BLANTERVIO103

Inilah 5 Software Streaming Youtube Terbaik

Inilah 5 Software Streaming Youtube Terbaik
Saturday, February 12, 2022

Hampir setengah dari penghasilan di internet bersumber dari live streaming. Baik itu untuk video game atau sebuah acara live di YouTube. Tidak heran di era serba digital ini banyak orang ingin terjun di dunia live streaming satu ini. Namun sebelum melakukannya, sebaiknya pilih software streaming YouTube yang tepat.


Pasalnya, banyak software untuk streaming namun kualitasnya kurang baik. Untuk mengetahuinya mana yang terbaik, di bawah ini ada 5 rekomendasi software yang bisa dipilih, yaitu antara lain:

1. OBS Studio

OBS Studio nampaknya menjadi software streaming YouTube yang paling banyak digunakan oleh streamer di seluruh dunia. Terlebih untuk para streamer baru atau pemula, biasanya software yang dipilih pertama adalah OBS Studio. Bagaimana tidak, ini karena software satu ini gratis diunduh dan mudah digunakan. Hal ini tentunya sangat ramah bagi kantong penggunanya.

OBS Studio sangat favorit dan sudah terkenal sangat lama. Software streaming ini pun menjadi salah satu software yang pertama kali muncul untuk keperluan video siaran langsung. Kelebihannya adalah sudah support untuk berbagai device Windows, Linux, hingga Mac, sehingga software OBS Studio bisa diterima oleh semua pengguna dari berbagai kalangan.


2. Streamlabs OBS

Streamlabs awalnya merupakan media streaming favorit untuk gamer online saja. Namun semenjak bergabungnya Streamlabs dengan OBS, kini aplikasi untuk siaran ulang satu ini menjadi salah satu software streaming YouTube paling direkomendasikan. Ini dikarenakan banyak fitur yang sangat membantu streamer.

Fitur yang terdapat dalam Streamlabs OBS juga hampir sama dengan OBS Studio. Bedanya adalah tampilan dari Streamlabs OBS yang lebih mudah dan menarik. Ada tambahan pula seperti Discord, filter audio, dan social widget.


3. vMix

vMix merupakan salah satu software streaming YouTube yang terkenal dan banyak digunakan oleh para streamer. Software streaming vMix ini juga sangat fleksibel digunakan dan kompatibel untuk semua perangkat.

Selain itu, aplikasi ini memiliki fitur pendukung untuk streaming multi-bitrate. Dengan adanya fitur tersebut, penonton dapat menyesuaikan kualitas video streaming sesuai dengan kecepatan koneksi internetnya. Hal ini dapat meminimalisir buffering dalam menonton live streaming.


4. Wirecast

Software Wirecast merupakan software streaming yang mendukung berbagai macam device, capture card, hingga berbagai jenis kamera. Wirecast juga memiliki pilihan encoding yang dapat digunakan untuk live switching. Pengaturan komposisi gambar di dalam gambar serta penundaan audio pun jadi lebih mudah dilakukan.

Wirecast juga dapat digunakan untuk merekam live streaming secara lokal. Ini merupakan salah satu kelebihannya dibandingkan software streaming lain. Pasalnya tidak ada aplikasi lainnya yang memiliki fitur ini selain Wirecast. Tidak heran apabila streamer banyak memilih aplikasi satu ini.


5. XSplit

Berbicara mengenai software streaming yang profesional, XSplit merupakan salah satu yang terbaik dari software streaming lainnya. Berdasarkan laporan Restream, software ini sangat mudah digunakan untuk streamer pemula. Bahkan XSplit juga menyediakan versi gratis serta premiumnya.

Tim developer juga terkenal sangat memperhatikan software streamingnya ini. Pasalnya, pembaruan fitur selalu ada setiap tahunnya. Pembaruan tersebut tentunya tidak asal-asalan, melainkan disesuaikan dengan perkembangan yang ada di dunia streaming.


5 software streaming YouTube tersebut bisa menjadi salah satu pilihan untuk mulai terjun di dunia live streaming. Pilihlah software yang dirasa paling mudah dan cocok digunakan. Sesuaikan dengan jenis device dan kebutuhan, karena setiap software streaming memiliki kekurangan serta kelebihan sendiri.



Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821