BLANTERVIO103

7 Cara Kerja Google Assistant yang Ternyata Memberikan Bantuan Sesuai Perintah

7 Cara Kerja Google Assistant yang Ternyata Memberikan Bantuan Sesuai
Perintah
Saturday, July 23, 2022

Bagi pemilik perangkat Android, mungkin tidak asing dengan kehadiran Google Assistant. Pasalnya cara kerja Google Assistant seakan-akan berperan menawarkan bantuan hingga menjadi asisten sesuai dengan namanya. Akan tetapi, bagi yang baru mencobanya mungkin akan sedikit bingung.


Kehadiran Google Assistant yang menjadi keunikan tersendiri dapat digunakan untuk bermacam-macam hal. Khususnya bagi pengguna yang baru memegang perangkat Android untuk pertama kalinya. Perlu dilakukan setelan juga bahwa asisten ini harus disesuaikan dengan bahasa.

Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah untuk melakukan pencarian atau memulai bertanya akan sesuatu. Untuk lebih jelasnya, simak saja cara kerja Google Assistant yang akan disampaikan berikut:

1. Mengirimkan Pesan

Fitur utama dari cara kerja Google Assistant adalah dengan mematuhi permintaan atau perintah yang diberikan oleh pemilik. Oleh karena itu, akan banyak fitur relevan yang dapat dilakukan oleh Google Assistant.

Mengirimkan pesan dengan mudah, tanpa perlu mengetiknya juga dapat dilakukan oleh Google Assistant. Pemilik perangkat juga hanya mengatakan "OK Google" saja dan dapat langsung terbuka atas perintah. Kemudian katakan ingin mengirimkan pesan kepada siapa sesuai nama kontaknya.


2. Memulai atau Meneruskan Panggilan

Selain mengirimkan pesan, Google Assistant juga dapat memulai panggilan dengan perintah yang sama. Akan tetapi, penyampaian perintah dapat dilakukan dengan cara memberikan perintah "panggil" pada nama kontak yang sesuai.

Hal ini dapat sangat berguna, apabila pemilik perangkat sedang dalam keadaan sibuk atau tidak dapat memegang smartphone. Misalnya ketika sibuk mengetik atau bekerja yang mengharuskan kedua tangannya sibuk bekerja.


3. Bertanya Terkait Ramalan Cuaca

Sebelum pergi ke luar rumah, ramalan cuaca atau suhu memanglah penting sebagai persiapan tersendiri. Nah dibanding mencarinya di Google secara manual, Google Assistant dapat membantunya untuk mengetahui informasi tersebut.

Cara kerja Google Assistant hanya perlu memberikan perintah dan akan diberikan informasi sebagai timbal balik. Selain itu, pemilik perangkat juga dapat mengetahui tingkat kelembaban atau kemungkinan terjadinya cuaca di suatu wilayah lain.


4. Mencatat dan Menjadwalkan Sesuatu

Berikutnya adalah cara kerja yang dapat dilakukan Google Assistant yaitu dengan melakukan pencatatan dan penjadwalan yang diinginkan. Perintah yang dilakukan juga dapat disesuaikan dengan keinginan. Misalnya "Ok Google, catat acara ulang tahun tanggal 23 September" atau lainnya.


5. Menemukan Kebutuhan yang Diinginkan

Ketika berada di luar, Google Assistant dapat juga menemukan kebutuhan yang dicari seperti tempat makan atau stasiun pengisian. Selain itu, pemilik perangkat dapat meminta Google Assistant untuk mencari lagu tertentu berdasarkan lirik yang dinyanyikan.


6. Membuka Aplikasi Secara Cepat

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa Google Assistant dapat bekerja sesuai dengan perintah yang akan dilakukan. Membuka aplikasi yang dapat dilakukan ketika dalam keadaan sibuk atau terdesak. Sehingga membutuhkan untuk membuka aplikasi, tanpa perlu mencarinya di menu aplikasi.


7. Memulai Percakapan Dua Arah

Terakhir adalah kegunaan dari Google Assistant yang dapat memulai percakapan dua arah sesuai permintaan pengguna. Misalnya pengguna ingin mendengar lelucon atau gombalan, maka Google Assistant dapat melakukannya. Selain itu, ada banyak variasi yang akan diberikan sesuai permintaan.

Google Assistant juga dapat mengirimkan suara nyanyian, apabila diminta. Sehingga pengguna dapat merasa terhibur karena cara kerjanya yang sesuai permintaan dari pemilik.


Itulah beberapa hal yang dapat disampaikan mengenai cara kerja Google Assistant dengan paparan tersebut. Memang semakin majunya teknologi yang dikembangkan, maka dibutuhkan penyesuaian penggunaan yang baik. Oleh karena itu, dibutuhkan Google Assistant yang akan membantu.



Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821