BLANTERVIO103

Inilah Cara Mengembalikan Google Foto yang Terhapus Permanen Dengan Mudah

Inilah Cara Mengembalikan Google Foto yang Terhapus Permanen Dengan
Mudah
Friday, July 29, 2022

Google foto merupakan media penyimpanan foto real time yang banyak digunakan oleh siapapun. Platform tersebut sering dijadikan sebagai tempat backup data. Apabila foto tidak sengaja terhapus dari sana, tidak perlu bingung cara mengembalikan google foto yang terhapus permanen karena untuk melakukannya sangat mudah.



Cara Mengembalikan Google Foto yang Terhapus Via Android

Android merupakan ponsel sejuta umat yang sejak awal pemakaiannya akan disinkronisasikan dengan seluruh layanan google, termasuk google foto. Beberapa tipe ponsel android juga telah terpasang google foto sebagai aplikasi bawaan. Jika pengguna android kehilangan foto di google foto secara permanen, tahapan yang bisa dilakukan untuk mengembalikannya yakni;

1. Masuk ke Layanan Google Foto di Android

Pertama, pengguna android bisa masuk ke aplikasi google foto, kemudian scroll menu hingga mencapai pilihan galeri atau foto yang terletak di bawah. Selanjutnya klik gambar tong sampah, di sana pengguna akan menemukan foto-foto yang sebelumnya telah terhapus.

2. Tandai Foto

Setelah itu tentukan foto atau video yang ingin dikembalikan. Jika ternyata file yang diinginkan jumlahnya lebih dari satu, pengguna bisa menekan lama satu foto hingga muncul opsi tandai. Lalu klik bulatan di pojok bawah foto untuk menandai mana saja yang ingin dikembalikan.

3. Pulihkan Foto dan Video yang Dipilih

Langkah terakhir, pulihkan foto atau video yang sebelumnya telah ditandai dengan cara menekan tombol ikon titik tiga pada layar muka. Di sana terdapat opsi “pulihkan” untuk mengembalikannya seperti sedia kala. Apabila telah diklik, pilih tempat penyimpanan baru dan tunggu hingga proses pemulihan selesai dilakukan.


Cara Mengembalikan Google Foto yang Terhapus Via iPhone

Pengguna iPhone juga pasti memiliki fitur google foto di ponselnya. Jika foto atau video yang terdapat di sana juga tidak sengaja hilang akibat terhapus, ikuti cara mengembalikan google foto yang terhapus permanen berikut;

  • Buka layanan google foto yang terdapat di iPhone.
  • Pilih menu galeri, kemudian klik ikon spam atau trash.
  • Lalu pilih foto atau video yang ingin dipulihkan kembali. Jika ada beberapa file pengguna bisa terlebih dahulu menandainya agar proses pemulihan dapat berjalan lebih cepat.
  • Kemudian pilih opsi lainnya lalu klik restore dan tentukan lokasi terbaru dari file yang akan dipulihkan.
  • Tunggu beberapa saat, setelah itu pastikan kembali di tempat foto dan video yang dipulihkan. Jika ada, berarti proses pengembalian berhasil dilakukan.


Cara Mengembalikan Google Foto yang Terhapus Via PC

Mengakses google foto bisa dilakukan di mana pun, tidak terbatas pada ponsel saja. Melakukan proses pemulihan data-data juga bisa dilakukan lewat PC yang tahapannya lebih sederhana dari dua cara di atas. Untuk itu, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti apabila ingin mengembalikan foto dan video via PC:

  • Pastikan komputer atau laptop dalam keadaan baik.
  • Buka layanan google photo dengan masuk ke menu google yang tersemat di ujung jendela browser chrome.
  • Kemudian masukkan akun google pada kolom login yang tersedia. Jika berhasil, masuk ke menu sampah dan pilih foto mana saja yang akan dipulihkan.
  • Klik kanan dan ambil opsi pulihkan.
  • Tunggu beberapa saat dan lihat foto yang telah berhasil dikembalikan pada menu utama google foto.


Untuk mengikuti cara mengembalikan google foto yang terhapus permanen yang telah dijelaskan, pengguna juga perlu mengetahui ketentuan google. Foto-foto yang dapat dipulihkan hanya berlaku bagi file yang masih tertahan selama 60 hari. Jika foto yang terdapat di dalam tempat sampah lebih dari itu, tentu akan sulit memulihkannya.



Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821