BLANTERVIO103

Rekomendasi Software Recovery Data Terbaik

Rekomendasi Software Recovery Data Terbaik
Friday, February 18, 2022

Bagi pembaca yang mengalami permasalahan berupa salah menghapus file, kehilangan data-data akibat bug, virus atau malware, maka butuh software recovery data terbaik untuk mengembalikan folder tersebut. Kesalahan saat menghapus data penting tentu menjadi mimpi buruk semua orang terlebih kalau file-file tersebut sudah dihapus dari folder Recycle Bin.


Namun, perlu diketahui jika folder data yang telah dihapus pengguna masih berada dalam ruang penyimpanan dan belum terhapus sepenuhnya. Seluruh file data lama milik pengguna masih bisa dipulihkan dan diselamatkan kembali menggunakan software recovery. Jika penasaran apa saja rekomendasinya, simak ulasan berikut:

1. TestDisk

Salah satu rekomendasi software pemulihan data terbaik yang wajib dicoba ketika pengguna mengalami hilang file yakni aplikasi TestDisk. Aplikasi tersebut memang dirancang khusus untuk membantu pemulihan data yang hilang karena perangkat rusak, virus, ataupun kesalahan penggunanya.

Aplikasi ini pun bisa diakses secara gratis untuk memulihkan file yang hilang, misalnya unallocated partition ataupun RAW partition. Seringkali penyebab rusaknya hardisk karena human error, sehingga membuat hilang partisi, suatu konfigurasi instalasi dual-boot untuk memperbarui windows.


2. Recuva

Selain software TestDisk, ada juga aplikasi pemulihan data bernama Recuva yang bisa diakses lewat Windows 10. Sama seperti TestDisk, aplikasi Recuva dapat dipakai pengguna secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya untuk akses fiturnya. Pengguna juga dapat memulihkan hampir seluruh macam data mulai dari gambar, dokumen, musik, video, hingga email.

Recuva memiliki cukup banyak fitur seperti Superior File Recovery untuk memulihkan hampir seluruh jenis file sampai Securely Delete Files yang berguna sebagai keamanan. Akan tetapi, saat pengguna mencoba untuk install Recuva maka aplikasi tersebut secara otomatis dapat mengunduh program lainnya.


3. UndeleteMyFiles Pro

Software recovery data terbaik yang juga sangat direkomendasikan untuk para pengguna yaitu bernama Undeletemyfiles Pro bagi Windows 10. Dengan aplikasi tersebut, maka pengguna bisa memulihkan file-file baru maupun lama yang terhapus pada hard disk, USB, ataupun Kartu SD.

Dengan menginstall aplikasi Undelete My Files yang hanya sebesar 1,3 Mb-an tersebut, maka dapat memulihkan hampir seluruh jenis file. Selama proses pemulihan data tersebut berlangsung, nantinya dikerjakan dalam sebuah mode Wizard, jadi cukup mudah penggunaannya.


4. Wise Data Recovery

Selain ketiga rekomendasi software pemulihan file di atas, pengguna juga bisa mencoba aplikasi Wise Data Recovery yang sudah cukup populer. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis untuk memulihkan file-file pengguna yang terhapus secara tidak sengaja.

Namun sayangnya, Wise Data Recovery belum memiliki tingkat keberhasilan dalam pemulihan file hingga seratus persen. Meski begitu, pengguna masih bisa memulihkan cukup banyak data pada perangkat yang telah terhapus dalam waktu lama sekalipun. Lewat aplikasi tersebut, pengguna dapat dengan mudah memilih data mana saja yang harus dikembalikan lagi.


5. Easeus Data Recovery Wizard Free

Sesuai dengan namanya, aplikasi Easeus Data tersebut bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengembalikan file-file terhapus pada Windows 10 secara gratis. Misalnya saja bermacam-macam jenis file dalam hard disk, seperti gambar, video, dokumen, musik, serta lainnya.

Aplikasi Easeus Data juga dirancang dengan tampilan UI yang sangat sederhana, jadi sangat mudah digunakan saat melakukan proses pemulihan data-data. Lewat aplikasi tersebut, pengguna bisa memulihkan data terhapus sebanyak 2 GB. Namun apabila masih kurang, maka pengguna dapat membeli versi pro nya.


Demikianlah beberapa rekomendasi software recovery data terbaik dan dijamin ampuh yang bisa membantu para penggunanya. Kelima rekomendasi di atas tentu akan mempermudah pengguna saat kehilangan file penting, jadi tidak perlu bingung ataupun harus menyewa jasa profesional lagi.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821