Maker. Aplikasi ini sudah terkenal sejak lama karena memang cara editorannya yang cukup mudah. Apalagi aplikasi ini juga kompatibel pada windows 7 yang sebagian besar digunakan banyak orang.


Salah satu keunggulan yang ditawarkan aplikasi ini yaitu editor dapat melakukan editing music dan video dengan sederhana. Bahkan editor juga dapat mengkombinasikan suara asli pada video atau menyisipkan efek music tertentu. Dengan ketersediaan fitur yang sederhana aplikasi ini sangat cocok untuk belajar mengedit video bagi pemula.


2. Adobe Premiere Pro

Aplikasi mengedit video di laptop selanjutnya yaitu Adobe Premiere Pro. Tidak kalah dengan Windows Movie Maker, aplikasi ini juga cukup terkenal di kalangan para pecinta Videografi. Fitur dan tools yang tersedia cukup lengkap, bahkan untuk menikmati fasilitas lengkapnya editor dapat berlangganan setiap bulannya.

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini pada editornya. Beberapa diantaranya yaitu fitur auto save project. Dimana fitur ini memungkinkan video yang sedang diedit akan tersimpan otomatis. Sehingga jika ada kendala listrik mati atau baterai laptop habis maka video yang sudah diedit sudah tersimpan otomatis.


3. Sony Vegas

Sony Vegas juga merupakan aplikasi edit video di laptop yang cukup banyak diminati pemula. Pasalnya aplikasi ini selain menampilkan penyusunan menu yang tidak membingungkan juga tidak membutuhkan spek komputer yang terlalu tinggi.

Sony Vegas memiliki fitur render template yang cukup beragam. Salah satu fungsi dari fitur ini yaitu editor dapat mengekspor video hasil editan pro menjadi video biasa dengan format yang bisa disesuaikan keinginan. Disamping itu, fitur drop and drag pada aplikasi ini juga memudahkan editor saat proses pengeditan.


4. Final Cut

Rekomendasi lain bagi pemula yang ingin mengedit video tanpa ribet yaitu dapat menggunakan aplikasi Final Cut. Aplikasi ini bisa digunakan untuk editor MacBook. Aplikasi Final Cut hampir sama dengan Adobe Premiere Pro, namun ini versi Apple-nya. Meskipun begitu, aplikasi ini juga tidak kalah mudah digunakan seperti aplikasi edit video yanga lainnya.

Aplikasi edit video satu ini dilengkapi dengan fitur multicam. Fitur ini memungkinkan editornya dapat mengedit hingga 16 angel sekaligus. Tak hanya itu Final Cut juga menyediakan fitur advanced color grading, workflow extension hingga pengeditan 360 derajat, sehingga editor dapat mengubah orientasi.


5. VSDC free Video Editor

Aplikasi mengedit video di laptop yang terakhir yaitu VSDC free Video Editor. Kelebihan yang ditawarkan aplikasi ini yaitu dapat dipakai secara gratis dan tanpa watermark. Banyak creator video YouTube menggunakan aplikasi ini untuk mengedit video mereka.

Meskipun dapat dinikmati secara gratis, namun fitur yang ditawarkan tidak kalah lengkap dengan aplikasi edit video yang berbayar. Editor dapat menikmati fitur editing seperti audio-video effect, Animation, Chart, cutting, splitting dan masih banyak lagi. Karena fitur yang lengkap ini maka aplikasi VSDC free Video Editor juga dapat berfungsi untuk Video Stabilization, Screen Capture, Video Capture, Voice Recorder, Hingga YouTube Uploader.


Itulah rekomendasi aplikasi untuk mengedit video di laptop bagi pemula. Aplikasi-aplikasi di atas merupakan rangkuman aplikasi pengedit video yang cocok bagi pemula. Kelebihan aplikasi tersebut yaitu disamping karena kemudahan saat editornya juga tidak membutuhkan spek PC khusus.

Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821