BLANTERVIO103

Begini Cara Pasang Router WiFi yang Benar

Begini Cara Pasang Router WiFi yang Benar
Tuesday, February 15, 2022

Jika sinyal pada WiFi menjadi lemah atau lambat, biasanya salah satu solusinya menggunakan sebuah router. Fungsinya adalah untuk menguatkan sinyal dan menjadikan sinyal kembali berjalan stabil. Namun, masih banyak yang bingung cara pasang router WiFi yang benar. Untuk pemasangan yang benar bisa menggunakan cara berikut!

1. Sambungkan Router

Langkah pertama cara pasang router WiFi yaitu dengan menghubungkan modem dengan router, hubungkan dengan menggunakan kabel jack yang disediakan. Sambungkan juga kabel ke sebuah stop kontak. Pastikan semua dapat terhubung dengan benar dan dapat tersambung dengan baik. Selain itu, pastikan juga router-nya sudah dikenalkan dengan perangkat router.


Jika semua sudah terhubung, maka langkah selanjutnya adalah menghubungkannya ke perangkat komputer. Untuk menghubungkannya menggunakan kabel LAN, sambungkan kabel tersebut dengan port yang tepat pada komputer. Setelah semua dapat saling terhubung, pengguna baru bisa melakukan setting.


2. Masukkan Informasi Router

Sebelum memasukkan sebuah informasi, pengguna harus masuk terlebih dahulu ke admin router. Untuk dapat masuk, gunakan web browser pada komputer lalu masukkanlah alamat router yang biasanya tertera di buku panduan. Setelah itu, masukkan juga username serta kata sandi yang benar. Pengguna juga harus melakukan instalasi dengan menggunakan kaset CD yang sudah disediakan.

Untuk langkah berikutnya adalah memasukkan informasi tentang koneksi internet pada router. Pengguna hanya perlu memasukkan sebuah data mengenai konfigurasi router yang disesuaikan dengan provider yang digunakan. Pastikan pula bahwa semua lampu pada router sudah menyala, agar dapat terhubung dengan jaringan internet yang stabil.


3. Lakukan Setting Router

Pengguna juga harus melakukan setting pada routernya agar dapat digunakan dengan baik. Gantilah nama router dengan nama yang diinginkan, jangan gunakan nama bawaan dari router tersebut. Aturlah juga keamanannya agar terhindar dari peretas yang bisa membobol WiFi. Pengguna juga dapat menggunakan fitur WPA2 Wireless Encryption untuk keamanan yang lebih terjamin.

Setelah semua dapat terpasang dengan benar, maka pengguna baru bisa menggunakannya. Untuk melakukannya pun harus melalui prosedur yang benar terlebih dahulu. Sebaiknya, pengguna melakukan pemasangan kabel-kabel yang tersisa untuk melakukan instalasi dan agar bisa mengarah ke jaringan nomor satu. Pengguna juga perlu memastikan semua kabel terpasang dengan benar agar tidak terjadi kesalahan.


4. Instal Router

Agar dapat digunakan dengan semestinya, sebaiknya lakukan instalasi router terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan memasukkan alamat IP atau bisa juga dengan menggunakan kaset CD yang sebelumnya sudah mengalami proses instalasi. Langkah ini digunakan agar router dapat bekerja dengan baik serta stabil.

Nah, jika sudah dilakukan instalasi maka pengguna bisa menyalakan routernya. Tentunya agar bisa digunakan, router harus menyala terlebih dahulu. Nyalakan router sampai semua lampu pada router berwarna hijau. Apabila tidak dapat menyala dengan baik, berarti provider yang digunakan sedang mengalami masalah.


5. Hubungkan Jaringan

Untuk langkah terakhir yaitu dengan menghubungkan jaringan internet ke router. Jika tidak bisa terhubung dengan otomatis, maka perlu disambungkan secara manual. Aturlah dengan menggunakan pengaturan yang benar agar dapat tersambung dengan jaringan. Pastikan juga sudah menggunakan kata sandi yang benar pada perangkat WiFi-nya. Jika sudah, WiFi akan segera tersambung dengan perangkat router.

Namun, ada juga pengguna yang mengalami kendala. Nah, jika sedang mengalami kendala atau tidak bisa tersambung dalam waktu yang lama, pengguna bisa melakukan proses reboot atau menyalakan kembali router. Biasanya cara ini ampuh untuk mengatasi router yang tidak mau terhubung.


Nah, itulah beberapa cara pasang router WiFi dengan benar serta cepat. Gunakanlah cara di atas dengan urutan yang benar, agar semua perangkat dapat terkoneksi dengan benar pula. Lakukan dengan teliti, supaya tidak terjadi kesalahan pada saat pemasangan kabel.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821