BLANTERVIO103

Begini Cara Membuat Bingkai di Microsoft Word Dengan Simpel dan Cepat

Begini Cara Membuat Bingkai di Microsoft Word Dengan Simpel dan Cepat
Monday, August 1, 2022

Microsoft word Office biasa digunakan untuk menulis, baik sebuah tulisan laporan, tugas dan tugas lainnya. Tetapi ada kegunaan lain penggunaan word ini yaitu membuat bingkai. Jadi, ada cara membuat bingkai di Microsoft word.


Dapat dikatakan mudah bagi para pemula yang ingin membuat bingkai di lembar dokumen. Berikut ini ada dua cara membuatnya dengan dua tipe word yang berbeda.


Cara Buat Bingkai Menggunakan Word Type 2007

Cara membuat bingkai di Microsoft Word type 2007. Sebenarnya hampir sama dengan tipe word lain namun ada sedikit penambahan bar atau fungsi lain didalamnya. Berikut ini adalah caranya:

  • Membuka word terlebih dahulu untuk langkah pertamanya.
  • Setelah word terbuka, pilihlah bar file. Lalu cari dan pilih opsi Word Options.
  • Langkah berikutnya adalah word options itu memiliki banyak pilihan, pilihlah customize ribbon. Pada customize ribbon, ada terdapat banyak juga pilihan. Klik centang pada kolomnya developer. Setelah di klik, langsung klik “OK” pada tombol OK di bawahnya.
  • Masih di posisi opsi word, lalu klik pilihan populer yang terletak pada panel sebelah kiri. Klik saja Show Developer Tab In The Ribbon. Lalu setelahnya klik OK.
  • Setelah lakukan hal seperti diatas, kembali buka menu developer. Lalu klik Legacy Forms, selanjutnya pilih Insert Frame dan pilih frame sesuai dengan keinginannya. Setelah menemukan yang sesuai keinginan, langsung saja klik, dan tinggal atur saja ukuran bingkainya dengan cara diseret frame bingkai.


Cara Membuat Bingkai Menggunakan Word 2010

Sebenarnya ada banyak cara membuat bingkai di Microsoft Word, seperti buat art borders dan juga style borders. Setiap macam itu berbeda cara membuat bingkainya. Namun tetap hasilnya akan muncul bingkai pada lembaran word. Berikut ini adalah cara membuat bingkai sederhananya:

  • Buka lembar dokumen word untuk langkah pertamanya. Lalu setelah itu, pilih dan cari bar page layout. Kemudian ada beberapa pilihan lagi, dan pilih Page Borders yang ada terletak di Page Background.
  • Selanjutnya pilih tipe style borders dengan ketebalan garis biasa. Untuk mempertebal ataupun mengecilkan tebalnya garis itu pilih width. Jika ingin menebalkan garisnya, pilihlah angka yang lebih tinggi.
  • Untuk mengganti warna garis bingkainya, bisa juga diganti warnanya dengan warna lain. Pilihlah warna di kolom Color. Klik kolom tersebut dan silahkan pilih sesuai minat dan keinginan memilih warna.
  • Untuk ganti gaya 3D? Bisa ganti ukurannya dengan klik bar Page Borders dan pilih 3D yang ada di sebelah kiri.
  • Terakhir, ada pilihan Custom. Untuk membuat bingkai full atau hanya sebelah kiri atau sebelah kanan, atau atas dan bawah. Untuk pengaturan pilih kanan, kiri, atas atau bawah, bisa diatur dari preview. Setelah semua sudah diatur sesuai keinginan, klik OK.
  • Tambahan info,pada bagian preview tadi. Klik kolom Apply to, lalu bisa pilih whole document atau pilihan lainnya sesuai kebutuhan.
  • Whole document untuk seluruh lembaran dokumen, jika ingin halaman pertama saja yang pakai bingkai bisa menggunakan This Section-First Page Only. Lalu jika ingin menggunakan bingkai di seluruh halaman kecuali halaman pertama, gunakan This Section-All Except First Page. Terakhir jika ingin fokus pada halaman tertentu bisa pilih This Section.


Baiklah, itu tadi cara membuat bingkai di Microsoft word baik 2007 dan juga ada yang 2010. Ada dua cara yang bisa digunakan dengan dua tipe word yang berbeda. Tidak banyak perbedaan diantara keduanya, namun hanya ada beberapa sedikit perbedaan.


Share This Article :
Sehatku

TAMBAHKAN KOMENTAR

9127155806442794821